Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Merubah Font Default di Microsoft Word 2007 2010

Cara merubah font default di microsoft word 2007 dan 2010. Para pengguna word 2007 dan 2010 secara default mendapati pengaturan font standar yang digunakan adalah Calibri dengan ukuran font 11 pt. Tidak sedikit yang kurang menyukai jenis dan ukuran font ini.

Penggantian format font ini dapat dilakukan secara manual. Setiap kali akan menulis dokumen terlebih dahulu melakukan perubahan jenis dan ukuran font melalu menu "Home" pada kelompok ribbon "Font". Tentu saja cara ini kurang efektif dan efisien. Karena perubahan yang dilakukan hanya berlaku untuk saat itu, sehingga ketika kemudian membuka dokumen word baru, jenis dan ukuran font kembali ke format default-nya kembali. Kita pun harus melakukan pengaturan lagi.

Namun sebenarnya pengguna word dapat melakukan perubahan default font ini. Dengan ini berarti menentukan standar font yang baru. Sehingga setiap kali dokumen microsoft word dibuka, font standar yang ditampilkan adalah sesuai dengan yang telah kita atur. Tentunya pengguna word tidak perlu melakukan pekerjaan setting huruf yang sepele ini secara berulang-ulang. Tips word inilah yang akan kita pelajari dalam Blog Belajar Word dan Excel kali ini.


Merubah Font Standar Word 2007 dan 2010

Untuk merubah font standar pada microsoft word 2010 dan 2007 sangat mudah. Ikuti langkah-langkah sederhana berikut ini:
  1. Buka jendela pengaturan font, bisa dengan salah satu dari beberapa cara berikut :
    1. Klik pojok kanan bawah pada kumpulan ribbon "Font"
    2. Klik kanan pada area text, kemudian pilih "Font"
    3. Gunakan kombinasi tombol CTRL + D pada keyboar
  2. Pada jendela Font yang muncul lakukan pengaturan sesuai yang diinginkan yaitu pada bagian "latin text". Pada bagian Font tentukan jenis font yang diinginkan, sedangkan pada bagian Size silakan tentukan ukurannya.
  3. Jika menginginkan font standar yang baru tidak lagi berwarna hitam, tentukan warnanya pada Font color.
  4. Setelah Anda menentukan semua setting standar baru, klik tombol "Default..." yang terdapat pada bagian kiri bawah jendela Font.
  5. Ketika muncul konfirmasi terhadap perubahan yang dilakukan, klik "Yes".
  6. Klik OK
Jika masih bingung dengan langkah-langkah di atas, simak video tutorial singkat berikut.


Sekarang coba tutup dokumen microsoft word tadi kemudian buka lagi. Perhatikan, jenis dan ukuran font akan otomatis menjadi yang telah disetting tadi. Itulah tips microsoft word dalam mengubah default font (font standar) di microsoft word 2007 dan 2010.


Bona Pasogit
Bona Pasogit Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "Cara Merubah Font Default di Microsoft Word 2007 2010"

close