Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Meditasi Hidup Penuh Kesadaran

Pengertian meditasi mengalami pergesaran dari asal kata bhavana yang tepat diartikan sebagai pengembangan batin. Dalam praktiknya kita temukan berbagai pendekatan. 

Teknik meditasi yang secara asli hanya ditemukan di dalam ajaran Buddha adalah vipassana bhavana atau meditasi pandangan terang yang memungkinkan untuk dipraktikan dalam segala situasi. Inti dari praktik vipassana adalah sati (perhatian murni atau penuh kesadaran). 

Pengertian Meditasi Hidup Penuh Kesadaran

Perhatian penuh dengan kesadaran merupakan energi kewaspadaan dan keterjagaan setiap saat. Latihan ini sebagai latihan yang berkesinambungan untuk terus menyentuh seluruh momen dalam kehidupan sehari-hari. Hidup sadar membuat hidup menjadi nyata bersama dengan apapun yang sedang kita lakukan. Menyelaraskan badan jasmani dan pikiran setiap saat sebagai sari dari mindfulness.

Teknik Hidup Penuh Kesadaran (Mindfulness) 

Perhatian murni atau penuh kesadaran dapat dipraktikkan kapan dan di mana saja sesuai dengan aktivitas kita sehari-hari. Perhatian murni dalam setiap aktivitas sebagai sarana efektif yang akan membuat hidup berubah lebih baik dan maju. 

1. Praktik makan dan minum penuh kesadaran

Pertama-tama kamu bisa memperhatikan hidangan yang ada di hadapanmu, sadari dan katakan dalam batin “melihat, melihat ini artinya kamu menyadari tindakan atau proses melihat”. Setelah melihat kamu dapat mengamati pikiranmu, kehendak untuk mengambil makanan dan menikmati rasa makanan. 

Kamu menyadari sensasi-sensasi yang muncul dan lenyap pada saat tanganmu terulur. Kamu bisa perhatian penuh saat mengambil makan dengan sendok ke piring. Kamu menyadari pada saat menyuapkan makanan ke mulut, menyadari merasakan makanan, dan mengunyah makanan. 

Kamu bisa menyadari rasa makanan sebagai pedas, asin, asam, dan lain-lain. Kamu sadar dan membedakan rasa sebagai menyenangkan, tidak menyenangkan dan netral. Begitu juga jika ada kehendak untuk minum, sadari sensasi pikiran yang timbul, sadari gerak tubuh untuk mengambil minum. 

Sadari saat kaki melangkah, tangan menyentuh gelas, timbulnya sensasi rasa dingin, panas atau netral. Perhatikan dan sadari ketika tangan mengangkat gelas, mendekatkan ke mulut dan minum. Sadari dan rasakan timbulnya sensasi setelah landasan lidah merasakan air. 

Tetap dalam kondisi sadar saat air memasuki kerongkongan dan timbulnya berbagai kesan-kesan seperti dorongan minum lagi, menolak serta kesegaran tubuh yang dirasakan setelah minum. Pada saat kamu mengunyah akan merasakan makanan itu semakin tidak terasa. 

Ketika kamu mengunyah dengan penuh perhatian akan menghasilkan kesehatan jasmani dan kenyamanan. Kamu bisa mencatat reaksi pikiran terhadap rasa yang timbul. Kamu dapat menyadari timbulnya kemelekatan terhadap rasa yang menyenangkan dan ketidaksukaan terhadap rasa yang tidak enak. 

Pada saat kamu mengunyah, sadari proses mengunyah, pergerakan gigi, mulut, dan lidah. Ketika menelan, sadari dan rasakan makanan yang turun melalui kerongkongan dan masuk ke lambung. Kamu bisa memperhatikan niat untuk menambah makanan dan menyadari semua gerakan dan sensasi yang terlibat, saat menjulurkan tangan untuk mengambil makanan, dan saat menyuapkan ke mulut. 

Aktivitas makan dengan didahului oleh perenungan syair kebenaran dan mengerti proses yang dilakukan dan tujuan dari makanan itu sendiri. Perenungan sebelum makan dapat dilakukan sendiri atau kelompok (jika dalam kelompok salah satu membaca perenungan ini).

2. Menjelang dan bangun tidur penuh kesadaran 

Menjelang tidur berada dalam kesadaran penuh, perhatian murni. Sadari saat berjalan menuju kamar tidur, mengatur tempat tidur, dan mengatur lampu tidur. Sadari ketika duduk dan membaringkan badan. Langkah merupakan tindakan yang bermakna menandai adanya kehendak untuk tidur. 

Sadari ketika tubuh menurun dengan sendirinya dan saat kepala menyentuh bantal, serta tangan menaruh selimut di badan. Setelah berbaring dengan penuh kesadaran langkah selanjutnya sadari keadaan pikiran dan tubuh, sensasi tubuh setelah menyentuh matras dan bantal. 

