Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menelusuri Kesaksian Alkitab tentang Allah yang Dipercayai Umat Kristen

Menelusuri Kesaksian Alkitab tentang Allah yang Dipercayai Umat Kristen

Silakan Anda membuka Alkitab, khususnya Kitab Kejadian pasal 1-2 dan Keluaran pasal 1-15. Siapakah Allah yang dipercayai oleh umat Kristen menurut Kitab Kejadian pasal 1-2 dan Keluaran pasal 1-15? Anda juga perlu membaca buku Ikhtisar Dogmatika karangan R. Soedarmo, khususnya topik yang membahas tentang Allah. 

Siapakah Allah yang dipercayai oleh umat Kristen menurut R. Soedarmo? Pembahasan tentang agama bagaimanapun selalu berkaitan dengan pokok tentang Allah atau yang dianggap Allah. Itulah kesimpulan dari penelusuran kita terhadap definisi agama pada bab sebelumnya. 

Setiap manusia pada dasarnya mempunyai kesadaran religius, yakni kesadaran bahwa ada suatu kodrat Ilahi di atas realitas dunia ini dan dalam berbagai agama diberi nama yang bermacam-macam. 

Dalam kekristenan, kita percaya bahwa Tuhan menciptakan manusia sedemikian rupa sehingga ada kesadaran religius dalam dirinya yakni suatu kesadaran akan adanya kodrat Ilahi di atas manusia, dengan nama yang bermacam-macam sesuai dengan kepercayaan masing-masing. 

Kesadaran itulah yang kemudian mendorong manusia untuk mewujudkan relasinya dengan kodrat Ilahi itu yang pada gilirannya memunculkan fenomena agama. 

Itulah sebabnya fenomena agama tak mungkin bisa dihapus sama sekali walaupun bisa ditekan ke tingkat yang serendah-rendahnya oleh berbagai faktor dalam kehidupan manusia dan masyarakat. 

Dalam upaya penelusuran kesaksian Alkitab tentang Allah, perlu kita menyinggung juga topik Allah dan penyataan-Nya. Pertanyaan yang cukup penting bagi kita adalah: “Dapatkah manusia mengenal Allah dan hakikatNya?” Terhadap pertanyaan itu, ada dua kemungkinan jawaban. 

Yang pertama, manusia tak mungkin dapat mengenal Allah dan hakikat-Nya, karena manusia adalah terbatas dan karenanya tidak mungkin mengenal Allah yang tak terbatas. 

Kemungkinan kedua, mengatakan bahwa manusia mungkin mengenal Allah dan hakikat-Nya hanya apabila Ia menyatakan diri-Nya. Di atas telah dikatakan bahwa Allah menciptakan manusia sedemikian rupa, sehingga ada kesadaran religius dalam dirinya. 

Kesadaran religius (kesadaran akan adanya kodrat Ilahi) itu tak sama dengan pengenalan akan Tuhan. Kesadaran akan adanya kodrat Ilahi melalui Penciptaan itulah, yang biasanya disebut penyataan Allah yang umum. 

Penyataan umum adalah cara Allah menyatakan diri-Nya melalui penciptaan, sejarah dunia, dan suara hati. Artinya, melalui pengamatan manusia akan alam ciptaan yang begitu luar biasa dan teratur itu, manusia dapat tiba pada kesadaran akan adanya Pencipta atau arsitek di balik ciptaan ini. 

Pandangan ini terutama didasarkan pada kata-kata Rasul Paulus antara lain yang mengatakan bahwa: “…apa yang dapat mereka ketahui tentang Allah nyata bagi mereka, sebab Allah telah menyatakannya kepada mereka. 

Sebab apa yang tidak nampak daripada- Nya, yaitu kekuatan-Nya yang kekal dan keilahian-Nya, dapat nampak kepada pikiran dari karya-Nya sejak dunia diciptakan, sehingga mereka tidak dapat berdalih” (lih. Rm. 1:19-20). Pemazmur juga berulang kali menyaksikan bahwa “segala langit menceritakan kemuliaan Allah” (lih. Mzm. 19). 

Pertanyaannya, apakah mungkin manusia mencapai pengenalan yang benar akan Allah hanya melalui penyataan umum? Tidak selalu! Artinya kesadaran religius saja tak cukup. Itulah sebabnya menurut kepercayaan Kristen, manusia membutuhkan penyataan yang khusus.

Penyataan khusus adalah cara Allah menyatakan diri dan kehendak-Nya melalui firman-Nya dan mencapai puncaknya dalam diri Tuhan Yesus Kristus. 

Walaupun demikian, melalui penyataan Allah yang khusus pun belum dapat membuat manusia mengenal Allah secara tuntas, oleh karena Allah lebih dari apa yang Allah nyatakan, apakah melalui firman-Nya maupun Yesus Kristus. 

Karenanya, Allah masih tetap merupakan misteri yang tidak pernah habis diselidiki dan dipahami. Hal itu membuat kita mempunyai sikap kagum dan heran akan kebesaran-Nya. Silakan Anda mengamati perbedaan antara penyataan umum dan khusus! 

Marilah sekarang kita menelusuri tentang Allah dalam kepercayaan Kristen sebagaimana disaksikan oleh Kitab Suci Alkitab. Dalam kepercayaan Kristen Allah dikenal dari tindakannya: Allah sebagai Pencipta, Penyelamat dalam Yesus Kristus, dan pembaharu dalam Roh Kudus.
Student Terpelajar
Student Terpelajar Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "Menelusuri Kesaksian Alkitab tentang Allah yang Dipercayai Umat Kristen"