Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jawaban Tugas 1 Komputer Masyarakat dan Etika Profesi

Jawaban Tugas 1 Komputer Masyarakat dan Etika Profesi

1. Internet merupakan kumpulan dari jutaan komputer di seluruh dunia yang terhubung antara komputer yang satu dengan yang lain. Banyaknya layanan yang tersedia melalui internet memungkinkan para penggunanya untuk melakukan banyak hal, seperti mendapatkan informasi, mengirimkan surat secara elektronik, sebagai tempat untuk berbisnis danlain-lain. Hal ini menunjukkan bahwa internet saat ini bukan lagi merupakan barang mewah, namun bisa dikatakan sebagai kebutuhan pokok. Coba anda uraikan dari sudut pandang anda : 

a. apakah internet bisa membawa pengaruh bagi kehidupan anda? dan jelaskan seperti apa pengaruh yang ditimbulkannya ! 

Jawab : 

Internet sangat membawa pengaruh terhadap kehidupan saya, karena dengan adanya internet komukasi menjadi sangat mudah dan murah, hanya dengan bermodal paket data internet maka kita sudah bisa berinteraksi dengan orang - orang di seluruh dunia. Internet juga dapat mempermudah pekerjaan, menghemat waktu, tenaga ataupun uang. 

  • Mempermudah Pekerjaan 

Dengan adanya internet maka segala pekerjaan dapat diperingan salah satunya adalah dengan tersebar nya semua informasi maka kita dapat menyelesaikan masalah pekerjaan dengan bantuan informasi yang tersebar di internet. Dalam bisnis, internet juga sangat berguna dalam hal membangun hubungan kerja dengan pembisnis lain, yang artinya internet mempermudah dalam hal berkomunikasi tanpa batas. 

  • Menghemat Waktu, Tenaga dan Uang 

Sudah jelas internet dapat meningkatkan efesiensi dan mengurangi pengeluaran materi, dengan adanya internet maka kita tidak perlu harus berinteraksi keluar rumah, salah satu nya jika kita ingin membaca buku kita tidak perlu lagi harus ke perpustakaan, cukup searching di internet buku yang kita mau maka dalam bentuk ebook (PDF) kita akan mendapatkan informasi yang kita butuhkan. 

Walaupun terkadang ada buku yang berbayar tetapi kita bebas membacanya walaupun tidak bisa di download. Dari khasus ini maka kita akan menghemat waktu tidak perlu lagi pergi ke perpustakaan, tidak perlu lagi mengelurkan tenaga cukup duduk santai serta tidak perlu harus mengeluarkan uang untuk ongkos pergi ke perpustakaan karena semua yang kita lakukan adalah dengan satu klik. 

b. bagaimana anda menyikapi penggunaan internet yang semakin berkembang dewasa ini? 

Jawab : 

  • Terus Beradaptasi 

Jangan mau ketinggalan zaman karena bagaimanapun juga teknologi akan terus berubah dari waktu ke waktu. Berusaha untuk up to date dengan semua kemajuan dan perubahan teknologi saat ini. Jangan mau ketinggalan zaman karena bagaimanapun juga teknologi akan terus berubah dari waktu ke waktu. Manusia tidak bisa melawan perkembangan teknologi tersebut. 

Hal yang bisa dilakukan adalah beradaptasi terhadap setiap jenis perubahan atau perkembangan. Setiap ada teknologi baru muncul, pelajari seperti apa cara kerjanya dan bagaimana cara untuk memanfaatkan teknologi tersebut.

  • Memanfaatkan Teknologi secara Optimal 

Memanfaatkan seoptimal mungkin sehingga teknologi ini bisa mempermudah kegiatan dan memberi dampak positif bagi kehidupan sehari hari ku. Jangan biarkan teknologi tersebut terbengkalai dan terbuang sia-sia. Manfaatkan seoptimal mungkin sehingga teknologi ini bisa mempermudah hidup dan memberi dampak positif bagi banyak orang. 

