Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengaruh Keunggulan Lokasi terhadap Perkembangan Teknologi, Informasi, dan Komunikasi

Pengaruh Keunggulan Lokasi terhadap Perkembangan Teknologi, Informasi, dan Komunikasi - Kamu telah mempelajari pengaruh lokasi terhadap iklim, geostrategis, dan kondisi tanah di Indonesia. Masyarakat Indonesia setiap daerah memiliki keunggulan yang berbeda-beda. Kondisi tanah yang berbeda, menyebabkan kegiatan ekonomi masyarakat juga berbeda. Kondisi tersebut juga menyebabkan terjadinya saling ketergantungan antardaerah. Sebagai contoh perdagangan antar daerah terjadi sejak ribuan tahun yang lalu. Kondisi tersebut berpengaruh terhadap perkembangan teknologi informasi dan komunikasi.

Pengaruh Keunggulan Lokasi terhadap Perkembangan Teknologi, Informasi, dan Komunikasi
Kegiatan tawar menawar dalam jual beli di pasar
Informasi dan komunikasi merupakan hal penting dalam kegiatan interaksi sosial dan ekonomi masyarakat. Sebagai contoh dalam kegiatan jual beli, diperlukan komunikasi antara penjual dan pembeli. Kamu perhatikan lagi gambar 1.29. tentang tawar-menawar dalam kegiatan jual beli di pasar. Keuntungan jual beli secara langsung diantaranya adalah antara penjual dan pembeli dapat bertemu langsung, barang yang diinginkan dapat dilihat secara langsung, pembayaran dapat dilakukan di tempat.

Dalam kegiatan jual beli secara langsung, penjual dan pembeli harus bertemu, barang yang akan dibeli harus tersedia, dan alat pembayaran juga harus sudah disiapkan. Pada masa sekarang, kegiatan jual beli secara langsung telah berkembang dengan berbagai cara. Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi telah menyebabkan revolusi dalam cara berkomunikasi masyarakat di Indonesia.

Kamu tentu sangat mengenal Bandung sebagai salah satu daerah perajin sepatu terkenal di Indonesia. Kamu perhatikan gambar di bawah. promosi sepatu dalam laman internet! Sepatu produksi Bandung terkenal di berbagai wilayah Indonesia. Pada saat ini di antara kamu ada yang tinggal di Papua. Bila kamu ingin membeli sepatu produksi Bandung tidak harus pergi ke Bandung. Kamu dapat membuka internet dan mencari laman (website) perajin sepatu dari Kota Bandung seperti tampak pada gambar 1.30. Kamu dapat melihat model sepatu, warna, dan ukuran yang cocok. Apabila kamu sudah menemukan, kamu langsung dapat memesan dan membayar melalui internet banking. Dalam hitungan hari, sepatu yang kamu pesan sudah sampai di rumahmu. Dengan menggunakan cara seperti itu tentu jauh lebih efisien, dibandingkan jika kamu harus membeli langsung ke Bandung

Pengaruh Keunggulan Lokasi terhadap Perkembangan Teknologi, Informasi, dan Komunikasi
Menjual kerajinan sepatu dapat dilakukan melalui media internet

Kegiatan jual beli melalui internet seperti itu merupakan salah satu pengaruh perkembangan teknologi komunikasi dan informasi saat ini. Perkembangan teknologi komunikasi dan informasi pada saat ini telah memperpendek jarak dan mempercepat waktu dalam kegiatan masyarakat. Jual beli yang pada masa lalu dilakukan secara langsung, pada saat ini dapat dilakukan melalui berbagai media internet.

Teknologi informasi yang berkembang saat ini telah memperlancar kegiatan komunikasi dan mobilitas barang dan jasa secara cepat. Akses pengiriman dan penerimaan data melalui jaringan internet telah mampu mengubah gaya hidup masyarakat. Berbagai kemudahan dapat diperoleh masyarakat untuk melakukan komunikasi dan transaksi melalui kemajuan teknologi informasi. Namun demikian, kemajuan teknologi informasi dan komunikasi juga membawa perubahan negatif dalam kehidupan masyarakat. Pengaruh positif dan negatif tersebut terjadi pada berbagai bidang kehidupan masyarakat.

Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi telah berpengaruh besar bagi bangsa Indonesia. Di sisi lain, berbagai ancaman harus selalu diwaspadai bagi bangsa Indonesia. Beberapa ancaman yang perlu diperhatikan adalah sebagai berikut.

1. Lunturnya nilai-nilai agama dan budaya 

Dalam uraian di atas telah dijelaskan berbagai dampak positif pengaruh perkembangan teknologi dan informasi terhadap nilai-nilai agama dan budaya. Namun perkembangan teknologi dan informasi juga menyebabkan lunturnya nilainilai agama dan budaya. Misalnya jaringan internet juga menyebabkan lunturnya nilai-nilai agama dan budaya.

