Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jaringan - Jaringan pada Hewan dan Tumbuhan

Pada mahluk hidup bersel banyak, seperti manusia, hewan, dan tumbuhan, tubuhnya tersusun dari sel - sel. Sekumpulan sel yang memiliki bentuk, susunan, dan fungsi yang sama akan membentuk kesatuan sel - sel yang disebut jaringan.


1. Jaringan Pada Hewan dan Manusia


Jaringan yang terdapat pada hewan dan manusia, diantaranya sebagai berikut :

a. Jaringan epitel, yaitu jaringan penutup seluruh permukaan tubuh. Fungsi jaringan epitel adalah sebagai pelindung tubuh.

b. Jaringan otot, tersusun atas sel - sel otot yang berbentuk langsing memanjang. Jaringan otot dibedakan menjadi 3 yaitu :
  • jaringan otot rangka atau otot lurik.
  • jaringan otot polos
  • jaringan otot jantung
Fungsi dari jaringan otot adalah sebagai alat gerak aktif

c. Jaringan Saraf, tersusun atas sel - sel saraf atau neuron. Sel - sel saraf berfungsi menerima dan menghantarkan rangsangan.

d. Jaringan penyokong, tersusun atas jaringan yang sel - selnya tersusun longgar. Jaringan penyokong ini dibedakan menjadi 5 macam sesuai dengan fungsinya, yaitu :
  • jaringan tulang rawan
  • jaringan ikat
  • jaringan tulang keras
  • jaringan lemak (adiposa) 
  • jaringan darah

2. Jaringan Pada Tumbuhan


Jaringan yang terdapat pada tumbuhan, di antaranya sebagai berikut :
  1. Jaringan meristem, adalah jaringan muda yang sel - selnya selalu membelah. Jaringan ini terhadap pada ujung akar, ujung batang dan kambium. 
  2. Jaringan pelindu (dermal), tersusun atas sel - sel epidermis yang tersusun rapat. Jaringan ini menutup seluruh permukaan tubuh tumbuhan.
  3. Jaringan pengangkut, berupa : Jaringan xilem (pembuluh kayu) yang berfungsi untuk mengangkut air dan garam mineral dari akar ke daun. Jaringan floem (pembuluh tapis) yang berfungsi untuk mengangkut hasil fotosintesis dari daun ke seluruh bagian tubuh tumbuhan.
  4. Jaringan Dasar (parenkim), adalah jaringan yang mengisi ruang di antara jaringan - jaringan yang lain. Jaringan ini berperan penting untuk menyimpan zat makanan dan tempat terjadinya fotosintesis dan sebagai penyokong.
Student Terpelajar
Student Terpelajar Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "Jaringan - Jaringan pada Hewan dan Tumbuhan"