Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Standar Pengendalian Mutu (Materi Kuliah Auditing)

Pengertian Standar Pengendalian Mutu (Materi Kuliah Auditing) ~ KamuBisa iO. Sistem pengenndalian mutu  meliputi semua prosedur dan kebijakan pengendalian mutu, penetapan tanggung jawab, komunikasi dan pemantauan. Pengendalian mutu suatu KAP harus diaplikasikan pada semua jasa audit, atestasi, akuntansi dan review, dan konsultasi.

Pengertian Standar Pengendalian Mutu (Materi Kuliah Auditing)

Pengertian Standar Pengendalian Mutu (Materi Kuliah Auditing)

Unsur - unsur pengendalian mutu ada diulasan singkat berikut ini:

1. Independensi
  • Kantor Akuntan Publik harus merumuskan kebijakan dan prosedur yang memberi keyakinan bahwa setiap personil akan mempertahankan diri independensinya.
2. Penugasan Personil
  • Kantor Akuntan Publik harus merumuskan kebijakan dan prosedur yang memberi keyakinan bahwa setiap personil mempunyai tingkat pelatihan dan keahlian teknis.
3. Konsultasi
  • Kantor Akuntan Publik harus merumuskan kebijakan dan prosedur yang memberi keyakinan bahwa setiap personil akan memperoleh informasi memadai sesuai yang dibutuhkan dari orang yang memilliki tingkat pengetahuan, kompetensi, pertimbangan dan wewenang yang memadai.
4. Supervisi
  • Kantor Akuntan Publik harus merumuskan kebijakan dan prosedur pengendalian mutu mengenai pelaksanaan dan supervisi perikatan untuk memberikan keyakinan yang memadai bahwa pelaksanaan perikatan memenuhi standar mutu yang ditetapkan Kantor Akuntan Publik.
5. Pemekerjaan (hiring)
  • Kantor Akuntan Publik harus merumuskan kebijakan dan prosedur untuk memberikan keyakinan yang memadai bahwa orang yang diperjakan memiliki karakteristik semestinya sehingga mereka akan melaksanakan penugasan secara kompeten.
6. Pengembangan Profesional
  • Kantor Akuntan Publik harus merumuskan kebijakan dan prosedur untuk memberikan keyakinan yang memadai bahwa personil mempunyai pengetahuan yang memadai, dengan demikian bisa memenuhi tanggungjawabnya.
7. Promosi (Advancement)
  • Kantor Akuntan Publik harus merumuskan kebijakan dan prosedur untuk memberikan keyakinan yang memadai bahwa personil yang terseleksi untuk promosi memiliki kualifikasi.
8. Penerimaan dan Keberlanjutan Klien
  • Kantor Akuntan Publik harus merumuskan kebijakan dan prosedur untuk menentukan apakah perikatan dari klien akan diterima/ dilanjutkan untuk meminimkan kemungkinan terjadinya hubungan dengan klien yang manajemennya tidak mempunyai integritas.
9. Inspeksi
  • Kantor Akuntan Publik harus merumuskan kebijakan dan prosedur untuk memberikan keyakinan yang memadai bahwa prosedur yang berhubungan dengan unsur lain pengendalian mutu telah diterapkan dengan efektif.
Baca juga : Jenis-Jenis Audit dan Alasan Laporan Keuangan Perusahaan Perlu Diaudit (Materi Kuliah Auditing)
Demikian artikel Pengertian Standar Pengendalian Mutu (Materi Kuliah Auditing),  Semoga bermanfaat. Untuk melihat seluruh materi Auditing dapat dilihat di >> Materi Auditing.
Bona Pasogit
Bona Pasogit Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "Pengertian Standar Pengendalian Mutu (Materi Kuliah Auditing)"

close