Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jawaban Tugas 4 Komputer Masyarakat dan Etika Profesi

Jawaban Tugas 4 Komputer Masyarakat dan Etika Profesi

Silahkan berikan uraian anda dalam menyelesaikan soal berikut ini ! 

1. Apa perbedaan antara e-commerce dan e-business ? jelaskan ! 

Jawab : 

Pada dasarnya, e-business dapat diartikan sebagai kegiatan berbisnis di Internet yang tidak saja meliputi pembelian, penjualan dan jasa, tetapi juga dapat meliputi pelayanan pelanggan dan kerja sama dengan rekan bisnis (baik individual maupun instansi). 

Sedangkan e-commerce merupakan transaksi bisnis yang berupa pembelian dan penjualan barang serta jasa melalui internet yang meliputi transfer maupun serahterima kepemilikan hak atas suatu barang atau jasa dengan menggunakan internet. Jika dilihat dari pengertian tersebut, dapat dikatakan bahwa e-commerce merupakan bagian dari e-business.

  • E-business memiliki jangkauan yang lebih luas jika dibandingkan dengan ecommerce, karena e-business meliputi modal, SDM (sumber daya manusia), segala proses pemasaran produk dan jasa hingga setiap resiko yang muncul didalamnya setelah pembelian barang maupun jasa. Sedangkan e-commerce, hanya sebatas pada proses jual-beli jasa atau produk melalui jaringan internet dalam wadah situs atau web saja. 
  • E-commerce hanya menjalankan tugasnya sebagai media transaksi jual-beli secara online saja, sedang e-business lebih ke arah edukasi dan juga menjaga agar pelanggan paham lebih banyak tentang manfaat dari sebuah produk maupun jasa yang didapat dari sebuah transakasi online. 
  • E-commerce hanyalah satu bagian kecil saja dari e-business, sebab ebusiness merupakan sebuah sistem yang lengkap dan terdiri dari banyak bagian yang menunjang jalannya sebuah bisnis terutama yang dijalankan melalui jaringan internet. 
  • Jika e–commerce hanya memerlukan sistem pemasaran termasuk spesifikasi dan juga analisis dalam segi penjualan saja, tetapi e-business lebih kompleks yang menyasar setiap bagian dari hulu hingga hilir sebuah bisnis. 
  • E-commerce pun juga dapat iktakan sebagai sebuah kegiatan dalam menarik siapapun termasuk setiap pelanggan, supplier maupun mitra untuk membeli maupun menjual barang dan jasa secara online. Sedangkan e-business bergerak dari awal, mulai dari perencanaan proses produksi, manajemen resiko, pengembangan sebuah produk maupun jasa, manajemen keuangan sebuah organisasi maupun perusahaan.

2. Tuliskan 3 contoh dari aplikasi e-bisnis yang anda ketahui ! 

Jawab : 

  • Shopee 
  • Lazada 
  • Tokopedia 

3. Jelaskan tantangan yang ditemukan dalam menjalankan e-commerce ! Berikan pendapat anda apakah tantangan tersebut akan menjadi penghambat dalam perkembangan e-commerce ke depannya ! 

Jawab : 

  • Salah satu tantangan dalam bisnis e-commerce yang patut Anda waspadai adalah resiko penipuan. Penipuan yang terjadi pada calon konsumen dapat mengakibatkan trust, atau kepercayaan dari konsumen tersebut hilang. Akibatnya, yang bersangkutan pun enggan untuk berbelanja di tempat Anda lagi. 
  • Karakter konsumen menjadi tantangan e-commerce berikutnya. Misalnya, sebagian besar konsumen menginginkan transaksi yang lebih personal. Caranya, dengan menghubungi penjual secara langsung melalui WhatsApp dan LINE. Masih ada kelompok konsumen yang menilai transaksi ini lebih personal dan terpercaya, dibandingkan lewat website yang kaku. Untuk menyiasatinya, e-commerce menghadirkan chatbot maupun fitur messenger, untuk memfasilitasi komunikasi pedagang dan pembeli. Selain itu, tantangan lainnya adalah kecenderungan konsumen untuk memilih ecommerce yang menawarkan banyak promosi dan harga murah. Saat masa berlaku promosi ini selesai, konsumen pun akan mencari e-commerce lain dengan tawaran serupa. 
  • Mengatur keuangan juga menjadi salah satu tantangan yang harus dihadapi. E-Commerce memang tergolong lebih hemat. Karena, tidak harus membayar sewa tempat atau biaya pencetakan pamflet untuk menawarkan produk-produk yang ditawarkan. Namun, tetap saja harus mempertimbangkan biaya untuk pengeluaran lainnya. Tetap harus mengeluarkan biaya untuk penyediaan stok produk dan tentunya karyawan. Selain itu, juga harus mempertimbangkan untuk membayar jasa ahli SEO dan pembuat konten. Sehingga, usaha online yang dijalankan dapat menjangkau target konsumen yang lebih besar lagi.

Untuk menjalankan bisnis, pastinya akan ada tantangan tersendiri. Tergantung bagaimana bisnis tersebut. Karena setiap bisnis pastinya akan memiliki masalah yang tidak sama dan tentu saja harus melewati hal tersebut dengan pantang menyerah. Masih banyak solusi yang bisa dilakukan dari pada harus menyerah begitu saja. 

Tantangan, rintangan, rintangan atau apapun namanya tak terbantahkan, adalah salah satu obat pahit dalam perjalanan hidup manusia. Namun, syaratnya adalah pohon dengan buah termanis dan bunga terindah jika bisa dimanfaatkan atau bahkan ditaklukkan. 

Kesimpulannya adalah jika kita dapat mengubah tantangan menjadi peluang maka hambatan apapun itu dalam ecommerce tidak akan menjadi penghalang bagi bisnis kita untuk kedepannya, bahkan tantangan tersebut membuat kita menjadi lebih berpengalaman dan dewasa dalam berbisnis tentunya semakin ahli dalam mengatasi tantangan tersebut.

Bona Pasogit
Bona Pasogit Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "Jawaban Tugas 4 Komputer Masyarakat dan Etika Profesi"

close