Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Berbagai Jenis Manfaat Hutan

Hutan sangat penting bagi kehidupan manusia. Manusia zaman Pleistosin mencari makan dengan cara berburu dan mengumpulkan tanaman liar di hutan. Sekarang ini masih ada beberapa suku yang tinggal dan hidup di dalam hutan dan menjadi bagian alami dari hutan itu, seperti masyarakat Siberut di Sumatra Selatan, suku Dayak Iban di Kalimantan Barat, dan suku Dani di Papua. 

Berbagai Jenis Manfaat Hutan

Meskipun manusia telah membangun permukiman pedesaan atau perkotaan, tetapi tetap saja mereka masih sering memasuki hutan untuk berburu atau mencari kayu. Belakangan ini orang semakin sadar akan pentingnya hutan bagi kehidupan mereka dibanding sebelumnya, terutama karena manfaat-manfaat yang diberikan hutan, seperti manfaat ekonomi, manfaat bagi lingkungan, dan manfaat hiburan. 

a. Manfaat ekonomi 

Hutan menghasilkan beberapa produk. Kayu gelondongan dapat diolah menjadi kayu, kayu lapis, bantalan kereta api, papan, dan kertas. Rotan dapat digunakan sebagai bahan dasar pembuatan furnitur. Hutan dapat juga menghasilkan minyak dan berbagai produk lainnya. 

Latex dapat digunakan untuk membuat karet, terpentin, berbagai jenis lemak, getah, minyak, dan lilin. Bagi masyarakat pedalaman, binatang dan tanaman hutan menjadi sumber makanan pokok mereka. Tidak seperti sumber alam lainnya, misal batubara, minyak, dan tambang mineral, sumber daya alam yang berasal dari hutan dapat diperbarui walaupun akan memakan waktu yang agak lama, sejauh manusia dapat memperhitungkan pengelolaannya. 

b. Manfaat bagi lingkungan 

Hutan membantu konservasi dan memperbaiki lingkungan hidup dalam berbagai bentuk. Misalnya hutan membantu menahan air hujan, sehingga dapat mencegah terjadinya tanah longsor dan banjir. Air hujan diserap menjadi air tanah yang muncul menjadi mata air bersih yang mengalir membentuk sungai, danau, dan air sumur. 

Tumbuhan hijau membantu memperbaiki lapisan atmosfer dan menghasilkan oksigen yang sangat diperlukan oleh makhluk hidup serta mengambil karbon dioksida dari udara. Jika tumbuhan hijau tidak menghasilkan oksigen lagi, maka bisa dipastikan hampir semua kehidupan akan terhenti. 

Karbon dioksida yang bertambah banyak di atmosfer dapat mengubah iklim di bumi secara drastis. Hutan menjadi tempat tinggal beberapa jenis tanaman dan binatang tertentu yang tidak bisa hidup di tempat lainnya. Tanpa hutan, berbagai tumbuhan dan hewan langka akan musnah.

c. Manfaat hiburan 

Keindahan alam dan kedamaian di dalam hutan dapat menjadi hiburan yang sangat luar biasa dan langka. Mengamati burung atau hewan menjadi kegiatan yang sangat menarik. Beberapa hutan dapat dimanfaatkan untuk berkemah, hiking, dan berburu. Banyak juga orang yang memanfaatkan hutan untuk menikmati suasana dan bersantai di keheningan yang menyertai keindahan alam.
Student Terpelajar
Student Terpelajar Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "Berbagai Jenis Manfaat Hutan"