Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian dan Kategori Desain Grafis

Perangkat lunak pembuat grafis bekerja berdasarkan menu. Menurut Burhan R, menu merupakan daftar perintah yang dikelompokkan berdasarkan fungsi masing-masing perintah. Ada dua bentuk menu yang biasa dipakai dalam berbagai program aplikasi, khususnya CorelDRAW12 yaitu Menu Bar dan Menu Toolbars.

Pengertian dan Kategori Desain Grafis

Menu Bar merupakan tempat meletakkan item-item menu dalam suatu aplikasi yang pada umumnya terletak di bawah judul (heading) aplikasi. Sementara itu, Menu Toolbars adalah lambang-lambang atau ikon pada tampilan layar komputer mewakili suatu fungsi dalam komputer.

Sebelum membahas lebih lanjut tentang menu dan ikon dalam perangkat lunak pembuat grafis, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu tentang pengertian dan kategori desain grafis, program pengolah grafis, mengenal program CorelDRAW 12, dan menjalankan program CorelDRAW 12.

a. Pengertian desain grafis 

Berdasarkan situs http://id.wikipedia.org/, ada beberapa tokoh telah menyatakan pendapatnya tentang pengertian desain grafis. 

1) Menurut Suyanto, 

desain grafis didefinisikan sebagai “aplikasi dari keterampilan seni dan komunikasi untuk kebutuhan bisnis dan industri”. Aplikasi-aplikasi ini dapat meliputi periklanan dan penjualan produk, menciptakan identitas visual untuk institusi, produk dan perusahaan, dan lingkungan grafis, desain informasi, dan secara visual menyempurnakan pesan dalam publikasi. 

2) Menurut Jessica Helfand, 

desain grafis didefinisikan sebagai kombinasi kompleks kata-kata dan gambar, angka-angka dan grafik, foto-foto dan ilustrasi yang membutuhkan pemikiran khusus dari seorang individu yang bisa menggabungkan elemen-eleman ini, sehingga mereka dapat menghasilkan sesuatu yang khusus, sangat berguna, mengejutkan atau subversif atau sesuatu yang mudah diingat. 

3) Menurut Blanchard, 

desain grafis didefinisikan sebagai suatu seni komunikatif yang berhubungan dengan industri, seni dan proses dalam menghasilkan gambaran visual pada segala permukaan. 

Berdasarkan ketiga pendapat para ahli tersebut, dapat dirumuskan bahwa desain grafis adalah salah satu bentuk seni lukis (gambar) terapan yang memberikan kebebasan kepada sang perancang (desainer) untuk memilih, menciptakan, atau mengatur elemen rupa seperti ilustrasi, foto, tulisan, dan garis di atas suatu permukaan dengan tujuan untuk diproduksi dan dikomunikasikan sebagai sebuah pesan. 

Gambar maupun tanda yang digunakan bisa berupa tipografi atau media lainnya seperti gambar atau fotografi. Desain grafis umumnya diterapkan dalam dunia periklanan, perancangan packaging, perfilman, dan lain-lain.

b. Kategori desain grafis 

Secara umum, desain grafis dibedakan menjadi beberapa kategori, antara lain sebagai berikut. 
  1. Printing (percetakan); memuat desain buku, majalah, poster, booklet, leaflet, flyer, pamflet, periklanan, dan publikasi lain yang sejenis. 
  2. Web desain; memuat desain untuk halaman web. 
  3. Identifikasi (logo), EGD (Environmental Graphic Design); memuat desain profesional yang mencakup desain grafis, desain arsitek, desain industri, dan arsitek taman. 
  4. Desain produk, pemaketan dan sejenisnya. 
  5. Film (perfilman); memuat desain film seperti CD, DVD, dan CD multimedia untuk promosi.
Student Terpelajar
Student Terpelajar Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "Pengertian dan Kategori Desain Grafis"