Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Memilih Perguruan Tinggi

Memilih perguruan  tinggi yang sesuai dengan keinginan mamanglah pilihan yang harus diprioritaskan, tetapi sering sekali calon mahasiswa salah dalam memilih perguruan tinggi yang didamba-dambakan. Di Indonesia sendiri ada kurang lebih 3000 perguruan tinggi yang tersebar sari provinsi Aceh hingga Papua. Perguruan tinggi tersebut terdiri dari perguruan tinggi negeri (PTN), perguruan tinggi swasta (PTS) hingga perguruan tinggi kedinasan.

Lalu yang menjadi pertanyaan banyak orang tua ialah bagaimana memilih perguruan tinggi yang berkualitas tetapi biayanya terjangkau? Nah banyak sekali orang tua yang salah presepsi tentang hal ini. Salah satu alasannya ialah menyekolahkan anaknya ke kampus PTN dengan alasan biayanya murah dan kualitasnya bagus. Oleh sebab itu disini gue bakal kasih sedikit pencerahan kepada sobat wow bagaimana sih dalam memilih perguruan tinggi yang baik. Disini gue memiliki beberapa tips yang sudah gue lakukan sendiri. Seperti apakah tipsnya? Ini dia tips memilih perguruan tinggi ala Andy wow:
1.  Cek status perguruan tinggi
Hal pertama yang harus sobat wow lakukan ialah mengecek status perguruan tinggi. Maksudnya disini sobat wow harus mengetahui terlebih dahulu perguruan tinggi yang akan sobat wow masukki statusnya terdaftar apa tidak, terus jenis perguruan tingginya perguruan tinggi apa? Itu yang harus sobat wow lakukan.
Untuk mengecek status perguruan tinggi caranya sangatlah muda sekali. Pertama sobat wow kunjungi situs resmi forlap dikti kemudian disitus tersebut sobat wow cek aja perguruan yang akan sobat wow masukki. Statusnya terdaftar apa tidak di laman DIKTI. Kalau kampus tersebut tidak terdaftar kemungkinan kampus tersebut belum resmi diakui oleh lembaga resmi perguruan tinggi di Indonesia yakni DIKTI.
2.  Cek Akreditasi
Setelah tahap pertama sobat wow lakukan, tahapan selanjutnya yakni mengecek akreditasi. Mengecek akreditasi caranya cukup mudah sekali yakni sobat wow hanya mencari di google.com cara menegecek akreditasi perguruan tinggi. Disana sobat wow akan melihat akun resmi dikti lalu sobat wow masukkin aja program studi yang akan sobat wow masukki di kampus pilihan sobat wow tersebut.
Contohnya perguruan tinggi gue. Di sini gue mengecek jurusan Teknik Informatika Universitas Muria Kudus dan kita tinggal menunggu hasilnya di situs resmi DIKTI dan hasil yang diberikan jurusan gue terdaftar di DIKTI dan telah memperoleh akreditasi “B” dari situs resmi DIKTI.
3.  Lihat pemeringkatan menurut lembaga survey
Setelah tahap pertama dan kedua telah sobat wow lakukan. Untuk mencari tahu lebih banyak lagi tentang kampus yang akan sobat wow masukki caranya sangatlah mudah sekali. Disini gue punya rekomendasi lembaga survey untuk mengetahui pemeringkatan perguruan tinggi sobat wow. Lembaga survey yang sudah lama terpercaya dan terdepan di Indonesia diantaranya:
a.    Pemeringkatan DIKTI
b.    QS World Rank
c.    4Icu
d.    Webometrics
e.    UI Green Metric
Kelima lembaga survey tersebut sudah dipercaya oleh pihak internasional dan di Indonesia sendiri lembaga survey tersebut sudah dipercaya oleh banyak kalangan akademia. Dan dari kelima lembaga survey perguruan tinggi tersebut kelima-limanya memiliki keunggulan sendiri-sendiri.

Wah itu tadi beberapa tips yang sudah gue kasih buat sobat wow untuk memilih perguruan tinggi yang sesuai dambaan dan keinginan sobat wow sendiri. Nah sebagai pembaca yang baik alangkah baiknya sobat wow memberikan saran dan komentar dihalaman komentar yang telah disediakan. Terima kasih sobat wow. Salam akademia. 
Bona Pasogit
Bona Pasogit Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "Tips Memilih Perguruan Tinggi"

close