Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sayap Ayam Saus Tiram

Bahan:
14 potong sayap ayam (kurang lebih 1 1/2 pounds)
2 sendok makan irisan jahe, tipis-tipis saja
1 sendok makan tepung maizena
1 sendok makan kecap asin
2 sendok makan saus tiram
Garam
1 butir telur
1/2 cup tepung panir
3 sendok makan minyak sayur
1 batang daun bawang, diiris tipis panjang
2 cups irisan daun selada

Cara membuat:
1. Jadikan satu sayap ayam dengan jahe, maizena, kecap asin, garam dan 1 sendok makan saus tiram dengan 1 sendok makan air. Diamkan di lemari es selama 4 jam. Keluarkan sayap ayam dan diamkan di suhu ruangan 30 menit sebelum dimasak.
2. Kocok telur di wadah kecil. Siapkan tepung panir di piring. Celupkan sayap ayam di dalam kocokan telur, lalu balut dengan tepung panir.
3. Panaskan wajan besar (bisa juga dengan wajan datar besar anti lengket) terlebih dahulu sebelum 1 sendok makan minyak sayur ditambahkan. Taruh sayap ayam di wajan, jangan terlalu penuh. Goreng selama 15-20 menit dengan api kecil, sambil dibalik-balik supaya rata matangnya. Kalau perlu tambahkan minyak sayur--1-2 sendok makan, seperlunya.
4. Setelah semua sayap ayam matang, tumis daun bawang di wajan yang sama bersama sisa saus tiram selama 1 menit saja. Hidangkan sayap ayam dengan irisan daun selada dan sausnya.

Catatan: ayam ini lama sekali matangnya. Kalau mau lebih cepat, ayam boleh di rebus sebentar, lalu baru direndam bahan sausnya. Dengan begitu selagi digoreng, lebih merata matangnya
Bona Pasogit
Bona Pasogit Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "Sayap Ayam Saus Tiram"

close