Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Setelah di Wisuda Masih Nganggur? Ini Tipsnya!

Diwisuda merupakan cita-cita mahasiswa yang kuliah di sebuah perguruan tinggi. Di Indonesia sendiri tercatat ± 3000 perguruan tinggi versi DIKTI. Yang menjadi permasalahan di Indonesia, semakin banyaknya orang yang sudah bergelar S.Kom, S.T, S.E, S.Pd, S.Ked, S.Far tetapi mereka masih pada nganggur dirumah tapi ada juga mahasiswa yang telah lulus dan memperoleh gelar kesarjanaan yang sudah memperoleh pekerjaan tetapi pekerjaannya tidak sesuai dengan bidang ilmu yang dipelajarinya.

Setelah di Wisuda Masih Nganggur? Ini Tipsnya!

Gelar kesarjanaan di Indonesia sekarang ini dianggap seperti sampah yang menumpuk, sudah banyak title kesarjanaan tetapi tetap saja menganggur dirumah. Apasih yang salah dengan sistem pendidikan di Indonesia? Kok masih banyak mahasiswa yang nganggur setelah lulus dari bangku kuliah?

Sistem pendidikan di Indonesia sepenuhnya tidak salah, namun kesalahan tersebut didasarkan oleh individunya sendiri yang belum siap menduduki bangku pekerjaan. Gue pribadi sering sekali melihat dan menyaksikan dengan mata kepala dan melalui media informasi, banyak mahasiswa yang menganggur meskipun mereka lulusan dari kampus ternama di negeri ini. Disini gue bukan menyudutkan kampus ternama tersebut dan juga pemerintahan di Indonesia. Tetapi selayaknya kita sebagai generasi muda bangsa sudah siap mengahadapi sulitnya lapangan pekerjaan di Indonesia. Untuk mengatasi pengangguran di Indonesia, gue memiliki beberapa tips yang bisa dijalankan oleh fresh graduate di Indonesia, berikut tipsnya buat sobat wow:

1.  Menciptakan lapangan pekerjaan

Tips pertama dari gue, yakni menciptakan lapangan pekerjaan. Indonesia membutuhkan yang namanya orang kreatif. Oleh sebab itu disini saya memberi saran kepada wisudawan yang telah lulus untuk membuka lapangan pekerjaan untuk mengurangi pengangguran di Indonesia. Contoh : lulusan Teknik Kimia bisa membuka usaha sabun dirumahan yang dimana industri tersebut bisa dijual hasilnya kepada warga sekitar. Lulusan Pendidikan Bahasa Inggris bisa membuka les private dan pelatihan bahasa inggris pada orang lain. Yang dimana itu semua bisa menggurangi pengangguran di Indonesia.

2.  Jangan Malu Untuk Menerima Lowongan

Tips kedua jangan malu untuk menerima lowongan. Disini gue punya cerita yang gue dengar dari TV dan gue baca dari media sosial. Disini gue bisa melihat banyak sekali fresh graduate di Indonesia yang masih mendamba-dambakan pekerjaan yang memiliki gaji besar padahal mereka sudah ditawarkan pekerjaan yang sudah kelihatan didepan mata. Disini gue kasih saran kepada sobat wow apabila sobat wow menerima lowongan pekerjaan jangan memandang dari gaji yang ditawarkan tetapi dari layak tidaknya pekerjaan yang ditawarkan tersebut.

3.  Lebih Baik Gagal daripada Tidak Pernah Mencoba

Nah disinilah banyak sekali fresh graduate yang sudah mundur sebelum mencoba. Gue membaca dari sebuah forum yang dimana didalamnya tertulis lowongan pekerjaan di google.com disitu banyak yang bilang tidak berani daftar di google karena alasan yang tidak masuk diakal. Salah satu alasannya ialah tes masuknya yang susah, jujur guepun sempat binggung masak iya masuk di google sulitnya minta ampun, nah disini gue coba tanya apakah dia pernah mencoba daftar di google? Tetapi jawabannya nihil (belum pernah) what kalau belum pernah daftar di google kok udah bilang soalnya sulit banget kan tidak masuk akal. Saran aja kalau sobat wow ingin bekerja di google jangan pernah minder untuk mencoba ya! Kegagalan merupakan awal dari keberhasilan.

Demikian tadi tips dari gue, gue berharap sobat wow bisa terus mengunjungi blog gue dan memberikan komentar dan saran ya. Karena dengan membaca itulah jalan kita menuju kesuksesan.
Bona Pasogit
Bona Pasogit Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "Setelah di Wisuda Masih Nganggur? Ini Tipsnya!"

close