  • Bijak Menggunakan Teknologi 

Kemajuan teknologi seringkali membuat kita merasa lalai dan terlena. Banyak orang memilih untuk menggunakan teknologi sebagai ajang adu gengsi. Banyak orang memilih untuk menggunakan teknologi sebagai ajang adu gengsi. Contoh mudahnya, orang-orang membeli HP atau gadget terbaru bukan karena fungsi yang ingin dimanfaatkan melainkan karena gengsi. Gengsi jika tidak memakai teknologi terbaru padahal tak bisa bijak menggunakannya. 

Dan dalam penggunaan internet sikap bijak yang saya lakukan adalah dengan aktivitas yang berguna bagi orang serta menambah wawasan baik bagi diri sendiri ataupun orang lain. Dengan memposting Tutorial Edukasi (tulisan ataupun video) akan sangat bermanfaat bagi orang yang melihatnya begitu juga dengan kita, kita bisa menjadikan postingan itu menjadi flashback disaat kita lupa akan materinya. 

  • Menjalani Pendidikan di Bidang Teknologi 

Seperti yang saya lakukan saat ini adalah berkuliah dengan jurusan Teknik Informatik, jurusan yang sangat sangat kental akan teknologi digital. Dengan adanya pendidikan ini bukan hanya ilmu akademis yang saya dapatkan melainkan juga moral akan penggunaan internet.

2. Perkembangan iptek telah membawa manfaat bagi kemajuan peradaban umat manusia. Namun, kadangkala tidak dapat kita pungkiri bahwa perkembangan iptek tersebut justru membawa malapetaka dan kesengsaraan, seperti pola interaksi yang semakin berubah dan juga dapat menimbulkan kemerosotan moral di lingkungan masyarakat. Coba berikan penjelasan anda terkait hal tersebut ! 

Jawab : 

Dengan berkembangnya IPTEK maka akan semakin mudah berselancar di dunia maya, dikarenakan dengan kemudahan dalam mengakses informasi baik informasi bermanfaat (Tutorial Pelajaran, Video edukasi) maupun yang kurang bermanfaat (berita seleb, berita hoax, berita ujaran kebencian). 

Perkembangan IPTEK memang tidak dapat kita hambat, karena dengan adanay IPTEK kehidupan kita juga semakin membaik. Penggunaan Internet di ibaratkan pisau, dimana pisau ini bisa dipakai untuk kepentingan baik dan bermanfaat atau untuk tujuan jahat seperti menyakiti dan membunuh. Untuk mengatasi beberapa dampak negatif dari perkembangan IPTEK (Internet) salah satunya berkurangnya moral ada beberapa hal yang harus kita lakukan yaitu : 

  • Gunakan teknologi informasi sesuai dengan tujuannya 
  • Jika masih dibawah umur, mintalah pendampingan orang tua. 
  • Pilih informasi yang memiliki sumber yang jelas 
  • Sebelum membagikan informasi, telusuri terlebih dahulu kebenaran informasi tersebut. 
  • Jauhi situs-situs yang tidak bermanfaat 
  • Ketika bersosoal media, utamakan rasa toleransi dan saling menghargai. 
  • Jangan mudah terpengaruh terhadap informasi yang provokatif. 

Selain cara diatas untuk menghindari dampak negatif dari Internet, ada hal yang lebih penting, yaitu dengan cara mensosialisasikan masyarakat mengenai literasi digital. Literasi digital sangat penting untuk diterapkan dalam kehidupan bermasyarakat, karena dengan kecakapan literasi digital seseorang tidak hanya ahli dalam mengeporasikan alat teknologi, melainkan juga mampu bermedia digital dengan penuh tanggung jawab.

Bona Pasogit
Bona Pasogit Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "Jawaban Tugas 1 Komputer Masyarakat dan Etika Profesi"

close