Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

SISTEM FILE PADA LINUX

                 Sistem file pada linux tersusun atas direktori lain secara hirarki dari dengan di rektori utama "/" atau di kenal dengan "root di rectory" dan di bawahnya terdapat lagi dirktori yang merupakan tempat penyimpanan konfigurasi sistem, yang ada pada linux.

1. /bin 
        merupakan kependekan dari "binariesll", atau "executables", dimana banyak terdapat program - program sistem yang esensial.
2. /dev 
        file - file di /dev file - file device, file-file tersebut mengakses system device dan resources (sumber daya) seperti disk drive, modems, dan memory.
3. /etc
        berisi sejumlah file konfigurasi sistem, seperti /etc/rc (script inisialisasi sistem).
4. /sbin
        berisi binary - binary sistem yang esensial di mana di gunakan untuk administrasi sistem.
5. /home
         berisi direktori rumah dari para pengguna sistem. sebagai contoh /home/yamta, maka merupakan home directory dari user- yamta.
6. /lib
         berisi shared library images, merupakan file - file yang berisi kode dimana banyak program - program menggunakannya secara umum.
7. /proc
         /proc mendukung virtual file system, dimana file - file di simpan pada memori, tidak pada disk.
8. /tmp
         berisi tentang file - file yang bersifat sementara.
9. /usr
         /usr merupakan di rectory yang sangat penting di mana berisi sub direktori yang berisi beberapa dari program - program dan konfigurasi file - file yang di gunakan pada sistem yang paling penting. beberapa direktori /usr yang umum pada linux:
  • /usr/XIIRG
          fungsinya: berisi x windows system, jika anda menginstalnya x windows merupakan sistem GUI pada sistem linux. adalah tempat software yang nyata pada sistem linux, berisi sebagian besar dari execuble file bagi program yang tidak di temukan pada tempat lain seperti /bin.
  • /usr/etc
          fungsinya: berisi berbagi file - file dan utilitas yang ada pada umunya tidak esensial terhadap sistem.
  • /usr/include
          fungsinya: berisi include files bagi kompiler c. file - file ini (sebagian besar di akhiri dengan h, untuk header) mendeklarasikan nama - nama struktur data, subroutline, dan konstan yang kostan yang di gunakan ketika menulis program pada bahasa c.
  • /usr/G++ include
          fungsinya: berisi file - file bagi komputer C++
  • /usr/lib
           fungsinya:berisi library "static" ekuivalen dengan file - file pada /lib.
  • /usr/local
           fungsinya berisi berbagai program dan file yang tidak esensial bagi sistem (hampir seperti /usr) hanya saja program tersebut lebih ke sistem.
  • /usr/man
          fungsinya: direktori ini berisi halaman manual.
  • /usr/src
          fungsinya: berisi source code, direktori paling penting di sini adalah /usr/src/linux yang berisikan source code bagi kernel linux.
Bona Pasogit
Bona Pasogit Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "SISTEM FILE PADA LINUX"

close