Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Meditasi dan Macam Meditasi

Meditasi (bhāvanā) berarti pengembangan dan pembersihan batin. Istilah lain meditasi yang berarti pemusatan pikiran pada suatu objek. Meditasi yang benar (sammā samādhi) adalah pemusatan pikiran pada objek yang dapat menghilangkan kekotoran batin saat pikiran bersatu dengan bentuk-bentuk karma yang baik. Meditasi yang salah (miccha samadhi) adalah pemusatan pikiran pada objek yang dapat menimbulkan kekotoran batin saat pikiran bersatu dengan bentuk-bentuk karma yang tidak baik.

Pengertian Meditasi dan Macam Meditasi

Macam Meditasi 

Meditasi terdiri atas dua macam pengembangan batin, yaitu pengembangan ketenangan batin (samatha bhāvanā) dan pengembangan pandangan terang (vipassana bhavana). 

1. Pengembangan ketenangan batin (samatha bhāvanā) 

Samatha bhavana merupakan pengembangan batin dengan konsentrasi yang kuat pada objek. Tujuan Samatha bhāvanāa untuk memperoleh ketenangan batin. Dalam samatha bhavana terdapat rintangan batin (nivarana). 

Kelima rintangan batin meliputi nafsu-indriawi (kamacchanda), kehendak jahat (vyapada), kelambanan dan kemalasan (thina middha), keresahan dan kekwatiran (uddhacca kukkucca), dan keraguan (vicikiccha). 

Selain terdapat rintangan batin, dalam meditasi juga ada sepuluh gangguan (palibodha) yang bersifat umum. Dari sepuluh macam palibodha yang ada, sembilan di antaranya adalah gangguan bagi meditator pemula dan gangguan yang terakhir merupakan gangguan bagi meditator lanjut. 

Cara mengatasi palibodha dengan membuat jadwal tersendiri untuk waktu meditasai agar lebih disiplin dalam latihan. Sepuluh gangguan meditasi meliputi tempat meditasi bising atau tempat yang dekat dengan keributan, memikirkan  penghasilan/pendapatan, siswa mengunjungi guru ketika guru bermeditasi, aktivitas kesibukan sehari-hari, berpergian jauh sehingga tak meditasi, kerabat yang datang ketika melakukan meditasi, sakit, beban pekerjaan, dan kesibukan dalam pencapaian kemampuan batin (abhinna). 

2. Pengembangan pandangan terang (vipassana bhāvanā) 

Vipassana terdiri dari dua suku kata yaitu vi dan passana. Vi berarti lebih dari satu, beraneka ragam sedangkan passana berarti mengamati, mengetahui, memperhatikan, menyadari. Vipassana berarti menyadari, mengamati setiap timbul dan lenyapnya jasmani dan batin secara berkesinambungan. 

Makna secara mendalam Vipassana melihat ke dalam diri secara jernih atau terang, melihat setiap unsur sebagai sesuatu yang berbeda dan terpisah, serta menembus sehingga memahami realitas. Esensi vipassana bhāvanā adalah melihat sesuatu apa adanya bukan apa nampaknya. 

Vipassana bhāvanā dapat dimaknai sebagai pengemba ngan batin untuk mencapai pandangan terang. Pandangan terang merupakan kondisi batin yang bersih dari kekotoran batin yang menyebabkan seseorang terlahir kembali. 

Dalam melaksanakan vipassana bhāvanā kekotoran batin dapat dibasmi sampai ke akarnya sehingga dapat melihat hidup ini dengan sewajarnya. Kehidupan manusia pada dasarnya bersifat tidak kekal (anicca), menderita (dukkha), dan tanpa aku (anatta) atau tiga corak universal (tilakkhana). 

Ada tiga jenis vipassana yang berhubungan dengan Tilakkhana. 

  • Menyadari semua fenomena alam termasuk jasmani dan batin selalu berubah atau mengalami ketidakkekalan (Anicca Vipassana). 
  • Menyadari semua fenomena alam termasuk jasmani dan batin diliputi penderitaan (Dukkha Vipassana). 
  • Menembus dan menyadari sifat sejati yang tidak memiliki ‘diri’ atau ‘inti’ (Anatta Vipassana).

Bona Pasogit
Bona Pasogit Content Creator, Video Creator and Writer

1 komentar untuk "Pengertian Meditasi dan Macam Meditasi"

  1. Aku biasanya suka meditasi juga dirumah, sekalian berolahraga yoga, ini aku lakukan pas akhir pekan biasanya. gak lupa pakai matras yang aku beli di Toko ACE Hardware :)

    BalasHapus
close