Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Asuransi Pada Jaman Sebelum Masehi

Asuransi Pada Jaman Sebelum Masehi

Sebagaimana pada umumnya, manusia mempunyai naluri selalu berusaha untuk menyelamatkan jiwanya dari berbagai ancaman terhadap dirinya, termasuk ancaman kekurangan makanan/ pangan. 

Salah satu riwayat mengenai masalah ini tercantum pada Al-Qur’an Surat Yusuf ayat 43-49 dan Kitab Injil Testamen Lama Genesus 41, yang meriwayatkan tentang seorang Raja di Negeri Mesir yang bermimpi melihat tujuh ekor sapi yang kurus masing-masing menelan seekor sapi yang gemuk. 

Dalam mimpinya yang kedua, raja tersebut melihat tujuh butir gandum yang berat dan berisi dimakan habis oleh tujuh butir gandum yang kosong. Nabi Yusuf A.S. memberikan saran agar pada saat panen yang melimpah tersebut dibuat sebagian cadangan gandum untuk masa paceklik yang akan datang. 

Selain itu, sebuah buku kuno dari India yang dinamakan Rig Veda yang ditulis dalam Bahasa Sansekerta menyebutkan riwayat tentang Yoga Kshema yang berarti pertanggungan. Riwayat tersebut adalah bukti bahwa manusia senantiasa memikirkan dan mempersiapkan kehidupan masa depannya. 

Penelitian para ahli terhadap sejarah pertumbuhan asuransi banyak yang menyoroti bahwa awal terbentuknya asuransi ditandai dengan praktik bottomry contract. Bottomry contract adalah suatu cara pembiayaan perdagangan yang mempunyai sifat khusus. 

Riwayatnya yaitu sekitar tahun 2.250 sebelum masehi Bangsa Babylonia yang hidup di daerah Sungai Euphrat dan Tigris (sekarang wilayah Irak). 

Pada waktu itu, pedagang atau pemilik kapal dapat mengambil barang-barang dagangan untuk dijual ke tempat-tempat lain tanpa membayar harga barang tersebut terlebih dahulu, namun mereka diwajibkan untuk membayarnya kelak dengan pembayaran bunganya dan ditambah pula dengan sejumlah uang sebagai imbalan atas risiko yang telah dipikul oleh pemberi barang. 

Akan tetapi, jika ternyata barang-barang tersebut dirampok dalam perjalanan, maka para pedagang akan dibebaskan dari kewajiban tersebut. Kontrak perjanjian ini mirip dengan asuransi dalam bentuknya yang masih primitif.

  • TAHUN 600 SEBELUM MASEHI India sudah mengenal praktik bottomry contract. 
  • TAHUN 400 SEBELUM MASEHI Dari tulisan Plutarach dan cerita mengenai Demostinus, didapat suatu petunjuk bahwa Yunani pun sejak tahun 400 sebelum masehi telah mengenal praktik bottomry contract. 

TAHUN 215 SEBELUM MASEHI 

Pada tahun 215 sebelum masehi, pemerintah Kerajaan Romawi diminta oleh para supplier perlengkapan dan perbekalan tentara kerajaan untuk menerima suatu konsepsi pemberian perlindungan kepada mereka terhadap segala risiko kerugian yang mereka derita atas barang-barang mereka yang berada di kapal sebagai akibat bahaya maritim/ pelayaran, seperti serangan musuh dan badai. 

TAHUN 50 SEBELUM MASEHI 

Cicero, pada kira-kira 50 tahun sebelum masehi memberi penjelasan tentang praktik pemberian perlindungan atau jaminan terhadap keselamatan pengiriman uang atau surat-surat berharga selama dalam perjalanan. Sebagai imbalannya, pihak yang diberi perlindungan tersebut memberikan semacam balas jasa berupa uang premi kepada pihak pemberi perlindungan. 

TAHUN 50 

Kaisar Claudius mengeluarkan suatu jaminan kepada para importir/ pemasok barang terhadap semua kerugian yang mereka derita sebagai akibat angin badai, tentunya dengan dikenakan premi. 

TAHUN 200 

Para saudagar dan aktor di Italia mendirikan semacam lembaga asuransi yang disebut Collegia Tenuiorum dengan maksud untuk membantu janda dan anak-anak yatim para anggotanya. Para bekas budak belian yang diperbantukan kepada ketentaraan pun membentuk lembaga yang serupa dengan nama Collegia Nititum. Kumpulan tersebut dimaksudkan agar para bekas budak tersebut dapat dikuburkan secara layak apabila meninggal. 

TAHUN 1194-1266 

Perkembangan lembaga yang mirip dengan asuransi terus tumbuh dan akhirnya pada masa pemerintahan Ratu Elenor di Belgia dibentuk undang-undang asuransi yang tercantum dalam ROLES D’OLERON.

Bona Pasogit
Bona Pasogit Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "Asuransi Pada Jaman Sebelum Masehi"

close