Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Macam Ragam destinasi Pariwisata

Macam Ragam destinasi Pariwisata

Destinasi Pariwisata Alam, Budaya, Agro, Hiking, Eko, Marine, Hunting. Dalam pengembangan destinasi pariwisata tersebut diatas daya dukung pariwisata tidak hanya terbatas pada jumlah kunjungan, namun juga meliputi aspek-aspek lainnya seperti kapasitas ekologi (kemampuan lingkungan alam untuk memenuhi kebutuhan wisatawan), kapasitas fisik (kemampuan sarana dan prasarana untuk memenuhi kebutuhan wisatawan), kapasitas sosial (kemampuan daerah tujuan untuk menyerap pariwisata tanpa menimbulkan dampak negatif pada masyarakat lokal), dan kapasitas ekonomi (kemampuan daerah tujuan untuk menyerap usaha-usaha komersial namun tetap mewadahi kepentingan ekonomi lokal). 

Faktor yang menjadi penentu keberhasilan penyelenggaraan destinasi pariwisata berkelanjutan awalnya dimulai dari penyelenggaraan kepemerintahan yang baik (good governance) yang melibatkan partisipasi aktif secara seimbang antara pemerintah, swasta, dan masyarakat. 

Selanjutnya berdasarkan konteks pembangunan berkelanjutan ditelah disepakati bersama, pariwisata berkelanjutan tersebut dapat didefinisikan sebagai: pembangunan kepariwisataan yang sesuai dengan kebutuhan wisatawan dengan tetap memperhatikan kelestarian dan memberi peluang bagi generasi muda untuk memanfaatkan dan mengembangkannya sehingga mampu memberikan manfaat terciptanya kesejahteraan masyarakat umum. 

Beberapa hal utama dalam pengembangan destinasi Pariwisata Dalam pengembangan fasilitas destinasi harus memperhatikan halhal yang paling utama yakni strategi pengembangan destinasi antara lain: 

a. Sustainable Competitive Growth: 

Mengembangkan destinasi kompetitif dan berkelanjutan dengan memperhatikan setiap perubahan yang paling trend atau mampu mengikuti perkembangan kebutuhan wisatawan dalam menikmati aktivitas wisata pada destinasi yang ada dalam era tertentu sehingga tidak ketinggalan zaman dengan terciptanya kepuasan (satisfaction). 

b. Integrated Tourism Ecosystem: 

  • Mengembangkan Tourism Products & Services, Tourism Sector Enablers, dan Tourism System Enablers 
  • Meningkatkan upaya promosi destinasi di negara yang menjadi pasar utama, pasar yang selalu berkembang. Pengembangan destinasi wisata harus mampu menciptakan inovasi produk dan memberikan pelayanan yang berkualitas, baik dari sektor pariwisata maupun dari dukungan masyarakat lokal dan keberadaan lingkungan ekowisatanya. 

c. Government Support – Industry Led: 

  • Fasilitasi pengembangan daya tarik wisata di destinasi; 
  • Peningkatan kapasitas dan pemberdayaan masyarakat; 
  • Fasilitasi tata kelola destinasi DMO (Destination management organization); 
  • Fasilitasi dan promosi pariwisata potensial; 
  • Fasilitasi perencanaan dan pengembangan budaya daerah • Fasilitasi kompetensi dan sertifikasi usaha dan produk pariwisata
  • Pembangunan sarana dan prasarana pariwisata. 

Pengembangan destinasi pariwisata tidak berhasil dengan baik tanpa dukungan (support) dari semua stakeholder pariwisatanya, khususnya pemerintah yang secara berkelanjutan, Awalnya dengan memberikan pengadaan fasilitas pendukung infrastruktur, sarana prasarana utama agar daya tarik wisatanya mendapatkan respon positif dari masyarakat luas. 

Memberikan bimbingan dan pendampingan secara kompeten (tata kelola destinasi) sehingga masyarakat pengelola mampu bekerja professional dalam mengelola obyek daya tarik wisata yang sesuai dengan yang diharapkan, serta pengawasan dan evaluasi secara simultan agar tidak terjadi kesalahan manajemen. 

Dalam aspek pemasarannya setiap tahun diadakan program pemasaran terpadu seperti pengenalan wisata dengan Talk show; expo wisata; ke daerah lain yang potential agar setiap perubahan inovasi dan existensi obyek wisata yang ada dapat dipahami dan dikenal oleh masyarakat luas. 

Pengembangan melalui media komunikasi dan elektronik IT network, sangat diharapkan demi percepatan informasi kepada khalayak sasaran pasarnya.

Student Terpelajar
Student Terpelajar Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "Macam Ragam destinasi Pariwisata"