Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Pendidikan Menurut Berbagai Sumber

Dengan perkembangan dunia pendidikan yang terus berubah secara signifikan sehingga banyak perubahan pola pikir pendidik, dari layback yang terbentang dan kaku menjadi lebih modern. Ini sangat berpengaruh dalam kemajuan pendidikan di Indonesia. 

Menanggapi para ahli pendidikan ini dikritik dengan mengekspresikan dan teori pendidikan aktual untuk mencapai tujuan pendidikan nyata.

Pengertian Pendidikan Menurut Berbagai Sumber

Tujuan pendidikan adalah untuk menciptakan seseorang yang berkualitas dan dikarakterisasi sehingga memiliki pandangan luas tentang masa depan untuk mencapai ideal yang diharapkan dan mampu beradaptasi dengan cepat dan tepat di berbagai lingkungan. Karena pendidikan itu sendiri memotivasi diri kita menjadi lebih baik dalam semua aspek kehidupan.

Pendidikan dapat dimulai sebelum bayi dilahirkan seperti yang dilakukan oleh banyak orang dengan memainkan musik dan membaca kepada bayi di dalam rahim dengan harapan bahwa ia dapat mengajar bayi mereka sebelum lahir.

Bagi sebagian orang, pengalaman hidup sehari-hari lebih bermakna daripada pendidikan formal. Seperti kata Twain, "Saya tidak pernah membiarkan sekolah mengganggu pendidikan saya."

Baiklah, kami hanya menggambarkan beberapa definisi pendidikan sesuai dengan beberapa sumber.
Pada dasarnya definisi pendidikan (hukum Sisdiknas No. 20 tahun 2003) adalah upaya yang sadar dan terencana untuk mewujudkan atmosfer pembelajaran dan proses pembelajaran sehingga siswa secara aktif mengembangkan potensi mereka untuk memiliki kekuatan spiritual agama, kontrol diri, kepribadian, kecerdasan, karakter mulia, serta keterampilan yang dibutuhkan oleh diri mereka sendiri dan masyarakat.

Menurut Kamus Indonesia

kata pendidikan berasal dari kata 'didiK' dan mendapatkan 'PE' dan akhir ', jadi kata ini memiliki arti dari proses atau cara pendidikan. Dalam bahasa definisi pendidikan adalah proses mengubah sikap dan pengelolaan seseorang atau sekelompok orang dalam upaya matang dengan cara mengajar dan upaya pelatihan.

Menurut Ki Hajar Dewantara 

(ayah dari pendidikan nasional Indonesia) menjelaskan definisi pendidikan, yaitu: pendidikan adalah permintaan dalam kehidupan pertumbuhan anak-anak, seperti halnya, pendidikan membimbing semua sifat anak-anak, sehingga Mereka adalah manusia dan sebagai anggota masyarakat dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan tertinggi.

Pendidikan adalah upaya sadar untuk mempersiapkan siswa melalui bimbingan, pengajaran, dan atau latihan untuk peran mereka di masa depan.

Menurut Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 

Pendidikan adalah upaya yang sadar dan terencana untuk mewujudkan atmosfer pembelajaran dan proses pembelajaran sehingga siswa secara aktif mengembangkan potensi mereka untuk memiliki kekuatan spiritual pesular, kontrol diri, kepribadian, kecerdasan, dan keterampilan yang dibutuhkan oleh diri mereka sendiri, masyarakat, bangsa, dan negara.

Menurut H. horne

adalah proses berkelanjutan (kekal) penyesuaian yang lebih tinggi untuk manusia yang telah berkembang secara fisik dan mental, yang bebas dan sadar akan vtuhan, seperti manifestasi di alam sekitar intelektual, emosional dan kemanusiaan dari manusia.

Dari beberapa pemahaman pendidikan menurut pakar dapat disimpulkan bahwa pendidikan adalah bimbingan atau bantuan yang diberikan oleh orang dewasa untuk pengembangan anak-anak untuk mencapai kedewasaan mereka dengan tujuan bahwa anak-anak cukup mampu melaksanakan tugas mereka sendiri dalam kehidupan mereka sendiri .
Student Terpelajar
Student Terpelajar Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "Pengertian Pendidikan Menurut Berbagai Sumber"