Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Destinasi wisata Kalibiru Kulon Progo Yogyakarta

Destinasi wisata Kalibiru Kulon Progo Yogyakarta

Salah satu destinasi wisata baru Kalibiru di Kabupaten Kulon Progo adalah objek wisata alam paling terkenal yang sedang populer dan nge-hits saat ini khususnya dikalangan remaja di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) juga di Indonesia. 

Keindahan alam pemandangan pegunungan Menoreh sangat mendukung keberadaan wisata alam Kalibiru ini’ kegiatan petualangan, naik pohon menyeberangi jembatan gantung diatas pohon yang tinggi menjadi daya.

Destinasi wisata akhir-akhir ini banyak dikunjungi wisatawan turist traveler hingga backpacker. Namun permasalahan yang ada adalah kepedulian pengelola dalam menyediakan sarana prasana masih sangat terbatas dan jaminan safety masih kurang diperhatikan. 

Jalan akses menuju lokasi Kalibiru juga tidak memadahi karena sempit sehingga mobil berpapasan ketemu mobil yang lain harus berhenti atau memakan waktu. 

Dengan demikian perlu pemberdayaan masyarakat pengelola dan peningkatan sarana prasarana agar tercipta sebagai obyek destinasi wisata unggulan di Kabupaten Kulon Progo. 

GOA Pindul (Cave Tubing) adalah salahsatu obyek wisata petualangan geopark yang banyak dikunjungi wisatawan domestik dari berbagai daerah di Indonesia maupun wisatawan asing, karena keunikannya menyusuri air sungai dibawah tanah yang penuh tantangan. 

Lokasinya ada di kabupaten Gunungkidul Yogyakarta, merupakan tempat wisata yang sangat menarik dan menantang untuk dikunjungi namun kendalanya sarana prasarananya masih terbatas, dan kalu musim hujan airnya keruh dan terkesan kotor. 

Goa Pindul ini salah satu pilihan menarik untuk menyusuri sungai dibawai tanah menggunakan bekas Ban truk dipergunakan sebagai pelampung untuk menelusuri aliran sungai di dalam goa, serta menikmati stalaktit stalakmit yang berusia ratusan tahun, binatang kelelawar yang ribuan jumlahnya.

Namun saat ini masih perlu keterlibatan serius pemerintah daerah, karena dominasi pengelolaan dari masyarakat local yang sering terjadi perselisihan dari saling berebut lahan. 

Pemerintah daerah harus ikut turun tangan, sehingga dapat menjaga eksistensi obyek wisata yang sering terjadi konflik dari pengelola lokal. Sedangkan dengan jumlah pengunjung yang cukup banyak dapat meningkatkan kesejahteraan dan pengembangan kelangsungan hidup masyarakat setempat.

Student Terpelajar
Student Terpelajar Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "Destinasi wisata Kalibiru Kulon Progo Yogyakarta"