Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penghapus Kaca ( wiper)

Kaca pada mobil harus setiap saat bersih agar pandangan pengemudi tidak terganggu. Kotoran yang berupa debu - debu haluslah yang paling sering mengganggu pada musim kemarau. Sedangkan pada musim hujan, air hujan sangat mengganggu pandangan pengemudi karena air hujan cenderung menempel pada kaca mobil. Embun di daerah pegunungan juga sangat mengganggu padnangan pengemudi. Kecelakaan lalu lintas salah satunya disebabkan oleh pandangan yang terganggu tersebut. Untuk mengatasi hal itu maka pada setiap mobli selalu dipasang peralatan penghapus kaca depan yang bekerja secara otomatis. Untuk menjalankan penghapus kaca depan mobil tersebut cukup dilakukan dengan menghidupkan motor penggeraknya.

Ada bermacam - macam penggerak penghapus kaca, antara lain dengan tenaga vakum. dengan tangan, dan tenaga listrik. Yang paling banyak digunakan adalah penghapus kaca yang digerakkan dengan tenaga listrik. Putaran motor listrik tersebut antara 4000 sampai 5000 putaran tiap menit. Putaran tersebut diubah menjadi gerak bolak balik pada sumbu penghapus kaca.

Pada mobil umumnya digunakan penghapus kaca ganda di mana penghapus kaca yang satunya digerakkan oleh penghapus kaca utama dengan perantaraan lengan penghubung. Di samping pengapus kaca mobil digunakan juga penyemprot air kaca depan. Penyemprot tersebut diapsagkan pada sisi luar kaca depan dan dihubungkan dengan sebuah pompa yang bekerja berdasarkan kehampaan. Air disemprotkan ke kaca depan jika tombol ditekan. Setelah air menyiram kaca depan barulah penghapus kaca dijalankan . Tujuan menyiram kaca depan dengan air adalah agar kaca depan menjadi lebih bersih.

Pemeriksaan dan perawatan wiper:

  1. Lepas unit motor penghapus kaca dari dudukannya.
  2. Periksa sambungan kabel -kabelnya dari kemungkinan kotor, longgar atau terkelupas. 
  3. Bongkar unit motor penghapus kaca. 
  4. Periksa roda - roda giginya dari keausan, kotor, atau berkarat. Roda gigi yang kotor dapat menyebabkan penghapus kaca menjadi macet.
  5. Periksa keadaan tombol penggerak penghapus kaca.
  6. Periksa keadaan lengan penggerak penghapus kaca. Jika berat untuk digerakkan maka beri pelumas secukupnya.
  7. Periksa karet penghapusnya. Jika karetnya sudah terlalu aus, segera gantilah dengan yang baru. Karet penghapus yang aus sekali tidak akan dapat berfungsi dengan baik.
  8. Periksa keadaan sikat, tegangan pegas, dan melekatnya solderan pada sikat.
  9. Periksa kekendoran dan kemungkinan terbakarnya titik kontak.
  10. Periksa keausan dan keretakan dari gigi roda gigi penggerak.
  11. Periksa keadaan komutatornya. Jika sangat kotor harus dibersihkan.
  12. Rakit bagian - bagian yang telah dibongkar dengan teliti. Yang harus diperhatikan pada waktu merakit kembali adalah:
    1. Berilah grease pada permukaan roda gigi penggerak dan titik kontak.
    2. Tepatkan tanda - tanda khusus yang ada pada motor tersebut.
  13. Periksa kerja motor penghapus kaca dengan menghubungkan terminal - terminalnya ke baterai.
  14. Jika motor penggerak masih berfungsi dengan baik pasang pada dudukannya dan rangkaian dengan semua komponen penghapus kaca.
  15. Ukur tinggi kedudukan posisi stop karet penghapus kaca terhadap dasar kaca. Samakanlah ukurannya untuk penghapus kacak kiri dan kanan.
  16. Periksa tekanan karet penghapus kaca apakah cukup kuat atau bahkan terlalu kuat.
  17. Periksa tinggi penyemprotan air maksimum dengan mengarahkan lubang nosel ke atas. Jika penyemprotan kurang tinggi cari sebab - sebabnya dan lakukan perbaikan.
  18. Periksa jumlah air yang disemprotkan apakah cukup banyak atau kurang.
  19. Atur arah penyemprotan air pada posisi yang tepat dengan mengarahkan lubang nosel menggunakan kawat atau penggores.
  20. Pastikan bahwa karet penghapus kaca bisa berhenti pada posisi yang benar. Sehingga tidak menghalangi pandangan pengemudi. 
    Penghapus Kaca ( wiper)

    Penghapus Kaca ( wiper)

    Penghapus Kaca ( wiper)
Bona Pasogit
Bona Pasogit Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "Penghapus Kaca ( wiper)"

close