Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Membuat Rancangan Penelitian Sosial

Sebagaimana dijelaskan sebelumnya, seorang peneliti sosial yang akan melaksanakan kegiatan penelitian sosialnya jelas harus mengadakan persiapan, baik persiapan fisik, administrasi, maupun persiapan secara profesional. 

Jadi dalam hal ini seorang peneliti harus membuat keputusankeputusan mengenai persiapan-persiapan apa yang akan diadakannya tersebut, sehingga proses maupun hasil akhirnya nanti tidak melenceng dari sasaran maupun harapan yang telah dicanangkannya. 

Membuat Rancangan Penelitian Sosial

Beberapa persiapan penelitian yang merupakan hasil keputusan oleh peneliti itulah yang selanjutnya akan dituangkannya ke dalam sebuah rancangan penelitian. 

Sementara itu dalam kaitannya dengan pembuatan rancangan penelitian sosial yang harus dipersiapkan oleh seorang peneliti tersebut, maka beberapa draf atau poin utama rancangan penelitian yang telah dipersiapkan peneliti sebagaimana telah diuraikan sebelumnya, bersamasama dengan unsur-unsur rancangan penelitian lainnya secara lengkap akan dituangkannya ke dalam sebuah rancangan penelitian (research design) yang sesungguhnya. 

Pembuatan rancangan penelitian itu sendiri merupakan langkah terakhir bagi seorang peneliti sebelum mereka memutuskan untuk memulai kegiatan penelitiannya, termasuk terjun ke dalam lapangan guna mencari data-data penelitian yang diperlukan. 

Secara sederhana, istilah rancangan penelitian ini dapat diartikan sebagai suatu perencanaan kegiatan sebelum kegiatan penelitian tersebut dilaksanakan. 

Suatu rancangan penelitian, dengan demikian dapat diartikan sebagai suatu rencana kegiatan penelitian sebelum kegiatan penelitian itu dilaksanakan. Sedangkan kegiatan merencanakan penelitian itu sendiri berisi atau mencakup beberapa unsur atau komponen-komponen penelitian yang diperlukan. 

Meskipun begitu, dalam suatu penelitian yang bertipe kualitatif, komponen-komponen yang akan dipersiapkan itu masihlah bersifat kemungkinan, artinya nanti dalam perjalanannya masih bisa berubah, jadi tergantung dari kondisi serta perkembanganperkembangan di lapangan (selama penelitian berlangsung). 

Sedangkan pada penelitian yang bertipe kuantitatif, terjadi hal yang sebaliknya, yakni komponen-komponen penelitian yang dipersiapakan itu cenderung tidak banyak berubah. 

Untuk penelitian yang bertipe kualitatif, komponen-komponen penelitian yang perlu dipersiapkan dan diputuskan sebagai persiapan untuk mengadakan penelitian, menurut Lincoln dan Guba dalam Moleong (1998:237) terdiri dari sepuluh komponen atau unsur, yakni penentuan fokus (masalah) penelitian, kesesuaian paradigma dengan fokus, kesesuaian paradigma dengan teori substantif, subyek penelitian, tahap-tahap penelitian, teknik penelitian, pengumpulan data, analisis data, perlengkapan penelitian, dan pemeriksaan keabsahan data. 

Sedangkan pada penelitian yang bertipe kuantitatif, ada beberapa rancangan pokok (khusus) yang harus dipersiapkan oleh seorang peneliti, di mana hal tersebut tidak terdapat pada tipe penelitian kualitatif. Adapun rancangan pokok penelitian kuantitatif yang harus dipersiapkan peneliti, selain menentukan fokus (masalah) penelitian yang akan diteliti juga berisi komponen-komponen penelitian sebagai berikut: 

  1. Sampel dan teknik sampling, antara lain dijelaskan masalah definisi populasi dan sampel, serta bagaimana cara menentukan sampelnya. 
  2. Variabel-variabel yang diteliti, misalnya variabel terikat dan variabel bebasnya apa aja. 
  3. Instrumen yang digunakan untuk mencari data, misalnya berupa tes, angket, daftar observasi, atau yang lainnya. 
  4. Teknik Pengukuran, yakni bagaimana variabel diukur dan bagaimana cara mengkuantifikasikannya. 
  5. Teknik Analisis Data, yakni bagaimana data akan diolah, misalnya akan memakai teknik statistik apa. 

Selanjutnya, setelah kalian mempelajari dan mengetahui beberapa komponen atau unsur-unsur pokok di dalam rancangan metode penelitian, dan juga beberapa unsur lainnya dalam sebuah penelitian, berikut ini akan diberikan sebuah contoh kerangka rancangan penelitian kualitatif yang nantinya dapat diman-faatkan pula ketika seorang peneliti harus membuat sebuah usulan penelitian (research proposal), baik untuk penelitian-penelitian yang bersifat akademik, proyek, dan lain-lain.

Student Terpelajar
Student Terpelajar Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "Membuat Rancangan Penelitian Sosial"