Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Rekomendasi Mesin Pencari Selain Google

Jika kamu berpikir bahwa mesin pencari itu hanya Google, maka kamu salah. Karena sudah banyak mesin pencari selain Google yang bisa menjadi alternatif untuk mencari informasi di internet. Ada sekitar 25 search engine yang bisa digunakan selain Google. 

Setiap mesin pencari tersebut tentunya memiliki kelebihan dan fitur masing-masing. Namun, Google menjadi pilihan mayoritas pengguna internet saat melakukan pencarian.

Berikut ini 10 mesin pencari yang bisa kamu gunakan selain google!

1. Bing

8 Rekomendasi Mesin Pencari Selain Google

Bing merupakan situs mesin pencari yang bernaung di bawah Microsoft. Bing menjadi mesin pencari terbesar setelah Google dan Baidu. Bing diperkenalkan pada tanggal 28 Mei 2009 oleh Steve Ballmer pada konferensi All Things Digital di San Diego, Amerika Serikat, dan secara resmi diluncurkan pada 1 Juni. Ketika kamu mengunjungi mesin pencari ini, maka kamu akan di suguhi tampilan visual yang berubah-ubah dan tentunya sangat menarik.

Ada beberapa fitur-fitur yang di prediksi mampu menggeser keberadaan Google, di antaranya yaitu, Best Match, Interface Features, Media Features, Instant Answers, Bing Maps, Bing Travel, dan My Saves. 

Di antara fitur tersebut, My Saves menjadi salah satu fitur yang menarik karena menjadi tempat mnyimpan data hasil pencarian. Fitur ini memudahkan kamu mengarsipkan halaman penting.

2. DuckDuckGo

8 Rekomendasi Mesin Pencari Selain Google

DuckDuckGo merupakan mesin pencari internet yang menggunakan informasi dari berbagai sumber, seperti Yandex, Yahoo, Bing dan WolframAlpha untuk mendapatkan hasilnya. Mesin pencari ini sangat melindungi privasi dan tidak merekam informasi pengguna, juga tidak menyimpan jejak pencarian kamu.

3. Yahoo! Search

8 Rekomendasi Mesin Pencari Selain Google

Yahoo! Search adalah mesin pencari web, yang dimiliki oleh Yahoo! Inc. Yahoo! Search direktori pencarian ke-2 terbesar di web dengan volume permintaan 6,42%. Mesin pencari ini tenar pada tahun 2000-an. Akan tetapi kemudian tergeser oleh kehadiran Google dan Bing.

Pada 29 Juli 2009, Microsoft dan Yahoo! mengumumkan perjanjian di mana Bing mendukung Yahoo! Search. Sehingga mesin pencari ini mampu menampilkan hasil pencarian yang lebih relevan.

4. Yandex

8 Rekomendasi Mesin Pencari Selain Google

Yandex merupakan mesin pencari yang berasal dari Rusia. Pesaing utama Yandex di pasar Rusia adalah Google, Mail.ru dan Rambler. Yandex menyimpan data personal, seperti kata kunci pencarian dan riwayat pencarian. Namun data yang di kumpulkan atas persetujuan dari user.

Yandex memiliki fitur menarik yang ditawarkan untuk para penggunannaya. Di antaranya yaitu Yandex.Browser, Yandex.Connect, Yandex.DNS, Yandek.Disk, Yandex.Images, Yandex.Mail, Yandex.Money, Yandex.Taxi, Yandex.Translete, dan Yandex.Video.

5. Dogpile

8 Rekomendasi Mesin Pencari Selain Google

Dogpile merupakan salah satu mesin pencari yang mengumpulkan hasil pencarian dari berbagai macam mesin pencari. Di antaranya adalah Google, Bing, Yahoo!, Yandex, dan banyak mesin pencari lainnya. Dogpile mulai beroperasi pada November 1996 dan dibuat dan oleh Aaron Flin. 

Dogpile memiliki berbagai fitur, di antaranya tautan kategori, yellow pages, kotak pencarian web, preferensi, koreksi ejaan, bilah statistik, pengambilan favorit, dll.

6. Gibiru

8 Rekomendasi Mesin Pencari Selain Google

Gibiru merupakan mesin pencari yang memperhatikan aspek privasi. Gibiru mengaku tidak menyimpan kata kunci, IP, dan riwayat pencarian pengguna. Maka dari itu, data personal akan aman. Pengguna komputer lain juga tidak dapat melacak riwayat pencarian pengguna.

Jika kamu mencari hasil pencarian berupa gambar, Gibiru menjadi alternatif yang tepat. Karena, mesin pencari ini memang hanya memberikan dua opsi jenis konten untuk dicari. Jenis konten yang belum tersedia di Gibiru berupa lokasi, video, dan produk.

7. Baidu

8 Rekomendasi Mesin Pencari Selain Google

Baidu merupakan mesin pencari yang berasal dari Cina. Mesin pencari masuk sebagai web browser terbesar kedua setelah Google. Baidu menawarkan berbagai fasilitas, termasuk mesin pencarian untuk situs web, file audio dan gambar dalam aksara Mandarin.

8. Ask

8 Rekomendasi Mesin Pencari Selain Google

Ask.com merupakan mesin pencari web tanya jawab yang didirikan tahun 1996 oleh Garrett Gruener dan David Warthen. Ketika kamu memasukkan kata kunci di kolom pencarian, maka Ask.com akan memunculkan berbagai informasi yang paling relevan. Kamu bisa memilih hasil pencarian berupa answers atau konten dalam web.
Student Terpelajar
Student Terpelajar Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "8 Rekomendasi Mesin Pencari Selain Google"