Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Desain MAN Empat Non-Overlapping channel

Desain MAN Empat Non-Overlapping channel - Menggunakan 4 channel yang berbeda merupakan ciri khas dari susunan cell ini, susunan sell tidak menggunakan bentuk jangkauan segi-enam seperti bahasan sebelumnya, tetapi sudah menggunkan persegi-empat. Karena Bentuknya persegi empat maka tiap antena tidak meng-cover 120 derejat lagi, tetapi 90derajat saja.

Desain MAN Empat Non-Overlapping channel

MAN adalah Suatu jaringan yang meng-cover sebuah kota . Pada awalnya rangkaian MAN dihubungkan dengan menggunkan Kabel LAN untuk menghubungkan kantor yang satu ke kantor cabang yang lainnya yang jaraknya beberapa KM, dengan hadirnya WIMAX maka pengguna layanan internet semakin tertarik pada Wireless yang berskala MAN. Peralatan pre-Wimax(IEEE 802.16) merupakan suatu perangkat yang didesain khusus untuk wireless bersekala MAN. 

Sama halnya dengan susuanan sectoral, tower diletakkan pada sudut dalam sell, tetapi tentunya pada susunan ini tidak digunakan segi-enam sebagai wilayah cakupannya karena sudah menggunakan 4 channel pada satu tower. Channel yang digunakan pada susunan ini adalah channel 2412 MHz, channel 2432 MHz, channel 2452 MHz, dan channel 2472MHz. Karena menggunkan 4 channel yang berbeda tetapi masih dalam batasan 2412 MHz hingga 2477MHz maka pada susunan ini akan terjadi sedikit interferensi. Jarak jangkauan sama saja halnya dengan jarak jangkauan pada susunan sebelumnya yaitu 6 hingga 8 km,tetapi dengan konfigurasi yang berbeda pula.

Desain MAN Empat Non-Overlapping channel

Dapat anda lihat, jika didsusun seperti diatas, maka jangkauan wilayah yang dapat dijangkau akan semakin jauh lebih besar lagi daripada sebelumnya, hanya dengan 3 buah tower(yang masing - masing tower dipasang 4 channel yang berbeda) mampu meng-cover 3x4 atau dua belas sell. Melihat hal ini sudah tentu jumlah nodenya juga akan betambah , jumlah komputer yang dapat dilayani juga akan bertambah tetapi tidak menambah jumlah tower, tentu saja dengan penambahan channel frekuensi menjadi 4 jenis channel yang berbeda.

Memasukkan Sambungan Point to Point (P2P) 

Dengan khasus menggunakan banyak tower kita membutuhkan sambungan antara tiap tower, yaitu sambungan yang sering dikenal dengan POINT to POINT, Salah satu Syarat sambungan point to point yaitu, sambungan wajib bekerja pada frekuensi yang sama dan bekerja dalam suatu wilayah.Sambungan Point- to point biasanya menggunakan antena Omni dan sectoral(jadi gabungannya), Channel yang digunakan pada : 

  • Tiga non - overlapping channel 
  • Channel 3 yaitu pada frekuensi 2422MHz 
  • Channel 8 yaitu pada frekuensi 2447MHz 
  • Empat non- overlapping channel 
  • Channel 3 yaitu pada frekuensi 2422MHz 
  • Channel 7 yaitu pada frekuensi 2442MHz 
  • Channel 11 yaitu pada frekuensi 2462MHz 
Sambungan Point to Point (P2P) 
Pada gambar diatas adalah contoh penggunaan sambuangan Point to poin dan point to multi point. 

Keuntungan MAN: 

  1. Server kantor pusat dapat berfungsi sebagai pusat data dari kantor cabang. 
  2. Transaksi yang Real-Time (data di server pusat diupdate saat itu juga, contoh ATM Bank unluk wilayah nasional) 
  3. Komunikasi antar kantor bisa menggunakan e-mail, chatting 
  4. dan Video Conference (ViCon). 
Desain MAN Empat Non-Overlapping channel
Sambungan Point to Point (P2P) Jaringan MAN

Kerugian MAN: 

  1. Biaya operasional mahal. 
  2. Instalasi infrastrukturnya tidak mudah. 
  3. Rumit jika terjadi trouble jaringan (network trouble shoot) 

Student Terpelajar
Student Terpelajar Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "Desain MAN Empat Non-Overlapping channel "