Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jawaban Tugas 2 Komputer Masyarakat dan Etika Profesi

Jawaban Tugas 2 Komputer Masyarakat dan Etika Profesi

Silahkan berikan uraian anda dalam menyelesaikan soal berikut ini ! 

1. Ketika sebuah instansi telah menyediakan komputer untuk kegiatan operasionalnya, namun masih banyak karyawan di instansi tersebut yang memanfaatkan metode pendataan dengan menggunakan kertas. Apa tanggapan anda dan berikan pendapat anda ! 

Jawab : 

Hal tersebut tentu saja sangat merugikan perusahaan, rugi diwaktu dan tenaga. Karena komputer yang telah tersedia tidak digunakan secara maksimal yang seharusnya pekerjaan menjadi lebih cepat, tepat dan berkualitas karena adanya komputer malah menjadi merugikan disegala bidang. 

Yang perlu dilakukan instansi tersebut adalah memberikan pelatihan dasar atau literasi digital bagi karyawan yang gaptek. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, maka harus dikembangkanya suatu Sistem informasi manajemen kepegawaian yang handal. 

Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian merupakan suatu sistem informasi manajemen yang berfungsi untuk mengelola data, manajemen dan administrasi kepegawaian sebuah instansi, perguruan tinggi ataupun perusahaaan. 

Tujuan Implementasi SIM Kepegawaian adalah dapat terwujudnya suatu sistem informasi manajemen yang berintegrasi dalam suatu jaringan komputer yang mampu menghasilkan informasi yang bermutu untuk menunjang pengambilan keputusan manajemen kepegawaian di lingkungan instansi. 

2. Ternyata digital divide tidak hanya terjadi di negara berkembang. Permasalahan ini juga terjadi di negara maju. Upaya apa yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan digital divide yang terjadi di dunia ? Lalu apa peranan anda sebagai mahasiswa dalam menyikapi permasalahan tersebut ? 

Jawab : 

  • Mempersiapkan masyarakat untuk bisa menangani, menerima, menilai, memutuskan danmemilih informasi yang tersedia. Penyiapan kondisi psikologis bagi masyarakat untukmenerima, menilai, memutuskan dan memilih informasi bagi diri mereka sendiri akanlebih efektif dan mendewasakan masyarakat untuk bisa mengelola informasi dengan baik. 
  • Pembangunan fasilitas telekomunikasi antara kota dan desa, sehingga setiap masyarakatyang ingin mengakses informasi dapat tercapai dengan tersedianya fasilitastelekomunikasi yang memadai. Layanan Internet memainkan peranan penting dalam mengurangi digital divide Salah satu upaya saya sebaga mahasiswa dalam mengatasi permasalahan digital divide adalah dengan memberikan edukasi digital atau literasi digital dengan orang - orang terdekat seperti orangtua, keluarga, teman - teman dan yang di lingkungan sekitar ku. Dan tentunya juga memberika solusi disetiap kesulitan yang mereka hadapi saat mempelajari hal digital.

3. Apa yang anda ketahui tentang masyarakat digital ? Bagaimana cara untuk mewujudkan masyarakat digital ?

Jawab : 

Masyarakat digital adalah masyarakat yang terhubung dengan jaringan teknologi sehingga mempengaruhi pola interaksi dalam kehidupan sehari-hari. Masyarakat digital setiap harinya mengandalkan teknologi baik teknologi informasi maupun komunikasi. Cara Mewujudkan : 

  • Memberikan beasiswa pendidikan khusus teknologi Informasi 
  • Melakukan kegiatan sosial berbentuk sosialisasi dalam menggunakan perangkat digital. 
  • Membangun Ekosistem Digital di pedesaan (Infrastruktur Jaringan) dan memberikan edukasi kepada masyarakat setempat cara menggunakannya

Bona Pasogit
Bona Pasogit Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "Jawaban Tugas 2 Komputer Masyarakat dan Etika Profesi"

close