Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Agar Tidak Boring Dalam Presentasi

Hallo sobat wow gimana nih kuliahnya? Serukan pada semester ini? Nah pada edisi kali ini gue bakal bahas tentang tips presentasi agar tidak boring didalam kelas (forum).

Presentasi merupakan hal wajib yang sering sekali dilakukan oleh mahasiswa di perguruan tinggi. Didalam presentasi ada banyak kasus yang sering sekali kita jumpai. Misalkan audience pada malas mendengarkan, ngantuk, ngomong sendiri bahkan yang lebih parahnya audience sampai tertidur pulas karena mendengarkan presentasi kita. Kan parah tuh sobat wow.
Presentasi ini biasanya memiliki nilai yang sangat berpengaruh sekali bagi nilai akhir kita. Sedikit curhat nih sobat wow, pada semester lalu gue ngerasain sendiri ada satu mata kuliah yang presentase nilai presentasinya sampai 60% sendiri bisa sobat wow bayangkan nilai segitu udah dapat B loh tanpa harus masuk kuliah.
Tetapi karena gue tidak terlalu pintar dalam mata kuliah itu tapi ya terpaksa gue hanya mampu bertahan di nilai AB. Oke gak masalah sih. Elah dalah kok malah curhat. Oke langsung saja gue kasih tips presentasi agar tidak boring didalam kelas:
1.  Meringkas Materi yang akan disampaikan
Tips pertama dari gue. Mempersingkat materi yang akan disampaikan. Menjadi mahasiswa haruslah memiliki jiwa yang kreatif, oleh sebab itu jangan sampai ketika sobat wow presentasi sobat wow hanya mengandalkan teks materi yang banyak, tetapi presentasi yang baik itu ialah presentasi yang sedikit tetapi langsung keinti pokok kasusnya (permasalhannya).
Gue pernah ngalami sendiri ketika itu gue belum masuk broadcasting, disini gue mau cerita pada awal semester lalu gue sering menjumpai yang namanya presentasi. Mulai dari mata kuliah A, B hingga mata kuliah Z. Sobat wow tahu tidak disitu gue menulis banyak sekali kata-kata apalah itu gue juga lupa. Nah disitu gue baru sadar bahwa audiencegue pada ngantuk. Semenjak hal tersebut terjadi akhirnya gue mutusin untuk masuk di broadcasting dan alhasil gue dapat tips agar presentasi baik dan hasilnya sekarang gue kalau presentasi tugas bareng kelompok tidak suka panjang lebar lagi. Langsung ke inti permasalahan saja semua akan teratasi.
2.  Sering diselipi pertanyaan agar audience mau menjawab
Sebenarnya tips ini gue dapatkan dari SMA dulu. Guru PAI dan Sejarah gue itu sering sekali memberikan kritikan dalam presentasi. Jujur gue dulu adalah anak IPS, bisa sobat wow bayangin tidak anak IPS kalau presentasi bagaimana? Yups betulah pada ngantuk juga. Nah disitu gue dapat saran kalau presentasi seseringlah memberikan pertanyaan kepada audiencekita, misalkan gimana ada yang ditanyakan? Teman-teman sudah tahu tidak apa itu Fuzzy Logic? Itulah pertanyaan yang simpletetapi membangun dalam presentasi.
3.  Menghilangkan kata “eeeeee”
Kalau ini memanglah sangat penting sekali dalam presentasi. Gue pernah mengikuti workshop GALAKSIAR di Polines pada tahun 2016 lalu diworkshop tersebut  gue dapat ilmu yang luar biasa sekali, kebetulan pembicaranya adalah Aries Ardian Mc kondang dan penyiar kondang Jawa Tengah. Yang pernah juga menjadi MC dikampus sebelah. Nah disitu gue dapat ilmu yang dimana ilmu tersebut berisi menghilangkan kata aeaeaeae karena itu kata orang yang binggung karena lupa alamat atau kehilangan sesuatu. Tetapi disinikan sobat wow presentasi bukan kehilangan barang atau lupa alamat. Tips menghilangkan kata aeae yakni sobat wow harus menahan lidah ketika mau mengucapkan kata aeaeae. Dan disini lebih baik kita diam daripada ngucapin kata aeaeae. So tetap semangat guys.

Itu tadi tips presentasi dikelas agar tidak boring seperti roti kering. Nah disini gue mau survey kalau gue buka channel youtube kalian pada setuju tidak? Agar materi yang akan gue sampaikan lebih wow lagi? Gue mohon dibantu ya?
Bona Pasogit
Bona Pasogit Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "Tips Agar Tidak Boring Dalam Presentasi"

close