Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Program Pengolah Grafis

Oleh karena desain grafis dibagi menjadi beberapa kategori, maka sarana untuk mengolah grafis pun juga berbeda-beda, tergantung pada kebutuhan dan tujuan pembuatan karya.

Program Pengolah Grafis

a. Aplikasi pengolah tata letak (layout) 

Program ini sering digunakan untuk keperluan pembuatan brosur, pamflet, booklet, poster, dan lain yang sejenis. Program ini mampu mengatur penempatan teks dan gambar yang diambil dari program lain (seperti Adobe Photoshop). Di antara yang termasuk dalam kelompok program aplikasi pengolah tata letak adalah Adobe FrameMaker, Adobe InDesign, Adobe PageMaker, Corel Ventura, Microsoft Publisher, Quark Xpress. Berikut adalah sebuah contoh tampilan area kerja Adobe InDesain.

Program Pengolah Grafis

Adobe InDesign merupakan program aplikasi yang digunakan untuk desain layout atau publikasi. Adobe InDesign sering digunakan penerbit majalah, koran, biro cetak, dan biro iklan untuk mendesain produknya. Sebelum Adobe mengeluarkan Adobe InDesign, Adobe telah mengeluarkan Adobe PageMaker yang berfungsi sebagai desain layout juga. Saat ini, Adobe PageMaker telah dihentikan produksinya dan Adobe telah mengeluarkan versi Adobe InDesign CS3 yang lebih powerfull daripada versi sebelumnya maupun Adobe PageMaker

b. Aplikasi pengolah vektor/garis 

Program ini dapat digunakan untuk membuat gambar dalam bentuk vektor/garis sehingga sering disebut sebagai Illustrator Program. Seluruh objek yang dihasilkan berupa kombinasi beberapa garis, baik berupa garis lurus maupun lengkung. Aplikasi yang termasuk dalam kelompok ini adalah Adobe Illustrator, Beneba Canvas, CorelDRAW, Macromedia Freehand, Metacreations Expression, dan Micrografx Designer. Berikut adalah sebuah contoh tampilan area kerja Adobe Illustrator.

Program Pengolah Grafis

Adobe Illustrator merupakan program aplikasi untuk membuat gambar berbasis vektor yaitu objek gambar yang dibentuk melalui kombinasi garis dan titik (dot). Program aplikasi grafis ini masih satu keluarga dengan Adobe Photoshop, yaitu samasama produk Adobe System Incorporated. Program ini belum sepopuler CorelDRAW, namun mulai dilirik oleh para desainer pengolah grafis digital. 

c. Aplikasi pengolah pixel 

Program ini digunakan untuk mengolah gambar atau manipulasi foto (photo retouching). Semua objek yang diolah dalam progam-program tersebut dianggap sebagai kombinasi beberapa titik-titik kecil (pixel) yang memiliki kerapatan dan warna tertentu. 

Gambar dalam foto terbentuk dari beberapa kumpulan titik-titik kecil (pixel) yang memiliki kerapatan dan warna tertentu. Meskipun begitu, program yang termasuk dalam kelompok ini dapat juga mengolah teks dan garis, akan tetapi dianggap sebagai kumpulan titik-titik kecil (pixel). Objek yang diimpor dari program pengolah vektor/ garis, setelah diolah dengan program pengolah pixel secara otomatis akan dikonversikan menjadi bentuk titik-titik kecil (pixel). 

Di antara program aplikasi yang termasuk dalam kelompok ini adalah Adobe Photoshop, Corel PHOTO-PAINT, Microsoft Photo Editor, Macromedia Fireworks, Macromedia Xres, Metacreations Painter, Metacreations Live Picture, Micrografx Picture Publisher, dan Wright Image. Berikut adalah sebuah contoh tampilan area kerja Corel PHOTO-PAINT.

Program Pengolah Grafis

Corel PHOTO-PAINT merupakan program aplikasi olah gambar yang berada di bawah perusahaan Corel Corporation yang masih satu kelompok dengan CorelDRAW. Adapun menu dan tampilannya tidak jauh berbeda dengan CorelDRAW, seperti tampilan Menu Bar, Toolbox, dan Ruler.

d. Aplikasi pengolah film/video 

Program aplikasi kelompok ini dapat dimanfaatkan untuk mengolah film dalam berbagai macam format seperti pemberian judul teks (karaoke, maupun teks terjemahan. Pada umumnya, dalam pemberian efek khusus (special effect) seperti suara ledakan, desingan peluru, ombak, dan lain-lain juga dapat dibuat menggunakan aplikasi ini. 

Adapun yang termasuk dalam kategori program aplikasi ini antara lain Adobe After Effect, Easy Media Creator, Element Premier, Nero Ultra Edition, Pinnacle Studio Plus, Power Director, Show Biz DVD, Ulead Video Studio, dan WinDVD Creator. Berikut adalah sebuah contoh tampilan area kerja Ulead Video Studio.

Program Pengolah Grafis
Ulead Video Studio 7 adalah program video editing untuk rumahan yang kini makin populer. Selain ringan dan mudah digunakan, Video Studio 7 juga tidak memerlukan spesifikasi komputer yang tinggi. Dengan program ini, Anda dapat mengedit video, menambah musik latar, membuat transisi, efek video, hingga transfer video ke dalam VCD atau DVD.

e. Aplikasi pengolah multimedia 

Program yang termasuk dalam kelompok ini biasanya digunakan untuk membuat sebuah karya dalam bentuk multimedia seperti promosi, profil perusahaan, maupun yang sejenisnya dan dikemas dalam bentuk CD (Compact Disk) maupun DVD. Multimedia tersebut dapat berisi film, animasi, teks, gambar, dan suara yang dirancang sedemikian rupa sehingga pesan yang disampaikan lebih interaktif dan menarik. 

Adapun program aplikasi yang termasuk dalam kelompok ini adalah Hyper Studio, Macromedia, Macromedia Authorware, Macromedia Director, Macromedia Flash, Multimedia Builder, dan Ovation Studio Pro. Berikut adalah sebuah contoh tampilan kerja Macromedia Flash.

Program Pengolah Grafis

Macromedia Flash merupakan program pengolah grafis yang didesain khusus untuk membuat animasi dua dimensi yang handal dan ringan sehingga Flash banyak digunakan untuk membangun dan memberikan efek animasi pada website, CD (Compact Disk) interaktif dan yang lainnya. 

Keunggulan yang dimiliki oleh Flash adalah kemampuan untuk menerima sedikit kode pemrograman, baik yang berjalan sendiri untuk mengatur animasi yang ada di dalamnya maupun digunakan untuk berkomunikasi dengan program lain seperti HTML (Hyper Text Markup Language), PHP (Personal Home Pagetools), dan database dengan pendekatan XML (Extensible Markup Language).
Bona Pasogit
Bona Pasogit Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "Program Pengolah Grafis"

close