Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Cara Mengembalikan Warna Layar HP Samsung

Smartphone buatan Samsung memang tidak diragukan lagi soal kualitasnya. Mengingat Samsung merupakan brand yang besar dan juga memproduksi smartphone dengan kualitas yang sangat baik. Namun di setiap smartphone pasti ada permasalahan kecil didalamnya. Hal ini cukup wajar mengingat tidak ada smartphone yang sempurna dan pasti ada permasalahan kecil didalamnya.

3 Cara Mengembalikan Warna Layar HP Samsung

Permasalahan kecil yang terjadi di HP Samsung yaitu warna layar yang berubah. Hal ini pasti cukup membingungkan bagi pengguna yang tiba-tiba mengalami masalah warna layar yang berubah. Warna layar yang berubah ini biasanya menjadi kekuningan, kemerahan, kecoklatan atau buram. Hal ini bisa jadi karena panel LCD yang bermasalah atau layar Hp samsung yang terkena air sehingga menyebabkan perubahan warna pada layar.

Warna layar yang berubah pasti cukup mengganggu apalagi buat kita yang sering menatap smartphone dengan warna normal dan kemudian berubah warna, Pastinya akan sangat mengganggu kenyamanan kita saat memandang.

Untuk mengembalikan warna layar Hp Samsung ada beberapa metode dan trik, Namun tidak berlaku buat Hp Samsung yang mengalami kerusakan komponen serius yang menyebabkan warna layar berubah. Untuk cara mengembalikan warna layar Hp Samsung sebagai berikut.

Cara Mengembalikan Warna Layar HP Samsung

Ada tiga cara untuk mengembalikan warna layar pada HP Samsung yang berubah menjadi buram, Kemerahan, kekuningan atau kecoklatan. Untuk cata mengembalikan warna layar sebagai berikut :

#1 Kalibrasi Warna

3 Cara Mengembalikan Warna Layar HP Samsung

Kalibrasi Warna sendiri merupakan cara untuk menghidupkan warna agar lebih sesuai dengan pandangan kita. Dengan cara ini maka warna akan terlihat hidup dan juga bisa menjadi solusi untuk warna layar yang tadinya berubah. Untuk cara kalibrasi warna di HP Samsung sebagai berikut :
  1. Buka setelan android
  2. Kemudian klik Tampilan
  3. Pilih Live Display
  4. Lalu pilih opsi Kalibrasi Warna
  5. Lanjut seimbangkan warna menjadi 100-100-100

#2 Atur Live Display

Live Display pada smartphone juga bisa berfungsi untuk mengembalikan warna layar HP Samsung. kamu bisa mengatur warna layar di live display dan untuk caranya sebagai berikut :
  1. Buka setelan smartphone
  2. Lanjut buka bagian tampilan
  3. Klik Live display
  4. Lalu pilih bagian pengaturan suhu warna
  5. Atur siang dan malam sama-sama lebih dari 6000k
Dengan cara berikut maka warna layar samsung yang tadinya kekuningan akan kembali menjadi lebih cerah. kamu juga bisa menyesuaikan lagi jika warna masih kurang pas atau nyaman di mata. Namun perlu diingat bahwa semakin tinggi maka akan semakin biru warna layar.

#3 Menggunakan Aplikasi Bluelight Filter

3 Cara Mengembalikan Warna Layar HP Samsung

Untuk HP Samsung keluaran lama biasanya tidak ada fitur untuk mengatur warna pada layar. Dan solusi untuk mengatasi warna layar yang berubah pada HP Samsung keluaran lama yaitu menggunakan aplikasi pihak ketiga bernama Bluelight Filter.

Aplikasi Bluelight Filter sebenarnya yaitu aplikasi penyaring bluelight pada smartphone. Namun aplikasi ini juga bisa sebagai solusi pada warna layar yang berubah di hp Samsung. Untuk caranya sebagai berikut :
  1. Buka Playstore
  2. Ketik nama aplikasi nya yaitu Bluelight Filter
  3. Kemudian install aplikasinya
  4. Tunggu sampai proses pemasangan selesai
  5. Setelah selesai kamu buka
  6. Dan atur temperaturnya melalui aplikasi
Tiga cara diatas adalah cara biasa atau umum untuk mengembalikan warna layar. Lantas kenapa masalah ini bisa terjadi? untuk penyebabnya sebagai berikut.

Penyebab Warna Layar Pada HP Samsung Berubah

HP Samsung Terkena Air

Jika HP kamu tercebur kedalam air dan kemudian  masih hidup namun warna layar berubah, Maka penyebabnya karena terkena air. Biasanya akan tersisa bercak kuning pada layar ketika sudah kering dan untuk mengatasi hal ini hanya bisa dengan mengganti LCD.

Sistem HP Error

Jika sistem sedang error bisa saja menyebabkan permasalahan kecil pada HP dan contohnya pengatur warna pada layar. Dimana warna pada layar sendiri pada bawaan sudah disesuaikan dengan kenyamanan mata seseorang. Untuk solusinya sendiri kamu perlu mengatur warna secara manual dengan langkah-langkah yang sudah saya berikan diatas.

Mengaktifkan Mode Penghemat Baterai

Mode penghemat baterai didalam smartphone juga bisa mengubah warna menjadi sedikit lebih kekuningan. Hal ini cukup wajar apalagi mode ini bertujuan agar smartphone tidak menguras baterai secara berlebihan dan biasanya pencahayaan juga akan turun. Untuk solusinya cukup mematikan fitur ini maka warna layar akan kembali normal.

Efek Warna Layar HP Samsung Berubah

Warna layar yang berubah pastinya akan membuat kita pusing jika menatap layar smartphone dalam jangka waktu lama. Hal ini karena perubahan warna pada layar yang belum terbiasa kamu lihat. Apalagi jika warna yang berubah sangat mengganggu, Pastinya akan membuat kita tidak nyaman saat menatapnya. Usahakan warna pada layar smartphone menjadi normal atau default agar membuat mata kita nyaman saat menatap layar smartphone.

Penutup

Sekian informasi dari Blog 401xd.com tentang Cara Mengembalikan Warna Layar HP Samsung. Jika kamu masih bingung silahkan hubungi saya via contact us atau berkomentar dibawah agar bisa saya bantu, Terimakasih telah membaca. Selain sebagai media tutorial gadget, kami juga berbagi artikel dan panduan seputar teknik komputer dan jaringan.
Bona Pasogit
Bona Pasogit Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "3 Cara Mengembalikan Warna Layar HP Samsung"

close