Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Lulus Kuliah Belum Dapat Kerja? Apa Yang Salah?



Tingginya jumlah mahasiswa yang lulus dari perguruan tinggi setiap tahunnya membuat persaingan untuk mencari pekerjaanpun bisa dikatagorikan sangatlah sulit sekali dan tentunya sangat diperketat. Tak jarang sekali, banyak mahasiswa yang kemudian memutuskan untuk meneruskan studinya ke jenjang S-2 karena lama sekali memperoleh panggilan pekerjaan.
IPK tinggi dan prestasi yang banyak seolah tidak menjadi jaminan akan karir mereka didalam dunia pekerjaan. Bahkan dari lulusan kampus ternamapun tidak menjamin bisa langsung lolos di lowongan pekerjaan di Indonesia. Lantas hal apakah yang penting untuk bersaing didunia kerja?
Ini dia hal-hal yang harus sobat wow asah. Sumber : news.okezone.com


Gambar by : google.com
1.   Mengasah Hard Skill
Dunia perkuliahan mengasah kemampuan akademik mahasiswa. Mereka terlatih untuk menguasai ilmu pengetahuan, teknologi, dan hal teknis lain yang berhubungan dengan bidang ilmunya. Hard skill memiliki peranan yang sangat penting didalam dunia pekerjaan. Terutama jika sobat wow mengambil pekerjaan yang sesuai dengan bidang sobat wow.
Hard skill inilah yang menjadi dasar dalam melaksanakan pekerjaan. Akan tetapi, bukan berarti mahasiswa yang memiliki pekerjaan di luar bidang perkuliahannya tidak harus mengasah kemampuan hard skillnya. Itu salah besar sobat wow. Karena hard skill akan tetap digunakan didunia pekerjaan meskipun kita tidak berkerja dibidang yang sesuai bidnag kita.
2.   Jangan Lupakan Skill yang lain
Namun, di dunia pekerjaan menuntut lebih dari sekedar hard sklii saja. Hard skill yang diimbangi dengan soft skill akan menjadi sangat baik. Berbeda dengan hard skill, soft skill adalah kemampuan non-akademik. Contohnya, manajemen waktu, kontrol emosi, pengaturan stres dsb.
Soft skill sendiri dapat dibagi menjadi dua katagori, yakni interpersonal dan intrapersonal. Apakah itu? Nih dia penjelasannya buat sobat wow. Soft skill interpersonal menyangkut hubungan kita dengan orang lain sedangkan intrapersonal soft skill lebih mengarah kepada diri sendiri. Nah dengan kita mengasah soft skill yang kita miliki kita akan mulai mudah beradaptasi.
Adaptasi yang dimaksud disini, memiliki peranan yang sangat penting sekali. Salah satunya komunikasi. Nah dengan memiliki komunikasi yang baik dapat membantu kita menemukan teman-teman baru dan membantu kita dalam mengatasi pekerjaan.
Nah disini gue mengajak sobat wow yang belum lulus untuk bisa mengasah soft skill dan hard skillnya. Dengan cara apa? Jangan jadi mahasiswa Kupu-kupu (Kuliah pulang-kuliah pulang) tetapi sobat wow harus bisa menjadi mahasiswa yang aktif dan memiliki jiwa sosial tinggi. Nah buat sobat wow yang ingin mengasah soft skill dengan berkomunikasi dengan baik bisa bergabung dengan UKM (dibidang penyiaran atau broadcasting) so belajarlah untuk menjadi mahasiswa yang baik untuk masa depan anda sendiri.
Bona Pasogit
Bona Pasogit Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "Lulus Kuliah Belum Dapat Kerja? Apa Yang Salah?"

close