Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengetahui Handphone Disadap

Cara Mengetahui Handphone Disadap – Zaman semakin canggih, oleh karena itu tidak heran jika proses penyadapan juga akan semakin mudah. Oleh karena itu, ada baiknya untuk kamu untuk mengetahui apakah handphone kamu sedang dibajak atau tidak.

Karena pada dasarnya, semakin maju teknologi maka keamanan juga semakin sulit didapatkan. Banyak orang yang menjadi lebih mudah dalam melakukan hacking terhadap ponsel orang lain. Anda harus mengerti cara mengetahui handphone disadap agar kamu bisa menghindari peristiwa seperti ini. Lantas, bagaimana caranya?

7 Cara Mengetahui Handphone Disadap

Cara Mengetahui Handphone Disadap

Ada banyak cara yang bisa dilakukan orang untuk menyadap handphone orang lain, salah satunya menyadap WA yang terpasang di ponsel Anda. Berikut beberapa cara mengetahui handphone disadap yang bisa kamu lakukan pengecekan

1. Tidak Bisa Login

Salah satu cara mengetahui handphone disadap adalah tidak bisa melakukan login. Kemungkinan besar, jika ponsel milik kamu dibajak, maka aplikasi chatting seperti WA atau telegram akan keluar dengan sendirinya. nda perlu curiga apabila WA mendadak logout dari HP. Karena kemungkinan besar ada yang sedang memakai nomor ponsel kamu untuk login WA di perangkat yang berbeda. Ada pula kemungkinan bahwa nomor ponsel kamu telah digandakan.

2. Pesan Terbaca Padahal Belum Dibuka

Cara mengetahui handphone disadap selanjutnya adalah adanya pesan yang sudah terbaca, padahal kamu sama sekali belum membuka pesan tersebut. Baik pesan di dalam telegram, line, ataupunn aplikasi chatting lainnya.

Apabila pesan yang kamu miliki telah terbuka padahal kamu belum membacanya sama sekali, maka ada kemungkinan bahwa HP kamu sedang dibajak oleh orang lain. Apalagi ketika kamu belum membuka pesan tetapi notifikasi yang ada tiba-tiba hilang. Jika seperti itu, pasti ada yang sedang membajak HP Anda.

3. Pesan Teks Aneh

Cara mengetahui HP sedang dibajak selanjutnya adalah ketika kamu menerima pesan-pesan aneh. Pesan aneh yang seperti apa? Biasanya pesann yang diterima berisi nomor atau simbol dan karakter acak yang tiba-tiba masuk ke kotak masuk. Biasanya, pesan teks aneh ini berasal dari fitur remote control.

Fitur remote control sendiri biasanya ada di dalam software penyadapan dan software inilah yang mengirimkannya secara otomatis ke dalam HP milikmu. Untuk mencegah penyadapan berlanjut, kamu bisa melakukan factory reset. Tetapi sebelumnya, kamu bisa mencadangkan data terlebih dahulu agar datanya tidak hilang.

4. HP Sulit Dimatikan

Cara mengetahui HP sedang disadap selanjutnya adalah kondisi dimana HP menjadi lebih sulit untuk dimatikan. Jika kamu pernah mengalami hal seperti itu, masa di mana kamu ingin melakukan restart tetapi tidak bisa, maka ada kemungkinan bahwa HP kamu sedang disadap. Biasanya, sulitnya mematikan HP ini diakibatkan adanya aktivitas mengirim informasi dari ponsel kita ke orang yang ketiga.

5. Cek WhatsApp Web

Cara Mengetahui Handphone Disadap

Cara mengetahui handphone dibajak selanjutnya adalah dengan membuka WA melalui fitur WhatsApp Web. Bagaimana caranya? Sangat mudah. kamu hanya perlu mengecek perangkat login WhatsApp web di ponsel. Jika kamu menemukan perangkat yang tidak pernah kamu masuki, berarti whatsapp kamu sedang dibajak oleh orang lain. Cara mencegahnya cukup mudah, yakni dengan langsung melakukan logout pada semua perangkat yang ada di web.

6. Cek dengan Nomor *#21#

Selain dengan cara-cara di atas, kamu juga bisa melakukan pengecekan dengan melakukan pemanggilan ke dalam nomor rahasia. Nomor rahasia yang dimaksud adalah *#21#. Nomor ini dimaksudkan untuk mengecek apakah ponsel yang kamu mengalami pengalihan panggilan atau tidak. Jika Ada tidak pernah mengaktifkan pengalihan panggilan tetapi panggilan kamu tetap dialihkan, ini artinya HP kamu sedang dibajak oleh orang lain.

