Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis - jenis jaringan

Jaringan di kelompokkan berdasarkan luas area yang dapat di jangkau atau dilayani. Secara umum jaringan komputer terbagi atas 3 jenis, yaitu :

A. Local Area Network (LAN)
     Adalah jaringan yang di batasi oleh area yang relatif kecil. jaringan ini umumnya di batasi oleh area lingkungan seperti sebuah kantor pada sebuah gedung, atau tiap - tiap ruangan pada sebuah sekolah


B. Metropolitan Area Network (MAN)
     Sebuah MAN, biasanya meliputi area yang lebih besar daro LAN, misalnya antar wilayah dalam satu propinsi. dalam hal ini, jaringan MAN menghubungkan beberapa buah jaringan kecil dalam lingkungan area yang lebih besar, sebagai contoh sebuah bank yang berada dalam sebuah kota besar di hubungkan antara satu dengan yang lainnya.


C. Wide Area Network (WAN)
     Sebuah WAN adalah jaringan yang runag lingkupnya telah menggunakan sarana satelit, wireless, atau pun kabel fiber optic karena jangkauannya yang lebih luas, bahkan hingga wilayah otoritas negara lain. dengan menggunakan sarana WAN, sebuah perusahaan di indonesia dapat menghubungi kantor pusatnya yang berada di jepang hanya dalam waktu beberapa menit.


Bona Pasogit
Bona Pasogit Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "Jenis - jenis jaringan"

close