Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Mail Server

Pengertian Mail Server - Mail server adalah aplikasi yang digunakan untuk mengirimkan e-mail. Sesuai dengan namanya sever mail yang merupakan pusan kendali e-mail, mail server senantiasa menerima pesan dari e-mail client yang berasal dari client, atau bahkan dari server email lain. Mail server biasanya dikelola oleh seorang yang biasanya dipanggil postmaster. Tugas dari postmaster adalah mengelola account, memonitor kinerja server, dan tugas administratif lainnya.

Pengertian Server Mail
Server Email
Proses pengiriman e-mail malalui tahapan yang sedikit panjang. Saat e-mail di kirim, maka e-mail tersebut disimpan pada mail server menjadi satu file berdasarkan tujuan e-mail. File ini berisi informasi sumber dan tujuan, serta dilengkapi tanggal dan waktu pengiriman. Pada saat pengguna membaca e-mail berarti pengguna telah mengakses server e-mail dan membaca file yang tersimpan dalam server yang di tampilkan melalui browser pengguna.

Pada mail server terdapat dua server yang berbeda yaitu incoming dan outgoing server. Server yang biasa menangani outgoing e-mail adalah server SMTP(Simple Mail Transfer Protocol) pada port 25 sedangkan untuk menangani e-mail adalah POP3(Post Office Protocol) pada port 110. Saat e-mail dikirim maka akan langsung ditangani oleh SMTP server dan akan dikiriM ke SMTP tujuan, baik secara langsung maupun melalui beberapa SMTP server yang ada pada jalur tujuannya. Apabila server terkoneksi ke jaringan maka pesan akan langsung di kirim, tapi apa bila server tidak terkoneksi ke jaringan maka pesan akan dimasukkan ke dalam queue dan di resend setiap 15 menit. Apabila dalam 5 hari server tidak juga terkoneksi jaringan maka akan muncul pemberitahuan undeliver notice ke inbox pengirim.

Pengertian Server Mail
Alur Kerja Server Email

Apabila e-mail terkirim maka akan masuk pada POP3 server atau IMAP server. Jika menggunakan POP3 server pengguna akan membaca file pesan maka komputer pengguna akan mendownload file pesan dari server sehingga file tersebun hanya akan ada pada komputer pengguna tersebut. Sehingga pengguna dapat membaca pesan yang telah di download tersebut. Berbeda dengan IMAP server yang mempertahankan e-mail pada server sehigga e-mail dapat di buka kembali pada device yang berbeda.

Sebuah email klien, atau pembaca email, atau secara lebih formal disebua Mail Pengguna Agent (MUA), adalah sebuah program komputer yang digunakan untuk memanajemen email pengguna. Istilah email client dapat merujuk pada sistem apa saja yang dapat digunakan untuk mengakses mailbox email pengguna, tak peduli dia merupakan sebuah agen email pengguna, sebuah relaying server, atau sebuah pengetikan manual di terminal. Sebagai tambahan, suatu aplikasi web yang menyediakan fungsi manajemen, pembuat dan penerimaan email seringkali juga dianggap sebagai email client, tetapi secara umum disebut sebagai webmail. 

Bona Pasogit
Bona Pasogit Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "Pengertian Mail Server"

close