Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Penghijauan Bagi Manusia

Saat ini di kota kota besar sudah jarang sekali dapat kita temukan lahan hijau dimana banyak tanaman sengaja di tanam, padahal penghijauan sangatlah penting terlebih untuk perkotaan yang padat akan penduduk dan banyak gedung gedung pencakar langit.

Manfaat Penghijauan Bagi Manusia

hidup di kota yang gersang akan menimbulkan segala macam penyakit, mulai dari penyakit paru paru hingga berbagai macam virus yang disebabkan oleh polusi akan mudah masuk kedalam tubuh akibat kurangnya sistem penyerapan udara yang tersedia.

Kenapa Harus Melakukan Penghijauan ?

Tanaman dikenal sebagai penghasil oksigen terbaik, dengan dilakukanya penghijauan makan oksigen yang di hasilkan akan bertambah banyak yang membuat lingkungan di sekitar area penghijauan akan terasa lebih sejuk serta udaranya akan terasa lebih murni.

Seperti halnya jika anda berada di hutan terbuka, anda akan merasakan nuansa dingin dan sejuk semua dikarenakan banyak tanaman yang menghasilkan oksigen disana, sehingga udara tidak dicemari oleh polusi, ide utama dalam penghijauan tentu saja menciptakan udara yang lebih bersih.

Berbagai Macam Manfaat Penghijauan

Penghijauan memiliki banyak sekali manfaatnya, berikut ini beberapa manfaat dari proses penghijauan.

1. Menciptakan Udara yang Lebih Bersih

menciptakan udara yang bersih merupakan tujuan awal serta manfaat yang dapat di ambil dalam proses penghijauan karena tanaman maupun pohon merupakan paru paru bumi ini.

2. Mencenggah Longsor

Tanaman dikenal memiliki akar yang kuat, yang dapat mengikat tanah sehingga proses longsor akibat pergeseran lempeng maupun turunya tanah dari posisi lebih tinggi bisa di atasi.

Cara Melakukan Penghijauan

Melakukan penghijauan dapat dilakukan dengan hal kecil, anda dapat memilainya dari diri sendiri dengan cara menanam tanaman kecil maupun pohon pelindung di lahan kosong yang anda miliki, bayangkan jika setiap satu orang menanam satu pohon, tentu saja lahan kosong yang ada di dunia ini akan tertutup bukan?

Dalam melakukan penghijauan tentu saja tidak ada batasan atau syarat apapun untuk melakukanya, hal kecil ini dapat merubah banyak hal, untuk anda yang mencintai anak cucu anda, melakukan proses penghijauan pasti akan dirasakan manfaatnya oleh mereka kelak.

Berberapa jenis tanaman yang cocok untuk di tanam dalam proses penghijauan yaitu:

1. Tanaman Pule

Pohon Pule dikenal memiliki daun yang rindang serta batang pohon yang besar, tanaman ini tentu saja memiliki akar yang kuat dan mampu mencegah cahaya matahari masuk secara langsung, dengan di tanamnya pohon pule ini dapat di pastikan keadaan di sekitarnya akan nampak sejuk.

nah jika anda berniat untuk menghijaukan lahan anda dengan pohon pule ini, anda bisa membelinya tukang pohon yang menjual pohon pule.

2. Pohon Trembesi

Pohon Trembesi ini sudah sangat dikenal sebagai pohon yang mampu tumbuh sangat tinggi, daun pohon trembesi juga bisa tumbuh melebar, pohon trembesi dikenal juga sebagai ki hujan karena bentuknya seperti payung yang dapat menangkal hujan.

3. Pohon Palem Kurma

Nah pohon yang satu ini memang sangat terkenal, di timur tengah dimana tempatnya sangat gersang dan udaranya di kenal panas, pohon kurma ajwa ini tumbuh dan menjadi salah satu solusi untuk menyejukan lingkungan disana, kelebihan pohon ini bisa menyesuaikan dengan kelembaban tempat dimana ia di tanam.

Nah itu saja ulasan dari kami, semoga teman teman bisa ikut dalam program penghijauan ini karena sudah menjadi tugas kita untuk menjaga dan melestarikan bumi tempat tinggal kita.

Student Terpelajar
Student Terpelajar Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "Manfaat Penghijauan Bagi Manusia"