Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Berbagai Jenis Manfaat Fauna

Kehidupan alam bebas yang terdiri atas berbagai jenis makhluk hidup sangat penting bagi manusia karena memiliki beberapa faktor manfaat. Alam fauna yang begitu beragam pun memberikan banyak manfaat bagi kelangsungan hidup manusia. 

Berbagai Jenis Manfaat Fauna

Di antara manfaatmanfaat yang dapat diperoleh dari keberadaan fauna ini adalah sebagai berikut. 

a. Manfaat ekonomi 

Berbagai spesies fauna menyediakan produk-produk yang sangat bernilai, seperti serat, daging, makanan, kulit, dan bulu. Selain itu tenaga hewan pun dapat dimanfaatkan, misanya untuk membajak sawah dan sebagai sarana transportasi yang tentu saja ekonomis karena tidak menggunakan bahan bakar.

Manfaat ekonomi dari kehidupan alam liar memiliki nilai yang sangat penting bagi beberapa negara. Bagi masyarakat di negara-negara industri, rekreasi melihat binatang di kebun binatang atau ke alam bebas bisa juga menjadi sumber pendapatan. 

b. Manfaat keindahan 

Setiap spesies fauna itu berbeda satu sama lainnya dan hal ini memberikan keindahan bagi alam dengan cara yang berbeda-beda. Sebagian besar manusia merasakan bahwa keindahan alam ini dapat memperkaya kehidupan mereka. 

Seorang pendaki gunung akan merasa lebih senang bila melintasi kawasan gunung yang berhutan dan dihuni oleh binatang-binatang liar seperti Gunung Gede, Gunung Argopuro, dan Gunung Slamet dibandingkan gunung yang gundul tak berhutan seperti Gunung Sumbing, Gunung Sundoro, dan Gunung Merbabu. 

c. Manfaat ilmiah 

Mempelajari kehidupan satwa liar memberikan manusia suatu pengetahuan yang sangat berharga tentang variasi proses kehidupan. Beberapa penelitian tertentu dapat membantu para ilmuwan untuk memahami bagaimana fungsi tubuh manusia dan mengapa manusia bertingkah laku seperti itu. 

Para ilmuwan juga dapat meningkatkan pengetahuan pengobatan dan menemukan obat-obat baru dengan mempelajari kehidupan alam bebas. Dengan mengamati pengaruh-pengaruh polusi lingkungan terhadap kehidupan liar, para ilmuwan menjadi tahu bagaimana pengaruh polusi bagi manusia. 

d. Manfaat bagi kelangsungan hidup 

Setiap spesies memiliki peran dalam membantu menjaga keseimbangan sistem kehidupan di bumi. Sistem-sistem ini harus berfungsi terus-menerus jika kehidupan ingin tetap berlangsung. Sehingga hilangnya beberapa spesies dapat mengancam semua kehidupan, termasuk kehidupan manusia. 

Lebih dari 40 jenis pohon di hutan penyebaran bijinya sangat tergantung pada orangutan. Ular membantu mengendalikan populasi tikus. Burung madu, kupu-kupu dan kumbang membantu penyerbukan bunga.

Student Terpelajar
Student Terpelajar Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "Berbagai Jenis Manfaat Fauna"