7. Cek dengan Nomor *#61#

Selain nomor dengan nomor di atas, kamu bisa mengecek apakah handphone kamu sedang dibajak atau tidak dengan menggunakan *#61#. Setelah melakukan panggilan, jika hasilnya Forwading, maka itu artinya ponsel kamu sedang dibajak oleh orang lain.

Cara Lihat Siapa yang Menyadap Smartphone Kamu

Jika kamu sudah memastikan bahwa ponsel kamu sedang disadap oleh orang lain, maka kamu bisa mencoba melacak siapa yang menyadap HP Anda. Bagaimana cara pelacakannya terjadi? Nah, ada kode standar yang ditetapkan yang bisa digunakan untuk mengetahui pelaku pelacakan nomor ponsel Anda. Nah, apa saja kode yang berlaku? Berikut beberapa kode yang bisa kamu gunakan:

Kode Pertama: *#21#

Kode ini sudah dibahas selanjutnya. Melalui kode ini, kamu akan tahu apakah nomor ponsel kamu sedang diteruskan atau tidak. Jika ya, maka ponsel kamu sudah dibajak orang lain.

Kode Kedua: *#62#

Kode ini juga sudah dibahas di atas. Fungsi kode ini sama, yakni mengecek apakah panggilan kamu sedang dialihkan atau tidak.

Kode Ketiga: ##002#

Ini adalah kode apabila panggilan yang kamu lakukan sedang dialihkan. Jika kamu merasa panggilan sedang dialihkan, maka kamu harus cepat memasukkan kode ini.

Kode Keempat: *#06#

Kode ini bisa membantu kamu untuk melacak IMEI ponsel kamu sendiri. Sehingga apabila ponsel kamu sedang dicuri, kamu bisa langsung mengaktifkannya yang akan secara otomatis mengirim lokasi tempat di mana HP kamu berada.

10 Cara Menyadap HP dengan Aplikasi Android yang Mudah

Jika kamu justru ingin menjadi pelaku penyadapan, maka kamu bisa melakukannya dengan mudah. Karena pada masa sekarang, ada banyak banget aplikasi yang bisa kamu manfaatkan untuk membajak HP orang lain. Aplikasi apakah itu? Berikut ringkasannya:

1. Thetruthspy

Aplikasi pertama yang perlu kamu ketahui untuk mengetahui cara menyadap hp dengan aplikasi Android yang mudah adalah Thetruthspay. Tapi, untuk menggunakan aplikasi ini, kamu harus mengakses ponsel yang ingin kamu bajak. Berikut beberapa langkah yang harus kamu lakukan:

  • Download aplikasi Thetruthspy di HP yang akan kamu bajak
  • Buka aplikasi Thetruthspy
  • Pilih menu ‘Register New Account’ untuk mendaftar
  • Lakukan proses pendaftaran
  • Pilih menu ‘Create Account’
  • Pilih ‘Activate’ untuk mengaktifkannya

2. WhatsDog

Aplikasi selanjutnya yang bisa kamu gunakan untuk memata-matai pasangan atauu sahabat kamu adalahh WhatsDog. Biasanya, ini digunakan untuk mengetahui aktivitas WA seseorang. Berikut beberapa cara penggunaannya:

  • Download dan Install WhatsDog
  • Pilih kontak atau masukkan nomor telepon dari WhatsApp yang ingin dipantau
  • Anda akan mendapat notifikasi setiap nomor tersebut online

Beberapa aplikasi lain yang juga bisa kamu gunakan adalah:

  • Google Find My Device
  • SPYMYFONE
  • Trackview
  • Free Android Spy
  • Spyhuman
  • Spyhide
  • Spyzie
  • Spyera
  • Couple Tracker
  • Cell-tracker
  • SMS Tracker
  • Texting, Chat, Phone Spy

Kesimpulan

Tapi, beberapa cara di atas hanya bisa dilakukan untuk hacking pada level yang rendah. Jika proses penyadapan sudah ada pada tingkat tinggi, maka hal-hal di atas tidak bisa dilakukan kecuali kamu mengetahui IT jauh lebih dalam.

Nah, itulah beberapa cara mengetahui handphone disadap. Bagaimana? Cukup beragam dan bermanfaat bukan? Jadi, apakah kamu akan segera mengecek apakah handphone kamu sedang disadap atau tidak? Selain sebagai media tutorial gadget, kami juga berbagi artikel dan panduan seputar teknik komputer dan jaringan.

Bona Pasogit
Bona Pasogit Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "Cara Mengetahui Handphone Disadap"

close