Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Blower A C

Blower AC merupakan bagian yang sangat penting pada sistem pendingin ruangan ( AC). Jika
Blower A C
blower tidak bekerja maka pengaturan ventilasi menjadi tidak baik. Untuk mengetahui bahwa blower tidak bekerja dengan baik tidaklah terlalu sulit. Jika kecepatan blower tidak sesuai dengan speednya berarti ada gangguan pada sistem tersebut.

Pada prinsipnya rangkaian kelistrikan penggerak blower ada dua macam, yaitu rangkaian dengan saklar yang mengatur hubungan arus ke motor blower dan dengan menggunakan saklar yagn dihubungkan ke massa. Gangguan pada rangkaian kelistrikan mengakibatkan blower hanya bekeja pada putaran rendah atau menengah, blower hanya bekerja pada puturan tinggi, atau blower tidak bekerja sama sekali.

Pemeriksaan dan perawatan blower AC:

  1. Periksa sekering rangkaian kelistrikan penggerak blower dari kemungkinan putus atau kontaknya berkarat. Pastikan bahwa kontak sekering tidak berkarat dan dudukannya tepat.
  2. Periksa motor penggerak blower dengan tespen 12 volt dari kemungkinan terjadi hubng singkat pada terminal - terminalnya. 
  3. Untuk motor penggerak blower dengan saklar massa, sambungkan langsung antara terminal dengan kutu negatif baterai.  Jika blower berputar berarti ada kerusakan pada rangkaian massa dari blower tersebut.
  4. Untuk memastikan apakah terjadi keruasakan atau tidak pada blower, sambungkan secara langsung blower tersebut dengan terminal positif dan negatif baterai. Jika blower tidak berputar berarti terjadi kerusakan pada unit motor penggeraknya. Tetapi jika blower berputar setelah dihubungkan langsung ke baterai maka kemungkinan ada kabel yang putus atau sambungan pada terminal yang longgar.
  5. Periksa tahanan resistornya dengan ohmeter. Resistor yang masih baik mempunyai tahanan antara 2 -12 ohm sepasang. Jika tahanan rusak, ganti dengan yang baru.
  6. Periksa kerja saklarnya. Lepas kabel - kabelnya dan putar saklar ke posisi ON, kontrol panel pada posisi Heat. Beri hubungan langsung dengan baterai. Jika blower berputar setelah diberi arus listrik langsung dan mati pada saat kabel penghubung dilepas, maka berarti saklarnya yang rusak.
  7. Bersihkan semua bagian pada sistem penggerak blower dari karat, kotoran dan debu. Jika perlu beri pelumas pada bagian yang bergerak. 
Bona Pasogit
Bona Pasogit Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "Blower A C"

close