Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Cara Mengatasi Handphone Lemot

Cara mengatasi HandPhone Lemot – Kasus HP Lemot sepertinya sudah biasa terjadi di semua pengguna Android. Beberapa penyebab ponsel lemot adalah:
  • Terlalu banyak aplikasi yang diinstall di dalam ponsel kamu sehingga kehabisan memori dan kinerja ponsel menjadi lebih berat dan lambat
  • Menggunakan RAM sampai hampir melebihi batas
  • Multi tasking dengan terlalu banyak aplikasi yang berjalan
cara mengatasi handphone lemot

Tapi tidak perlu khawatir. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar ponsel yang kamu miliki tidak berjalan dengan lemot. Berikut ulasannya secara lengkap.

1. Membatasi Penyimpanan Banyak Data

mengatasi handphone lemot dengan cara membatasi penyimpanan banyak data

Cara pertama adalah dengan membatasi ruang penyimpanan. Perhatikan memori internal yang kamu miliki, misalnya 32 GB. Maka jangan menginstall terlalu banyak aplikasi yang jarang digunakan. Itu hanya akan membuat ponsel bekerja lebih keras dan berat. Batasi jumlah aplikasi yang kamu install untuk membuat HP tidak lagi lemot.

2. Hanya Gunakan 1 Anti Virus saja

Aplikasi anti virus adalah aplikasi yang terus berjalan di belakang layar. Itu sebabnya aplikasi ini sangat membuat RAM menjadi boros dan akhirnya akan membuat kamu kehabisan RAM. Hal ini pula menjadi salah satu penyebab ponsel menjadi lambat.

cara mengatasi handphone lemot, gunakan 1 antivirus saja dalam satu HP

Untuk mengatasi hal ini, pastikan hanya menginstall 1 saja anti virus terbaik yang mendapat banyak review positif di Play Store. Jangan menginstall lebih dari 1 anti virus. Tapi sebetulnya Anti Virus enggak terlalu penting, jadi lebih baik malah tidak perlu diinstall sekalian.

3. Pakailah Aplikasi Berbayar

cara mengatasi handphone lemot dengan menggunakan apliaksi berbayar

Aplikasi yang gratis memang cenderung lebih menggiurkan. Tapi memiliki beberapa kelemahan seperti:
  • Memiliki batasan dalam mengakses fitur
  • Memiliki banyak iklan
Nah, iklan yang ada di dalam aplikasi gratisan ini akan membuat kinerja ponsel menjadi lebih berat. Oleh karena itu ada baiknya membeli aplikasi agar ponsel yang kamu gunakan tidak menjadi lambat atau lemot.

4. Pastikan Untuk Selalu Melakukan Up Date

cara mengatasi handphone lemot dengan selalu melakukan update pada Ponsel

Cara mengatasi hp lambat selanjutnya adalah memastikan bahwa proses update tetap dilakukan secara rutin. Melakukan update sistem dan update aplikasi secara rutin dapat meningkatkan kinerja dari ponsel itu sendiri. efeknya kerja ponsel menjadi lebih ringan dan cepat.

5. Kurangi Pemakaian Widget

cara mengatasi handphone lemot, jangan terlalu banyak menggunakan widget

Widget memang membantu kamu dalam mempercepat akses menuju aplikasi. Tetapi konsumsi yang digunakan dalam penggunaan widget cenderung lebih besar. Oleh karena itu berhati-hatilah dalam pemilihan widget. Pastikan tidak terlalu banyak yang terpasang di homescreen. Secukupnya saja asal berguna.

6. Hapus Aplikasi yang Tidak Terpakai


cara mengatasi handphone lemot dengan cara hapus apliaksi yang tidak terpakai

Memang terkadang kamu akan tampak sangat membutuhkan sebuah aplikasi. Tetapi ternyata setelah diunduh, kamu tidak butuh-butuh amat pada aplikasi tersebut. Oleh karena itu, hapus aplikasi yang jarang dipakai. Sebab, unduhan aplikasi akan memakan banyak ruang di penyimpanan yang justru berdampak pada loading ponsel yang menjadi lebih lambat.

7. Bersihkan Cache Data

Tempat penyimnanan data aplikasi sementara yang pernah digunakan atau bahkan yang sedang digunakan disebut dengan cache. Dalam beberapa hal, keberadaan cache dapat mempercepat kamu dalam mengakses sebuah situs atau sebuah aplikasi. Tetapi, terlalu banyak cache ternyata berdampak pada kinerja ponsel yang menjadi lebih lambat.

cara mengatasi handphone lemot dengan menghapus cache pada ponsel

Oleh karena itu jangan biarkan cache menumpuk. Hapus cache aplikasi agar hp tidak lemot dengan megikuti tutorial di bawah ini:
  • Pengaturan, lalu pilih bagian aplikasi.
  • Pilih semua dan nanti akan ditampilkan daftar aplikasi, lengkap dengan data cache-nya
  • Setelah itu, tandai aplikasi yang ingin dihapus cachenya dan pilih bersihkan cache.
  • Selesai
Cara mengatasi hp lemot dan panas  cenderung sederhana. Dan hampir semua penyebab ponsel lambat adalah masalah ruang penyimpanan. Untuk itulah kamu perlu menghemat ruang penyimpanan dan menggunakannya dengan baik, agar ponsel kamu tetap berjalan dengan cepat.

Nah, itulah beberapa cara mengatasi handphone lemot yang bisa kamu lakukan. Semoga bermanfaat. Selain sebagai media tutorial gadget, kami juga berbagi artikel dan panduan seputar teknik komputer dan jaringan.
Bona Pasogit
Bona Pasogit Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "7 Cara Mengatasi Handphone Lemot"

close