Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jawaban Tugas 3 Komputer Masyarakat dan Etika Profesi

Jawaban Tugas 3 Komputer Masyarakat dan Etika Profesi

Silahkan berikan uraian anda dalam menyelesaikan soal berikut ini ! 

1. Jelaskan apa saja potensi yang diperoleh melalui pemanfaatan teknologi dalam proses pembelajaran bila dibandingkan dengan pembelajaran konvensional ? 

Jawab : 

  • MENAMBAH INFORMASI, Manfaat pertama pengunaan teknologi adalah sebagai sarana pendukung bagi siswa dan pendidik untuk mencari informasi yang lebih luas, selain menggunakan sumber dari buku dan media cetak. 
  • MENINGKATKAN KEMAMPUAN BELAJAR, Hal ini terjadi karena informasi yang ada di Internet lebih update sehingga para siswa bisa dengan mudah mengakses informasi-informasi baru yang diperlukan, di bawah pengawasan guru. 
  • MEMUDAHKAN AKSES BELAJAR, Proses pembelajaran dapat dipemudah dengan adanya teknologi dalam pendidikan. Misalkan guru dapat memberikan materi atau tugas belajar melalui email ataupun wa grup sehingga peserta didik bisa segera menyelesaikan dan mengumpukan tugas tersebut. 
  • MATERI LEBIH MENARIK, Penggunaan teknologi dalam pendidikan dapat membuat peserta didik lebih nyaman dan tidak terkesan jenuh atau monoton. Karena penyampaian informasi melalui teknologi cangging terlihat lebih variatif dan modern. Contohnya dalam penyampaian materi pendidik bisa menggunakan power point dengan animasi yang menarik. 
  • MENINGKATKAN MINAT BELAJAR, Informasi dan pengetahuan yang lebih lengkap serta akses yang mudah didapatkan dapat membuat siswa lebih minat dalam melaksanakan pembelajaran. 

Penggunaan teknologi dalam pendidikan memang memiliki beberapa manfaat untuk kelangsungan pembelajaran. Namun, di sisi lain harus tetap mengawasi anak-anak saat memanfaatkan teknologi. Karena mudahnya informasi yang mudah diakses di teknologi, tidak hanya informasi positif, tetapi juga informasi yang negatif. 

2. Salah satu wujud kesiapan institusi pendidikan dalam penerapan teknologi adalah dengan memanfaatkan LMS untuk mendukung kegiatan proses belajar mengajar. Coba jelaskan yang anda ketahui tentang LMS tersebut ! 

Jawab :

Learning Management System (LMS) merupakan sebuah perangkat lunak yang dirancang untuk melakukan manajemen pendidikan. Mulai dari membuat, mendistribusikan, dan mengatur proses penyampaian materi pembelajaran. 

Sistem LMS sangat memudahkan dosen untuk merencanakan dan membuat silabus, mengelola bahan pembelajaran, mengelola aktivitas perkuliahan, mengelola nilai, rekapitulasi absensi, menampilkan transkrip nilai, berdiskusi dan juga melakukan kuis. 

3. Jelaskan perbedaan antara synchronous dan asynchronous learning ! 

Jawab : 

Synchronous learning adalah metode belajar online dimana semua murid dan guru dalam kelas melakukan prosesnya secara online dalam waktu yang sama. Kegiatan ini memerlukan sebuah platform online agar para murid dan guru bisa saling berinteraksi langsung secara real time. 

Sementara itu, asynchronous learning adalah metode belajar online yang prosesnya bisa berlangsung dalam waktu yang berlainan, namun masih dalam satu rentang waktu tertentu. Platform online tetap diperlukan, namun biasanya hanya untuk proses transfer materi dan interaksi tidak langsung. 

Contoh synchronous learning adalah webinar, kelas video conference, dan sebagainya. Setiap murid dan guru harus hadir secara virtual sesuai jadwal. Dalam hal ini, diperlukan koneksi internet yang stabil, perangkat komputer, webcam, dan mikrofon untuk setiap partisipan. Untuk asynchronous learning, materi pengajaran biasanya berbentuk video rekaman dan ebook yang dibagi ke murid melalui internet. Para murid pun mengumpulkan tugasnya secara online juga, baik melalui email atau upload ke platform tertentu.

Bona Pasogit
Bona Pasogit Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "Jawaban Tugas 3 Komputer Masyarakat dan Etika Profesi"

close