Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Cara Mengatasi Paket Data Internet XL Tidak Bisa Digunakan 2021

Paket data internet XL tidak bisa digunakan biasanya dikarenakan beberapa penyebab. Bisa karena provider XL nya sendiri mengalamai gangguan. Atau sedang ada gangguan jaringan di lokasi kamu berada. Paket data dari XL memang menjadi salah satu andalan masyarakat indonesia untuk akses ke internet. Karena paket data yang disediakan provider XL cukup menarik perhatian pengguna.

6 Cara Mengatasi Paket Data Internet XL Tidak Bisa Digunakan 2021

Harganya yang murah dan kuota yang banyak merupakan pilihan favorit orang-orang ketika memilih paket data internet. Dan di kartu XL, orang-orang bisa menemukan paket data murah dengan kuota yang lumayan banyak. Apalagi pilihan paket datanya cukup bermacam-macam dan bisa dipilih sesuai kebutuhan penggunanya.

Paket Data Internet XL Tidak Bisa Digunakan

Paket data internet XL normalnya setelah aktif bisa langsung digunakan untuk akses internet. Apalagi jika sudah masuk notifikasi paket data aktif dari XL, Maka perangkat sudah bisa akses internet menggunakan jaringan XL. Tapi beberapa pengguna banyak yang melaporkan bahwa mereka tidak bisa menggunakan paket data internet xl walau paket sudah aktif. Hal ini bisa terjadi karena beberapa penyebab.

Dan tidak hanya XL di beberapa kartu provider lain juga banyak pengguna yang mengalami masalah serupa. Karena masalah ini memang sering terjadi dan bisa terjadi karena beberapa faktor. Paket data XL yang tidak bisa digunakan akan cukup membingungkan pengguna karena pengguna tidak bisa akses ke internet walau kuota data ada.

Cara Mengatasi Paket Data Internet XL Tidak Bisa Digunakan

Ketika kamu mengalami hal ini, Tenang saja. Karena saya ada beberapa cara yang bisa kamu coba ketika paket data internet XL tidak bisa digunakan.

1. Pastikan SIM Sudah Teregistrasi 

Jika kamu baru membeli paket data internet Xl dan menggunakan kartu baru. Wajib untuk registrasi terlebih dahulu menggunakan No Nik Dan No KK. Karena peraturan Kominfo tahun lalu mewajibkan untuk pengguna kartu baru registrasi menggunakan nomer Nik dan nomer KK. Jika tidak maka kamu tidak bisa menggunakan kartu Tersebut dan paket data XL juga tidak bisa digunakan.

2. On Off Data

Coba untuk on off data seluler sampe bisa. Karena kemungkinan memang jaringan sedang gangguan atau bermasalah. kamu bisa mematikan data seluler dan menghidupkannya sampai data internet bisa berjalan.

3. Mode Pesawat

Sobat bisa juga mode pesawat saat paket data internet XL tidak bisa digunakan. Hal ini untuk merubah alamat IP yang dimana saya sendiri sudah sering mengalami hal ini dan cukup dengan mengaktifkan mode pesawat dan kemudian menonakrifkannya lagi. Nantinya paket data XL bisa digunakan.

4. Pastikan Kualitas Sinyal

Saat paket data internet XL tidak bisa digunakan, kamu pastikan dulu apakah sinyal XL hilang atau tidak. kamu bisa cek dibagian signal bar dan jika hilang maka bisa dipastikan penyebab paket data internet XL tidak bisa digunakan karena sinyal hilang.

Karena sinyal cukup penting untuk akses kita ke internet. Jika sinyal hilang maka akses internet kita tidak bisa terhubung. Untuk solusi, Coba kamu pindah tempat ke tempat yang bagus jangkauan sinyalnya.

5. Restart Perangkat

Coba untuk restart perangkat ketika paket data XL tidak bisa digunakan. Terutama untuk kartu yang baru dibeli dan sepaket dengan paket data, Biasanya perlu restart perangkat agar paket data XL bisa digunakan untuk akses internet. Restart perangkat bisa kamu lakukan ketika paket data XL tidak bisa digunakan. Dan tips ini sendiri berdasarkan rekomendasi dari provider XL.

6. Ubah APN

Sobat bisa juga dengan mengubah APN atau Acces Point Name. Dan Acces point name ini cukup berpengaruh pada saat akses internet. Dan jika kamu setting secara asal-asalan bisa-bisa tidak bisa akses ke internet.

Setiap provider akan berbeda untuk pengaturan APN nya. Biasanya akan terisi secara otomatis dan defult. Dan ketika paket data XL tidak bisa digunakan, Coba kamu cek pengaturan APN. Jika berubah kamu bisa coba cara ini untuk mengatur setting APN.
  1. Buka pengaturan.
  2. Masuk bagian jaringan & internet > jaringan seluler.
  3. Pilih Provider XL.
  4. Kemudian masuk ke Acces Point Name.
  5. Lalu kamu ubah ke setelan default.

Kesimpulan

Cara-cara diatas bisa kamu coba ketika paket data internet XL tidak bisa digunakan. Cara diatas menurut saya efektif karena saya sendiri sering mengalami masalah tersebut. Semoga bemanfaat dan masalah ini bisa teratasi. Selain sebagai media tutorial gadget, kami juga berbagi artikel dan panduan seputar teknik komputer dan jaringan.
Bona Pasogit
Bona Pasogit Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "6 Cara Mengatasi Paket Data Internet XL Tidak Bisa Digunakan 2021"

close