Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Teknologi Modern

Pengertian Teknologi Modern

Reaksi dan tanggapan terhadap perkembangan teknologi modern dan canggih bermacam-macam. Oleh sebab itu, silakan Anda mengajukan beberapa pertanyaan kritis yang berkaitan dengan manfaat dan dampak negatif teknologi modern. 

Ada tiga kelompok dalam merespon perkembangan teknologi modern. Kelompok pertama melihat perkembangan teknologi modern sebagai sumber yang memungkinkan standar kehidupan lebih tinggi, meningkatkan kesehatan, dan komunikasi yang lebih baik maupun mudah. 

Pokoknya, teknologi modern dianggap memberi dampak peningkatan kesejahteraan manusia. Klaim bahwa persoalan apa pun yang diakibatkan oleh teknologi modern pada dirinya sendiri tunduk atau dapat dikontrol oleh solusi teknologis. 

Kelompok kedua bersikap kritis terhadap teknologi, karena teknologi modern dapat menyebabkan alienasi dari alam, penghancuran lingkungan hidup, mekanisasi dari kehidupan manusia, dan hilangnya kebebasan manusia. 

Kelompok ketiga berpendapat bahwa teknologi bersifat ambigu, dampaknya bervariasi tergantung pada konteks sosial karena teknologi dirancang dan digunakan, dan menjadi produk maupun sumber dari kekuatan ekonomis dan politis. 

Terlepas dari bervariasinya respons terhadap teknologi modern, persoalan pokoknya adalah kita hidup di dalam situasi teknologi modern dan kita tidak dapat menghindarinya. Cepat atau lambat, pengaruh dan dampaknya akan dirasakan oleh semua orang. 

Lebih repot lagi mereka yang tertinggal oleh teknologi akan semakin tertinggal dalam kesejahteraan hidupnya. Bagaimana sikap agamawi (kristiani) terhadap pengembangan maupun penggunaan teknologi modern. 

Selanjutnya akan dibicarakan pengertian teknologi modern dan diteruskan dengan beberapa tipe respons manusia terhadap teknologi modern dengan mengikuti kategori Ian Barbour. 

Menurut Eka Darmaputera, tujuan akhir dari sains adalah mengetahui sebanyak-banyaknya tentang dunia dan alam semesta, sedangkan tujuan akhir dari teknologi mengubah dunia dalam arti bagaimana pengetahuan dari sains tadi dapat diaplikasikan dalam peralatan untuk memecahkan masalah (Supardan 1991, 241). 

Ada yang mengatakan bahwa teknologi adalah aplikasi sains untuk memecahkan masalah manusia. Dalam pengertian itu ada kaitan erat antara ilmu pengetahuan (sains) dan teknologi. Tanpa sains tidak mungkin teknologi berkembang, sebaliknya tanpa teknologi, sains menjadi mandul. 

Teknologi, menurut Darmaputera, tidak pernah cukup dijelaskan hanya dengan kategori-kategori sains saja. Teknologi mengimplikasikan pilihan, dan pilihan menuntut keputusan yang tidak hanya menyangkut aspek ilmiah, namun juga yang berdimensi etis dan religius. 

Misalnya, secara ilmiah, teknologi kloning dapat diterapkan juga kepada manusia, tetapi apakah seorang ilmuwan/wati boleh melakukan hal tersebut? Ada banyak sekali pertimbangan dalam membuat keputusan apakah seseorang dapat melakukan kloning manusia, dan perdebatan mengenani hal ini masih terus berjalan. 

Barbour mengutip pendapat ahli yang mengatakan bahwa teknologi dapat didefinisikan sebagai aplikasi dari pengetahuan yang terorganisir kepada tugas- tugas praktis dengan atau melalui sistem-sistem yang tertata, dan mesin-mesin (Barbour 1993, 3). 

Menurut Barbour ada tiga kekuatan dan keuntungan dari definisi luas ini. Pertama, “organizedknowledge” (pengetahuan yang terorganisir) memungkinkan untuk mencakup teknologiteknologi yang didasarkan pada pengalaman dan penemuan praktis, tetapi juga didasarkan pada teori-teori keilmuan (ilmiah). 

Kedua, istilah “practical tasks” (tugas-tugas praktis) dapat mencakup baik produksi dari barangbarang materiil (seperti dalam industri dan pertanian), dan penyediaan pelayanan (melalui komputer, media komunikasi, bioteknologi, dan lain-lain). 

Ketiga, istilah “ordered systems of people and machine” (sistem tertata dari orang-orang dan mesin-mesin) mengarahkan perhatian kita kepada institusiinstitusi sosial maupun perangkat keras teknologi. 

Luasnya definisi itu juga mengingatkan kita akan adanya perbedaan-perbedaan yang besar di antara berbagai teknologi. Singkatnya teknologi adalah aplikasi ilmu pengetahuan dalam peralatan demi memecahkan masalah. 

Semua ini terjadi dalam sistem tertata dari orangorang dan mesin-mesin. Menurut Anda masalah-masalah apa saja yang dapat dipecahkan dengan teknologi? Berilah contoh konkret dari jawaban Anda! Khususnya dalam bidang komunikasi, apa saja dampaknya yang Anda rasakan?

Bona Pasogit
Bona Pasogit Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "Pengertian Teknologi Modern"

close