Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pencemaran Air : Faktor Penyebab, Dampak dan Cara Penanggulangan Pencemaran Air

Pencemaran air adalah suatu perubahan keadaan di suatu tempat penampungan air seperti danau, sungai, lautan dan air tanah akibat manusia. Air merupakan zat pelaut yang baik, sehingga air di alam tidak pernah murni karena mengandung berbagai zat terlarut, zat tidak terlarut, maupun mikroorganisme. Jika kandungan berbagai zat tersebut ambang batas yang diperbolehkan maka air dikatakan tercemar. Pencemaran air adalah masuknya zat atau komponen lainnya ke dalam lingkungan perairan sehingga kualitas air terganggu.

1. Faktor Penyebab Pencemaran Air

a. Limbah Rumah Tangga

Limbah rumah tangga berupa berbagai bahan organik (misal sisa sayur, ikan, nasi, minyak, lemak, air buangan manusia), atau bahan anorganik misalnya plastik, aluminium dan botol. Limbah rumah tangga yang dibuang ke sungai atau selokan menyebabkan sungai atau selokan menjadi kotor, dangkal bahkan tersumbat sehingga menyebabkan banjir. 

b. Limbah Pertanian

Limbah pertanian dihasilkan oleh kegiatan pertanian. Limbah pertanian misalnya pupuk dan pestisida. 
  1. Pupuk yang digunakan dalam pertanian dapat menyebabkan eutrofikasi (proses memperkaya air dengan zat makanan oleh unsur pupuk). Hal ini menyebabkan pertumbuhan tanaman air juga gulma menjadi sangat cepat.
  2. Penggunaan pestisida untuk memberantas hama dapt pula menimbulkan kematian beberapa mahluk hidup yang hidup di dalam air.

c. Limbah Industri 

Kegiatan industri bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan manusia, namun demikian kegiatan indrustri juga menjadi penyebab terjadinya pencemaran air. Limbah yang mengandung zak kimia dapat menimbulkan pencemaran air. Hasil sampingan industri yang mengandung logam - logam berat mencemari perairan dan berbahaya bagi manusia apabila masuk ke dalam tubuh. Penggunaan air untuk pendingin pada pabrik - pabrik yang diambil dari sungai dan danau dibuang kembali ke sungai atau danau berupa air yang panas menyebabkan kenaikan suhu air. Hal ini akan memengaruhi kehidupan dalam sungai dan danau sebab beberapa tumbuhan dan hewan ada yang tidak dapat bertahan hidup dengan kenaikan suhu air.

2. Dampak Pencemaran Air

  • Terganggunya kehidupan organisme air karen berkurangnya kandungan oksigen
  • Terjadinya ledakan populasi ganggang dan tumbuhan air (eutrofikasi) yang dapat berakibat kurang oksigen di perairan yang dapat membunuh biota perairan dan terjadinya pendangkalan dasar perairan
  • Menjalarnya wabah penyakit karena air yang kotor menjadi sumber penyakit, diantaranya muntahber

3. Cara Penanggulangan Pencemaran Air

  • Limbah cair industri tidak boleh dibuang langsung ke lingkungan, tetapi harus diolah dulu di unit pengolahan limbah. Setelah memenuhi persyaratan tertentu, limbah baru boleh dibuang ke alam
  • Penyuluhan dan pengawasan penggunaan pupuk pada lahan pertanian agar dilakukan secara efisien 
  • Pengawasan terhadap batas minimal kandungan fosfat dalam detergen atau bahan pencuci dalam rumah tangga
Student Terpelajar
Student Terpelajar Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "Pencemaran Air : Faktor Penyebab, Dampak dan Cara Penanggulangan Pencemaran Air"