Berbagai data berupa gambar dan film yang berbau pornografi menjadi salah satu penyebab lunturnya nilai-nilai agama dan budaya. Budaya Barat negatif seperti budaya suka bersenang-senang (hedonisme), kehidupan bebas, dan ateisme, ternyata sangat mempengaruhi kehidupan masyarakat Indonesia di berbagai daerah. Walaupun Indonesia yang terdiri atas ribuan pulau, dengan lokasi yang saling berjauhan, namun berbagai informasi tersebut sangat mudah diakses/diperoleh berkat kemajuan teknologi informasi.

2. Kriminalitas 

Kejahatan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi terjadi setiap hari di Indonesia. Kriminalitas melalui jaringan telepon terjadi baik telepon kabel maupun telepon seluler. Kriminalitas melalui jaringan telepon umumnya dilakukan dalam bentuk penipuan. Kamu harus hati-hati ketika ditelepon orang yang belum kamu kenal. Demikian halnya apabila ada telepon yang mengaku kenalanmu, kamu harus mengecek apakah kamu benar-benar berkomunikasi dengan orang yang kamu maksud. Para penjahat semakin canggih dalam cara-cara mengelabuhi masyarakat melalui percakapan telepon.

Kejahatan melalui dunia maya atau sering disebut cybercrime, semakin marak ditemukan di berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia. Modus kriminalitas ini dilakukan terutama dalam bentuk penipuan dan pencurian. Cara pembayaran melalui kartu kredit memudahkan terjadinya transaksi melalui dunia maya. Apabila tidak berhati-hati, masyarakat dapat tertipu oleh penjahat internet tersebut.

Saat ini masyarakat mulai terbiasa dengan belanja melalui internet seperti tampak pada gambar dibawah. Mereka dapat memilih barang-barang belanjaan yang dikehendaki, lalu membayar lewat internet, dan tinggal menunggu kiriman barang. Kegiatan jual beli seperti itu kadang dimanfaatkan para penjahat dengan melakukan kegiatan jual beli palsu. Mereka seolah-olah menjual produk terkenal dengan harga sangat murah. Setelah dipilih dan dibayar oleh konsumen, ternyata barang tidak pernah datang. Untuk itu, kamu perlu berhati-hati dalam jual beli lewat dunia maya. Yakinkan bahwa penjual atau pembeli yang kamu temui bukan penjahat.

Pengaruh Keunggulan Lokasi terhadap Perkembangan Teknologi, Informasi, dan Komunikasi
Pembelian tiket pesawat dapat dilakukan lewat internet, kalian harus hatihati bertransaksi di dunia maya
Kriminalitas lain dalam dunia maya adalah terjadinya perjudian. Perjudian melalui dunia maya pelakunya sulit ditangkap, karena mereka biasanya tidak menunjukkan identitas aslinya. Namun demikian bukan berarti perjudian di internet tidak dapat diberantas. Dengan kemajuan teknologi, siapapun yang masuk dalam jaringan internet dapat ditelusuri oleh kepolisian.

Penipuan melalui internet juga marak terjadi pada masyarakat. Jejaring sosial yang tersedia pada laman internet sering digunakan untuk berkenalan dan berkomunikasi antar masyarakat. Namun laman tersebut juga berpotensi sebagai ajang negatif seperti penipuan. Kamu perlu hati-hati berkenalan dalam jejaring sosial, agar tidak dapat tertipu oleh penjahat.

3. Keamanan dan Perpecahan 

Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi telah mempermudah interaksi antar masyarakat Indonesia. Suatu peristiwa yang terjadi pada suatu tempat dengan cepat dapat menyebar beritanya ke berbagai lokasi. Sebagai contoh peristiwa perkelahian antar masyarakat, sangat mudah berkembang menjadi perkelahian antar kelompok, bahkan antar etnis. Perkelahian yang sebenarnya disebabkan oleh masalah yang sepele, kemudian bisa saja diberitakan dengan dibumbui cerita yang tidak benar. Akhirnya masyarakat terpancing emosinya dan pecah perkelahian antar kelompok. Kamu harus selalu hati-hati menerima kabar melalui telepon maupun internet. Kamu harus selalu bijak dalam melihat suatu permasalahan. 

Pengaruh Keunggulan Lokasi terhadap Perkembangan Teknologi, Informasi, dan Komunikasi
Penemu Komputer
Salah satu kunci keberhasilan abad XXI adalah penguasaan teknologi informasi dan komunikasi. Karena itu kamu harus selalu mempelajari perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Indonesia harus selalu unggul dalam pengembangan teknologi informasi dan komunikasi. Salah satu cara untuk memenangkan penguasaan teknologi informasi dan komunikasi adalah kemajuan ilmu. Karena itu kamu harus belajar giat dan sekolah setinggi-tingginya agar mampu membawa Indonesia unggul dalam penguasaan teknologi informasi dan komunikasi.
Bona Pasogit
Bona Pasogit Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "Pengaruh Keunggulan Lokasi terhadap Perkembangan Teknologi, Informasi, dan Komunikasi"

close