Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Issue Lingkungan dan Faktor yang mempengaruhi Kesehatan

Issue Lingkungan dan Faktor yang mempengaruhi Kesehatan

Selamat Anda telah menyelesaikan topik tentang issue lingkungan lokal, issue lingkungan nasional dan issue lingkungan global. Dengan demikian Anda telah mengusai issue lingkungan lokal, issue lingkungan nasional, issue lingkungan global dan faktor-faktor yang mempengaruhi kesehatan lingkungan masyarakat. Hal-hal penting yang Anda pelajari dari topik ini adalah sebagai berikut: 

1. Issue Lingkungan Lokal 

Sebagaimana telah diketahui bersama bahwa lapisan ozon kini semakin menipis. Dengan terus menipisnya lapisan itu, sangat dikhawatirkan bila lapisan ini tidak ada atau menghilang sama sekali dari alam semesta ini. 

Tanpa lapisan ozon sangat banyak akibat negatif yang akan menimpa makhluk hidup di muka bumi ini, antara lain: penyakit-penyakit akan menyebar secara menjadi-jadi, cuaca tidak menentu, pemanasan global, bahkan hilangnya suatu daerah karena akan mencairnya es yang ada di kutub Utara dan Selatan. 

2. Issue Lingkungan Nasional 

Tanam Untuk Kehidupan adalah satu komunitas yang punya perhatian untuk isu-isu lingkungan. Tujuan utama digelar acara ini adalah sebagai ajang pendidikan dan hiburan untuk membuka opini masyarakat agar peduli lingkungan bermaksud mengajak masyarakat untuk berpartisipasi dalam menjaga dan merawat lingkungan mereka sendiri. 

Acara ini sendiri juga jadi wadah kolaborasi seni budaya lokal, nasional, dan internasional dalam mengekspresikan kepedulian mereka terhadap lingkungan, mempromosikan seni budaya serta pariwisata Salatiga, dan memperluas jaringan kerja sama antara komunitas seni dan lingkungan dari Australia dan Indonesia. 

3. Issue Lingkungan Global 

Sebelumnya orang menduga masalah lingkungan global lebih banyak dipengaruhi faktor alam, seperti iklim, yang mencakup temperatur, curah hujan, kelembaban, tekanan udara dll. Belakangan orang mulai menyadari bahwa aktivitas manusia pun mempengaruhi iklim dan lingkungan secara signifikan. 

Ambilah contoh penebangan hutan, mempengaruhi perubahan suhu dan curah hujan secara lokal. Ketika area hutan yang hilang semakin luas, maka akibat yang ditimbulkan bukan lagi lokal tapi sudah berskala regional. 

Diperkirakan di antara tahun 1990-2100 akan terjadi kenaikan rata-rata suhu global sekitar 1,4 sampai 5,8 derajat celsius. 

Akibatnya akan terjadi kenaikan rata-rata permukaan air laut disebabkan mencairnya gunung-gunung es di kutub. 

Banyak kawasan di dunia akan terendam air laut, akan terjadi perubahan iklim global, hujan dan banjir akan meningkat, wabah beberapa penyakit akan meningkat, produksi tumbuhan pangan pun terganggu sehingga berpengaruh bagi kelangsungan hidup manusia. 

Selamat, anda telah menyelesaikan topik dengan materi metode-metode pendidikan dan alat peraga dalam pendidikan kesehatan, tetapi sebelum itu anda harus mengetahui halhal yang penting dalam materi ini antara lain metode pendidikan dapat di kelompokkan menjadi dua, metode didaktik dan sokratik, apakah Anda pernah memakai metode-metode tersebut dalam memberikan pendidikan kesehatan? 

Metode yang mana yang perna anda gunakan? mungkin anda belum menggunakan semua metode tapi pahamilah macammacam metode yang biasa digunakan dalam pendidikan kesehatan di atas dengan baik, sehingga anda dapat memilih metode yang tepat dan sesuai agar komunikasih dapat berjalan lancar dan peserta dapat mengerti pendidikan yang diberikan sesuai dengan yang diharapkan.

Alat peraga adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan dari pengirim pesan (penyuluh/pendidik) ke penerima pesan (sasaran) sehingga dapat menerangkan pikiran, perasaan, perhatian dan minat sasaran sedemikian rupa sehingga terjadi pemahaman, pengertian dan penghayatan dari apa yang diterangkan. 

Anda harus paham apa tujuan dari penggunaan alat peraga dalam pendidikan kesehatan, kegunaan alat peraga, manfaat Alat Peraga, ciri-ciri alat peraga sederhana dalam pendidikan kesehatan. 

Diharapkan masyarakat melihat alat peraga ini sebagai milik mereka,tumbuh dari mereka dan dimanfaatkan oleh mereka sendiri, macam-macam alat peraga yang sering digunakan dalam penyuluhan/pendidikan kesehatan adalah : Papan pengumuman, Over Head Projector (OHP), Kertas Plip Chart dan penyangganya, Poster, Leaflet, Film, Video film, Bahan-bahan asli: bahan makanan, sayuran, oralit, dan sebagainya.
Bona Pasogit
Bona Pasogit Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "Issue Lingkungan dan Faktor yang mempengaruhi Kesehatan"

close