Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pencemaran Tanah : Faktor Penyebab, Dampak dan Cara Penanggulangan Pencemaran Tanah

Pencemaran tanah dapat disebabkan oleh limbah rumah tangga, limbah pertanian, dan limbah industri. Limbah rumah tangga berasal dari pemukiman penduduk, pasar, hotel dan lain - lain. Limbah rumah tangga misalnya plastik, botol plastik, detergen, oli, dan lain - lain. Limbah - limbah tersebut jika teresap ke dalam tanah akan merusak kandungan air tanah dan bahkan dapat membunuh mikroorganisme yang ada dalam tanah.

1. Faktor Penyebab Pencemaran Tanah

  • Sampah - sampah plastik yang sukar hancur, botol, karet sintesis, pecahan kaca, dan kaleng
  • Detergen yang bersifat non biodegradable (secara alami sulit diuraikan)
  • Zat kimia dan buangan pertanian, misalnya insektisida
Setiap hari, aktivitas manusia menghasilkan sampah, sehingga sampah yang berkumpul dalam sehari dapat mencapai berjuta - juta ton. Sebagian sampah, terutama sampah organik dapat dihancurkan menjadi tanah atas jasa organisme saprofit dan pengurai. Namun sebagian lagi tidak dapat diuraikan seperti pestisida, sisa oli mesin, detergen, karet, kaleng, kaca, plastik, dan zat - zat lain yang sulit terurai secara alami. Bahan bahan tersebut menetap di lingkungan sehingga menjadi bahan pencemar pada tanah.

2. Dampak Pencemaran Tanah

  1. Menurunnya tingkat kesuburan tanah akibat buangan sampah plastik, pecahan kaca, logam, dan karet, sulit diuraikan oleh organisme dekomposter dalam tanah.
  2. Matinya organisme pengurai tanah akibat pembungan limbah detergen dan reisdu pestisida dalam tanah.
  3. Menurutnya produktivitas tanah karena terkikisnya lapisan humus dari permukaan tanah. Perubahan pH tanah akibat adanya deposit senyawa asam yang berasal dari hujan asam. Adapun perubahan keasaman tanah ini akan berpengaruh buruk terhadapnya peneyrapan hara dari tanah oleh tanaman.

3. Cara Penanggulangan Pencemaran Tanah

  1. Membuang sampah pada tempatnya
  2. Penggunaan pestisida sesuai dengan aturan
  3. Mendaur ulang sampah - sampah yang masih berpotensi untuk dimanfaatkan. Misalnya sampah kertas, plastik, dan logam, dapat didaur ulang untuk dicetak menjadi bahan baru. Sampah organik dapat dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan kompos dan gas bio.
  4. Memisahkan sampah yang mudah terurai dan yang sulit terurai
  5. Menghindari penebangan hutan secara liar

Student Terpelajar
Student Terpelajar Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "Pencemaran Tanah : Faktor Penyebab, Dampak dan Cara Penanggulangan Pencemaran Tanah"