Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Macam-Macam E-Mail dan Cara Mendapatkannya

Sesuai dengan namanya, e-mail dikirim secara elektronik. Hal ini menyebabkan e-mail yang kita kirim dapat dicopy dengan mudah sehingga kita dapat mengirimkan file-file yang berupa suatu dokumen atau teks, bahkan gambar yang dapat diterima oleh komputer lain dengan jalur yang terhubung dalam internet. Layanan e-mail terbagi menjadi tiga macam sistem, yaitu sebagai berikut.

Macam-Macam E-Mail dan Cara Mendapatkannya

a. POP (Post Office Protocol) atau SMPT (Simple Mail Transfer Protocol) 

E-Mail POP Mail merupakan e-mail yang diterima melalui Internet Service Provider (ISP) yang menjadi langganan kita. ISP berfungsi sebagai kantor pos yang menampung semua surat-surat yang akan dikirim pelanggannya sebelum diteruskan kepada alamat yang dituju. 

Sistem layanan ini mempunyai keunggulan dalam mengirim dan menerima sebuah surat, yaitu e-mail dapat dibaca dalam kondisi offline (tidak terhubung dengan internet). Dengan metode ini pelanggan akan diuntungkan karena surat akan cepat ditransfer secara local ke ISP sehingga banyak mengurangi waktu onlinenya.

Untuk mengecek e-mail yang masuk dapat dilakukan dengan cara menghubungkan (connect) komputer ke internet, kemudian mendownload e-mail kita dan kemudian memutuskan hubungan ke internet. Setelah kita membuat balasan surat, kita kemudian menghubungkan lagi ke internet dan mengirimkannya. Untuk proses itu kita harus mempunyai program client mail seperti Eudora atau Microsoft Outlook Expres. Kelemahan dari POP Mail ini adalah kita tidak dapat membuka e-mail dari sembarang tempat.

b. Web Based e-mail (layanan e-mail yang pengaksesannya melalui website) 

E-mail berbasis web adalah layanan e-mail yang ditawarkan oleh website-website penyedia jasa layanan e-mail, seperti yahoo, HotMail, BolehMail, LoveMail, Plasa.Com, dan lainnya. Sistem layanan ini memiliki kelebihan, yaitu diberikan secara cuma-cuma atau gratis oleh website yang bersangkutan. Selain itu, kita dapat mengecek e-mail di mana saja tanpa mempedulikan pelanggannya berasal dari ISP tertentu. Layanan e-mail jenis web ini juga memiliki kelemahan, yaitu sebagai berikut. 

  1. Untuk mengecek e-mail, kita harus selalu terhubung (connect) ke internet dan sudah tentu akan menambah jumlah biaya. 
  2. Dalam kecepatan transfer (kirim dan terima) surat sangat bergantung dari bandwith (lebar pita, diartikan sebagai kecepatan transfer data) dari sebuah ISP ke dalam World Wide Web.

c. E-Mail Forwading 

E-Mail forwarding adalah layanan e-mail yang meneruskan e-mail yang diterimanya ke alamat e-mail kita yang lain. E-mail ini bermanfaat bagi orang yang suka berganti-ganti alamat e-mail. Kelebihan e-mail forwarding adalah kita dapat menyembunyikan alamat e-mail yang sesungguhnya. 

Selain itu, bila kita mengganti alamat e-mail, kita tidak perlu memberitahu alamat e-mail yang baru. Kita cukup memberikan alamat e-mail forwardingnya. Kelemahannya adalah dalam mengecek e-mail harus selalu terhubung dengan internet, karena sifatnya hanya sebagai perantara dan harus meneruskan e-mail yang diterima ke alamat yang lain. E-mail ini membutuhkan waktu yang lama untuk sampai ke alamat e-mail yang sesungguhnya.

Macam-Macam E-Mail dan Cara Mendapatkannya
Perbedaan E-mail berbasis Web dan POP-3

Cara mendapatkan e-mail adalah sebagai berikut. 

1) Melalui Penyedia E-Mail Gratis 

Cara ini merupakan cara paling mudah untuk mendapatkan e-mail. Anda tinggal masuk pada situs yang diinginkan, kemudian mengisi formulir pendaftaran dan Anda akan mendapatkan e-mail secara gratis dari situs tersebut. 

2) Melalui ISP (Internet Service Provider) 

Cara ini umumnya disediakan oleh ISP Anda, khususnya pada saat Anda mendaftarkan diri pada ISP tersebut. 

3) Melalui perusahaan 

E-mail ini diberikan oleh perusahaan tempat Anda bekerja, ciri khas dari e-mail ini adalah alamat e-mailnya memiliki identitas dari Perusahaan tersebut. Tentu saja Anda harus terdaftar sebagai bagian dari perusahaan tersebut. 

4) Memesan sendiri 

Cara ini adalah untuk mendapatkan alamat e-mail khusus yang dapat Anda tentukan sendiri, antara lain nama domainnya, identitas, dan fasilitas dari e-mail Anda tersebut. Untuk itu Anda harus memesan domainnya terlebih dahulu. 

Pada saat memesan, otomatis Anda akan membayarnya setiap bulan. E-mail berdasarkan cara pembayarannya dapat dibedakan menjadi dua, yaitu e-mail berlangganan dan e-mail yang gratis. E-Mail berlangganan, yaitu e-mail yang secara otomatis sudah mendapatkan account apabila kita telah terdaftar atau berlangganan ke salah satu provider (ISP). 

Macam-Macam E-Mail dan Cara Mendapatkannya
Daftar situs populer penyedia e-mail

Misalnya Nafisa@ hotmail.net.com, Hadiputra @ wasantara.net.com E-mail gratis, apabila kita berhubungan dengan internet melalui Telkomnet Instan atau melalui jasa warnet, maka kita harus membuat account e-mail ke salah satu provider yang menyediakan e-mail gratis, misalnya ErTe@ yahoo.com, Sasono adi@ plasa.com.

Student Terpelajar
Student Terpelajar Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "Macam-Macam E-Mail dan Cara Mendapatkannya"