Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pencemaran Udara : Macam - macam, Faktor Penyebab dan Dampak Pencemaran Udara

Pencemaran udara adalah kondisi dimana kualitas udara menjadi rusak karena terkontaminasi oleh zat - zat yang membahayakan manusia, hewan, dan tumbuhan. Pencemaran udara disebabkan oleh adanya zat kimia dalam lingkungan yang melebihi ambang batas yang ditentukan. Pada keadaan normal zat - zat kimia dalam udara masih baik kita hidup. Namun jika melebihi ambang batas yang ditentukan udara yang kita hirup akan membahayakan tubuh kita. Pencemaran udara biasanya terjadi di kota - kota besar dan juga daerah padat industri.

1. Macam - macam Pencemaran Udara

Pencemaran udara dibedakan menjadi pencemaran udara primer dan pencemaran udara sekunder, Nah untuk lebih jelasnya perhatikan uraian berikut :
  1. Pencemaran udara primer ini disebabkan langsung dari sumber pencemar. Contohnya peningkatan kadar karbondioksida yang disebabkan oleh aktivitas pembakaran oleh manusia.
  2. Pencemaran udara sekunder terjadi disebabkan oleh reaksi antara substansi - substansi pencemar udara primer yang terjadi di atmosfer. Misalnya, pembentukan ozon yang terjadi dari reaksi kimia partikel - partikel yang mengandung oksigen di udara.

2. Faktor Penyebab Pencemeran Udara

a. Aktivitas Alam

Aktivitas alam yang dapat menyebabkan pencemaran udara di antaranya kotoran - kotoran yang dihasilkan oleh hewan ternak mengandung senyawa metana yang dapat meningkatkan suhu Bumi dan akibatnya terjadi pemanasan global. Selain itu, bencana alam seperti meletusnya gunung berapi dapat menghasilkan abu vulkanik yang mencemari udara sekitar yang berbahaya bagi kesehatan manusia dan tanaman. Kebekaran hutan yang terjadi akan menghasilkan karbon dioksida dalam jumlah banyak yang dapat mencemari udara dan berbahaya bagi kesehatan hewan dan manusia.

b. Aktivitas Manusia 

Faktor penyebab pencemaran udara akibat aktivitas manusia di antaranya pembakaran sampah, asap - asap industri, asap rokok, senyawa kimia buangan seperti CFC, dan lain - lain.

3. Dampak Pencemaran Udara

  1. Terganggunya kesehatan manusia, seperti batuk dan penyakit pernapasan.
  2. Rusaknya bangunan karena pelapukan, korosi/karat pada logam, dan memudarnya warna cat.
  3. Terganggunya pertumbuhan tanaman, seperti menguningnya daun atau kerdilnya tanaman akibat konsentrasi SO2 yang tinggi atau gas yang bersifat asam (efek hujan asam).
  4. Adanya peristiwa efek rumah kaca (green house effect) yang dapat menaikkan suhu udara secara global serta dapat mengubah pola iklim Bumi dan mencairkan es di kutub. Hal ini sering disebut pemanasan global.

Student Terpelajar
Student Terpelajar Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "Pencemaran Udara : Macam - macam, Faktor Penyebab dan Dampak Pencemaran Udara"