Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perkembangan Asuransi Sebelum Masehi

Perkembangan Asuransi Sebelum Masehi

Periode sebelum masehi, terdapat mokunitas sosial dalam bentuk tolong menolong. Jika suatu rumah kebakaran, maka tetangga sekitar wajib membantu membangun kembali rumah yang rusak. 

Apabila seseorang tidak mau membantu, maka ia tidak akan dibantu tetangganya jika dikemudian hari ia mendapat musibah kebakaran. 

Pengangkutan dengan menggunakan kapal banyak dilakukan sehingga asuransi terkait dengan pengangkutan lewat laut ini juga banyak terjadi, diantaranya adanya asuransi cargo ketika banyak pedagang cina mengirim tepung dengan menggunakan kapal yang menyusuri aliran sungai. 

Apabila satu kali kirim akam mendapatkan resiko merupa satu musibah yang akibatnya terjadi kerugian yang besar atau total loss. Asuransi kredit diilhami oleh Kode Hammurabi (2100 sebelum masehi) di Babilonia Irak pada tahun 1750 Sebelum masehi. 

Pedagang akan membayar sejumlah uang kepada pemilik modal sebelum mereka melakukan perjalanan.

Dengan konsekuensi jika barang terjadi perompakan dalam perjalanan, maka pedagang tidak perlu mengganti kerugian kepada pemilik modal cargo muncul manakala di tahun 3000 sebelum masehi. 

Pada zaman kebesaran Yunani di bawah kekuasaan Alexander The Great (356-323 BC), seorang pembantunya yang bernama Antimenes mengumumkan kepada para pemilik budah untuk mendaftarkan budak-budaknya dan membayar uang setiap tahun kepada Antimenes. 

Sebagai imbalannya apabila budak tersebut melarikan diri, maka Antimenes akan menangkapnya sedangkan apabila budak tersebut tidak tertangkap, maka Antimenes akan membayar sejumlah uang sebagai gantinya. 

Pada zaman Romawi dikenal perkumpulan yang bernama collegium cultorum et Dianae et Antinoi dan collegium lambaesis. 

Pada Collegium cultorum et Dianae et Antinoi dengan imbalan uang pangkal dan iuran bulanan dari peserta, perkumpulan memberikan pembayaran kepada ahli waris dan biaya penguburan apabila peserta meninggal dunia. 

Pada perkumpulan collegium lambaesis, dengan pembayranan uang pangkal dan iuran bulanan, perkumpulan akan memberikan manfaat berupa uang untuk membiayai pesta perayaan kenaikan pangkat dalam dinas ketentaraan dan pemindahan ke tempat tugas yang baru di samping pembayaran kepada ahli waris apabila ada anggota yang meninggal dunia.

Bona Pasogit
Bona Pasogit Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "Perkembangan Asuransi Sebelum Masehi"

close