Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memulai Bisnis Burung Perkutut

Peluang Bisnis Ternak Burung Perkutut – Beberapa tahun belakangan ini penggemar burung perkutut semakin banyak. Jika dulunya burung perkutut hanya didominasi oleh para tetua, namun kini mulai banyak anak muda yang tertarik dengan burung perkutut.

Cara Memulai Bisnis Burung Perkutut

Burung perkutut memang beda dengan burung peliharaan lainnya. Ada banyak hal yang menjadi daya tarik dari perkutut ini. Tentu yang pertama adalah angungannya, selain itu ada katuranggan perkutut dan tentu saja misteri dan mitos perkutut yang menjadi bumbu dalam memelihara perkutut.

Nah, seiring semakin banyaknya peminat perkutut ini, maka bisnis budidaya perkutut semakin menjadi pilihan bisnis yang cukup menjanjikan. Jika Anda ingin menekuni bisnis budidaya perkutut, ada beberapa hal yang harus Anda pahami, simak di bawah ini.

1. Memahami Dengan Benar Ceruk Bisnis Burung Perkutut

Anda harus paham betul cerug di bisnis ini. Artinya Anda harus mengetahui pagsa pasar dari rencana bisnis perkutut Anda. Karena di dalam bisnis perkutut ini setidaknya ada tiga pangsa pasar utama.  Pertama adalah orang yang menyukai perkutut karena anggungannya. Maka jika sasaran Anda seperti itu, Anda harus memiliki perkutut dengan anggungan yang bagus. 

Kedua adalah orang yang menyukai perkutut karena katuranggannya. Jika sasaran Anda seperti itu, maka Anda harus memahami dengan benar berbagai macam katuranggan perkutut dan ciri mathinya. Karena katuranggan perkutut sangat banyak sekali.

Ketiga adalah orang yang menyukai perkutut karena kisah misteri dan mitosnya. Jika sasaran Anda seperti itu, maka Anda harus memahami berbagai macam misteri perkutut termasuk seperti misalnya perkutut berkhodam, perkutut punden, misteri perkutut bunyi malam hari dan lainnya.

2. Mengerti Cara Memelihara Perkutut yang Benar

Selanjutnya adalah, Anda harus memahami dengan baik dan benar bagaimana cara memelihara perkutut. Ini bisa Anda lakukan dengan belajar dan praktik langsung. Sebaiknya Anda mulai dengan memelihara perkutut dalam sekala kecil dulu, dua atau tiga pasang perkutut. 

Anda pelajari dalam beberapa waktu, mulai dari makanannya, karena makanan perkutut itu ada banak jenisnya, Anda sebaiknya bisa memilih makanan perkutut yang bagus. Selain makanan, bagaimana cara menjaga perkutut agar tetap sehat dan fit juga perlu Anda ketahui. Jika bingung, Anda bisa bertanya dan berguru langsung pada senior kung mania agar tidak tersesat.

3. Persiapkan Lahan Dengan Baik

Untuk bisnis budidaya perkutut sekala besar, biasanya memerlukan area yang cukup luas. Karena untuk keperluan penjodohan, untuk anakan dan lainnya. Namun untuk pemula sebaiknya pelan-pelan saja, yang terpenting dipersiapkan jika dibutuhkan perluasan sudah ada lahannya.

Luas lahan sekitar 9 meter persegi untuk pemula sudah sangat cukup. Untuk lahan ini disarankan jangan terlalu tertutup, usahakan tetap ada sinar matahari yang masuk untuk menjaga kesehatan perkutut. Apalagi untuk perkutut anakan, perlu sekali perhatian ekstra untuk menjaga kesehatannya.

4. Lokasi Pemasaran yang Baik

Jangan lupakan pemilihan lokasi pemasaran yang benar. Anda bisa memilih lokasi yang tepat, bisa di pasar hewan, di ruko pinggir jalan atau tempat stategis lainnya. Pemilihan lokasi pemasaran yang strategis akan sangat membantu pemasaran ternak perkutut Anda.

Jika misalnya Anda memilih ruko sebagai tempat pemasaran perkutut Anda, Anda bisa juga memanfaatkannya sebagai tempat beternak juga. Artinya Anda bisa membawa sepasang indukan perkutut di ruko Anda. Dengan catatan tentu dengan pengkondisian ruko yang aman dan nyaman untuk indukan perkutut Anda. Jangan sampai justru di ruko Anda karena terlalu ramai sehingga mengganggu proses ternak perkutut Anda. Jika memang terlalu ramai, sebaiknya indukan perkutut ditempatkan di rumah saja.

5. Alternatif Cara Pemasaran Perkutut

Anda harus jeli dan tanggap dalam memasarkan perkutut Anda. Jangan sampai Anda hanya diam menunggu bola saja. Anda harus aktif jemput bola. Dengan adanya media sosial seperti saat ini, ini sangat memudahkan Anda dalam memasarkan perkutut Anda.

Manfaatkan Facebook, di situ ada banyak sekali grup tentang perkutut yang bisa Anda ikuti. Selain Facebok, Anda juga bisa memanfaatkan kanal Youtube. Buat channel Youtube, bahas tentang perkutut Anda. Selain bisa jualan perkutut, tentu tidak menutup kemungkinan Anda bisa menjadi Youtuber.

Perkutut ini memang burung unik dan menarik jika dirunut ke belakang. Apalagi di kalangan Jawa, perkutut memiliki kedudukan yang cukup “dihormati” sebagai peliharaan. Hal ini salah satunya karena misteri dan mitos burung perkutut yang begitu kental. 

Salah satu mitos dan misteri perkutut yang paling populer adalah misteri perkutut bunyi malam hari. Cerita mitos perkutut tersebut berkisah seputar mistis, perkutut gaib dan lainnya.

Student Terpelajar
Student Terpelajar Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "Cara Memulai Bisnis Burung Perkutut"