Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis Perangkat Lunak Aplikasi Perkantoran

Perangkat lunak aplikasi perkantoran yang umum digunakan di antaranya adalah pengolah kata, pengolah angka, penyimpan data, dan pembuat presentasi. 

a. Perangkat Lunak Pengolah Kata 

Aplikasi pengolah kata, umum digunakan untuk menggantikan tugas pengetikan yang sering dilakukan. Aplikasi ini dapat melakukan format pengetikan seperti penomoran, pengaturan spasi, margin (jarak pinggir kertas), dan jenis huruf (font). Dokumen yang ditulis lebih rapi, jika terjadi kesalahan dapat dikoreksi kembali, dapat disimpan sehingga dapat diambil ketika diperlukan kembali, dan dapat dicetak di atas kertas.

Jenis Perangkat Lunak Aplikasi Perkantoran

Dokumen yang biasa ditulis menggunakan perangkat lunak pengolah kata di antaranya makalah, skripsi, laporan kegiatan, dan surat resmi. Perangkat lunak pengolah kata yang populer saat ini adalah Microsoft Word, Open Office Writer, dan Office.

b. Perangkat Lunak Pengolah Angka 

Pengolah angka biasanya digunakan untuk melakukan perhitungan yang menggunakan tabel (tabulasi). Fungsi standar yang digunakan adalah penjumlahan di suatu range dalam baris atau kolom tertentu. Oleh karena lembar kerjanya berbentuk tabeltabel, perangkat lunak ini juga berfungsi sebagai pembuat tabel.

Jenis Perangkat Lunak Aplikasi Perkantoran

Perangkat lunak ini dapat diaplikasikan pada pekerjaan pengolahan statistik, perhitungan matematis, dan analisis keuangan dan pemasaran. Perangkat lunak angka yang saat ini populer digunakan adalah Microsoft Excel dan Calc pada program Open Source.

c. Perangkat Lunak Penyimpan Data 

Perangkat lunak penyimpan data adalah perangkat lunak aplikasi yang digunakan untuk membantu menyimpan data yang sangat banyak. Misalnya, untuk mendata barang-barang apa saja yang dijual, supermarket mendatanya pada perangkat lunak ini sehingga cepat diakses jika dibutuhkan sewaktuwaktu.

Jenis Perangkat Lunak Aplikasi Perkantoran

Dapat dibayangkan jika penyimpanan data ini dilakukan secara manual, selain data dapat hilang, akan memakan waktu lama saat mencari suatu data yang diperlukan. Perangkat lunak penyimpan data yang banyak digunakan saat ini di antaranya Microsoft Access, SQL Server, MySQL, dan Fox Base.

d. Perangkat Lunak Pembuat Presentasi 

Tujuan melakukan presentasi adalah untuk memaparkan suatu ide atau mengenalkan suatu produk pada publik. Oleh karena itu, dibutuhkan suatu cara agar presentasi yang disajikan dapat dipahami dan diterima. 

Untuk mencapai usaha tersebut, ide atau produk harus berkualitas dan dibutuhkan pula cara penyajian presentasi yang menarik. Oleh sebab itu, biasanya pembicara harus memiliki kemampuan untuk mengemukakan ide-idenya di depan publik. Selain itu, bahan-bahan yang akan dipresentasikan pun harus dikemas semenarik mungkin.

Jenis Perangkat Lunak Aplikasi Perkantoran

Kemajuan ilmu dan teknologi komputer dapat membantu untuk mengemas bahan presentasi tersebut menjadi lebih menarik. Saat ini, dipasaran telah banyak software-software untuk memenuhi kebutuhan tersebut, di antaranya Microsoft Power Point.

Student Terpelajar
Student Terpelajar Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "Jenis Perangkat Lunak Aplikasi Perkantoran"