Lakukan perhatian pada napas, sadari napas masuk dan keluar yang diikuti naik turunnya perut. Anda bisa menyadari pikiran dan gagasan yang timbul. Jika anda mau mengubah posisi tidur, memiringkan badan ke sisi lain, lakukanlah dengan perhatian murni dan catatlah keinginan untuk berbalik, dan baru kemudian berbalik. 

Bila kita melakukan kesadaran penuh menjelang tidur akan mengatasi kesulitan, kegelisahan tidur sehingga dapat tidur tenang. Setelah tidur maka kita awali dengan bangun pagi perhatian murni. Sadarilah bahwa anda sudah bangun, bukalah mata dengan perhatian murni. 

Sadari keadaan pikiran Anda, terjaga dan merasa segar, masih mengantuk dan ingin tidur lagi. Jika merasa kantuk dan ingin tidur lagi, sadari keinginan tidur lagi itu timbul. Cobalah untuk menghimpun keinginan untuk berbalik dari satu sisi dengan penuh semangat untuk bangun. 

Kemudian lakukan apa yang seharusnya dilakukan dengan penuh perhatian, melangkah ke kamar mandi, membuka pintu dan memakai alas kaki. Sadari ketika Anda melakukan aktivitas rutin seperti buang air kecil, mengambil sikat gigi, membuka pasta gigi, menggosok gigi, berkumur, membasuh wajah, dan mengeringkan dengan handuk. 

Selanjutnya taruh perhatian murni saat kembali ke kamar tidur untuk merapikan tempat tidur, melipat selimut, berganti pakaian dan seterusnya. Lakukan perhatian pada napas sejenak sebelum mulai aktivitas sehingga akan membantu Anda untuk lebih tenang sepanjang hari.

3. Telepon penuh kesadaran 

Pada saat telepon berdering sadarilah bunyi itu dengan membuat catatan batin mendengar, mendengar”. Sadari dan perhatikan pada saat tubuh bergerak, mulai tangan menyentuh telepon, dan pada saat tangan mengangkat telepon ke telinga. 

Sadari sensasi sentuhan antara telepon dan telinga, sensasi keras atau tekanan, pada saat anda menempelkan gagang telepon ke telinga. Setelah itu pancarkan cinta kasih kepada orang di seberang telepon: semoga siapa pun dia berbahagia dan sehat, semoga terbebas dari kejahatan dan mara bahaya serta terbebas dari penderitaan batin dan jasmani. 

Curahkan kesadaran penuh dan perhatian murni saat menjawab telepon. Gelombang niat baik yang kita sampaikan dan perhatian penuh sesungguhnya merupakan penghargaan bagi orang itu. Berbicaralah dengan konsentrasi, dan tanggapilah dengan sewajarnya. 

Bicaralah dengan halus, ramah, tenang, tulus dan jujur. Jika bicara Anda terlalu cepat, lambatkanlah sedikit dan cobalah menenangkan diri dengan menyadari masuk dan keluarnya napas, atau menyadari beberapa sensasi pada tubuh. Pada saat Anda bicara tetap menyadari sensasi tubuh. 

Misalnya menyadari tangan memegang telepon, badan duduk di kursi dan kaki menyentuh lantai. Membawa pikiran pada kesadaran tubuh sangatlah bermanfaat untuk menjadi lebih tenang, terpusat, dan teduh saat berbicara. 

Segala sesuatu yang saya lakukan merupakan praktik untuk menyadari pergerakan dan sensasi tubuh selama mungkin. Sebagai contoh jika saya membungkukkan badan untuk mengambil sesuatu, saya akan menyadari keinginan saya untuk membungkuk dan menyadari gerakan membungkukkan badan.

4. Meditasi gerak berkesadaran 

Gerak berkesadaran adalah suatu perpaduan dari 10 latihan fisik yang diperkenalkan oleh Thich Nhat Hanh beberapa tahun yang lalu. Gerakan-gerakan tersebut dilaksanakan oleh kelompok, tapi juga bisa dipraktikkan oleh masing-masing siswa. 

Biasanya gerak berkesadaran dilakukan di lapangan membentuk sebuah lingkaran setelah meditasi jalan. Gerak berkesadaran kadang-kadang dilakukan juga di dalam ruangan selama sesi diskusi Dhamma untuk merilekskan tubuh. 

Setiap gerakan dilakukan tiga kali sebelum melaksanakan gerakan selanjutnya, gerak berkesadaran dilakukan dengan perlahan-lahan tidak tergesa-gesa, setiap gerakan disesuaikan dengan keluar masuknya napas, gerakan berkesadaran memberikan sebuah konsentrasi untuk berlatih. 

Latihan gerak berkesadaran memperbolehkan siswa untuk mempraktikkan secara terus menerus yang dilakukan oleh tubuh, napas, dan hubungan antara gerak kesadaran antar tubuh, napas, dan pikiran.

Student Terpelajar
Student Terpelajar Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "Pengertian Meditasi Hidup Penuh Kesadaran "