Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab Smartphone Yang Panas Berlebih Dan Cara Mengatasinya

Pernah Memegang HP yang tiba-tiba mempunyai suhu yang tidak normal alias Panas Berlebih? Waspadai. Idealnya Smartphone jaman-jaman sekarang beda dengan dahulu dimana Chipset semakin kesini semakin bagus dan kinerjanya yang luar biasa menjadikan smartphone kita tetap dingin walau banyak yang berjalan di HP itu sendiri.

Penyebab Smartphone Yang Panas Berlebih Dan Cara Mengatasinya

Namun sekarangpun masih banyak juga kita temui mau itu punya kita, punya temen-temen kita dimana Smartphone tersebut Panasnya berlebih. Panas berlebih di Smartphone sangat menganggu banget apalagi saat di genggam.

Sebenarnya sih Panas dalam hal perangkat elektronik seperti smartphone kita itu wajar sih TV aja bisa panas apalagi HP ya kan ?. Selama perangkat elektronik itu berjalan maka perangkat tersebut akan mengeluarkan Panas.

Akan tetapi untuk Panas berlebih wajib banget sih,buat cek apa yang menyebabkan HP kita itu Panasnya berlebih. Panas di Smartphonepun beragam dan kebanyakan itu dibagian belakang, Mau dari bawah, atas dan tengah.

Semua pasti ada penyebabnya dan ada solusinya. Dan kamu wajib banget nih dan tidak boleh menganggap sepele masalah seperti ini. Oke lanjut kita mau bahas dulu.

Penyebab Dan Solusi Smartphone Mempunyai Suhu Yang Tinggi 

1. Bermain Game Online Dalam Waktu Yang Lama

Penyebab Smartphone Yang Panas Berlebih Dan Cara Mengatasinya

Buat kamu yang suka bermain Game Online pasti sampai lupa waktu dan bermain Game dalam waktu yang lama. Terutama bermain Game PUBG dimana 1 Matchnya menghabiskan banyak waktu. Bermain game Online membutuhkan daya yang lumayan besar dan kinerja smartphone kita benar-benar dipacu untuk memainkan Game tersebut jadi semakin cepat kinerja yang diperlukan maka akan semakin Panas pula Smartphone kita. Jadi saat bermain game Online jangan lupa waktu ya !.

2. Terlalu Banyak Aplikasi Yang Berjalan Di Smartphone

Penyebab Smartphone Yang Panas Berlebih Dan Cara Mengatasinya

Berjalannya Aplikasi di Smartphone juga pengaruh di Smsrtphone terutama saat membuka banyak sekali Aplikasi dan semua berjalan di waktu yang sama. kecuali jika HP kamu mempunyai RAM yang besar itu tidak masalah. Akan tetapi jika RAM kamu kecil jangan coba-coba membuat banyak aplikasi sekaligus dan semua dalam keadaan Online. Gunakan Aplikasi Greenify untuk mengatasi hal tersebut untuk memberhentikan aplikasi yang berjalan dilatar belakang.

3. Faktor Suhu Ruangan Yang Panas

Penyebab Smartphone Yang Panas Berlebih Dan Cara Mengatasinya

Panas apalagi tiada hujan dan suhu ruangan yang panas disekitar HP juga faktor tersendiri yang membuat HP kita cepet panas. Kamu pasti pernah kan ,saat ruangan panas dan kamu baru memakai Smartphone sebentar tiba-tiba terasa panas banget, Sering kan? Nah solusinya cari Ruangan yang dingin ya karena Faktor Lingkungan itu juga penyebab HP kita cepet panas.

4. Menggunakan Smartphone Sambil Di CAS

Penyebab Smartphone Yang Panas Berlebih Dan Cara Mengatasinya

Sebanarnya tidak masalah sih Sambil ngecharge main HP akan tetapi alangkah baiknya jangan keseringannya ya. Walau gak bikin Baterai HP kamu rusak akan tetapi hal itu tidak kamu lakukan apalagi sambil bermain Game Online. Karena hal tersebut juga bikin Kinerja Smsrtphone kamu menjadi lebih berat dan akan terjadi Panas berlebih dibagian Belakang bawah.

5. Terserang Virus Atau Malware

Penyebab Smartphone Yang Panas Berlebih Dan Cara Mengatasinya

Nah ini adalah Faktor terakhir penyebab HP kamu jadi panas. Walau mimin sendiri belum pernah kena namun Virus disini biasanya berasal dari aplikasi bajakan yang kamu install atau Iklan atau file yang tidak kamu ketahui entah itu file apa tiba-tiba terdownload dan masuk ke penyimpanan. Virus atau Malware yang sudah menjangkit smartphone akan menyebar dan memperbanyak diri sehingga Smartphone kamu melambat dan bikin panas. Solusi segera pasang Aplikasi Penangkal virus yang ada di Playstore dan terjamin kemampuannya dalam menangkal Virus atau Malware.

Penyebab diatas mungkin hanya yang sering saya jumpai dan masih ada penyebab lainnya yang lebih dalam dan bisa kamu sebutkan dikolom komentar. Buat kamu yang suka artikel diatas jangan lupa share dan komentar dibawah ya.

Selain sebagai media tutorial gadget, kami juga berbagi artikel dan panduan seputar teknik komputer dan jaringan.
Bona Pasogit
Bona Pasogit Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "Penyebab Smartphone Yang Panas Berlebih Dan Cara Mengatasinya"

close