Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mailbox di Kantor Pos dan Mailbox E-Mail

Setelah Anda terhubung ke internet, Anda dapat mengirim atau menerima e-mail. Proses penerimaan e-mail terjadi di dalam kotak surat atau mailbox. Mailbox adalah tempat menyimpan surat-surat penting pada folder atau direktori di komputer masing-masing.

Mailbox di Kantor Pos dan Mailbox E-Mail

a. Mailbox di kantor pos 

Mailbox di kantor pos adalah penyimpanan surat secara fisik. Surat dapat disimpan atau diletakkan di rumah, di jalan, dan di kantor posnya sendiri. Mailbox di kantor pos mempunyai nomor identitas dan password masing-masing. 

User akan mendapatkan user ID dan password pada saat mendaftar. Selain itu, user akan mendapatkan kotak pos yang dipasang atau dipajang di depan kantor pos masing-masing. Setiap kotak pos tertera nomor kotak atau User ID dan kunci yang secara fisik dapat dikatakan password kotak tersebut. Mailbox secara fisik di kantor pos terdiri dari 3 jenis, yaitu yang disebut dengan istilah-istilah berikut. 
  1. Kotak surat, yaitu kotak yang terpasang di depan rumah. 
  2. Bis surat, yaitu kotak yang terpasang di jalan-jalan tertentu. 
  3. Kotak pos, yaitu kotak yang dipasang atau dipajang di depan kantor pos masing-masing. 

b. Mailbox E-Mail atau SurEl (Logic) 

Mailbox e-mail atau SurEl (logic) adalah tempat penyimpanan surat dengan cara mengakses melalui jaringan internet. Untuk mendapatkan User ID dan password, Anda harus melakukan registrasi atau membuat email lewat ISP atau e-mail gratisan. Dengan demikian, Anda dapat memiliki user ID dan password secara otomatis. 

Persamaan antara surat-menyurat melalui pos dan melalui internet adalah keduanya memiliki alamat tujuan surat, isi surat, dan pengirim, sedangkan perbedaannya adalah dari segi keamanan surat e-mail lebih terjamin sebab tidak semua orang dapat membuka surat tersebut, kecuali yang bersangkutan sebab dalam email terdapat account, yaitu user ID dan password. Dengan memiliki user ID maupun password ini memungkinkan kita dapat mengakses pelayanan secara online. 
  1. User ID, berisi identitas yang unik, singkat, dan mudah diingat karena dari sinilah alamat e-mail akan diketahui 
  2. Password, kata sandi yang bersifat rahasia dan menjadi bagian yang penting untuk membuka atau Sign in pada e-mail.
Student Terpelajar
Student Terpelajar Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "Mailbox di Kantor Pos dan Mailbox E-Mail"