Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Arduino Uno: Pengertian, Fungsi, Jenis dan Harga

Arduino Uno merupakan salah satu perangkat Arduno yang berukurang sedang dan banyak digunakan sekarang. Banyak sekali orang yang tidak mengerti tentang Arduino Uno, karena memang perangkat ini sedikit asing untuk masyarakat umum. 

Arduino Uno: Pengertian, Fungsi, Jenis dan Harga

Padahal sebenarnya Arduino Uno ini mempunyai fungsi yang sangat banyak dan bisa memudahkan berbagai aktivitas serta pekerjaan manusia. Nah oleh karena itulah pada kesempatan kali ini kami akan memberikan penjelasan penjelasan tentang apa itu Arduino Uno.

Pengertian Arduino Uno

Arduino Uno adalah sebuah board mikrokontroler yang dikontrol secara penuh oleh Atmega328. IC Arduino Uno ini mempunyai 14 input dan output digital yang setiap pinnya memiliki fungsinya masing-masing.

6 pin bisa digunakan untu output PWM, 6 pin sebagai analog, ada pin untuk koneksi USB, osilator Kristal 16 MHz, power jack, ICSP header, dan tombol reset. Adruino ini membuat semua yang diperlukan untuk menunjang sebuah mikrokontroler. 

Dengan Arduino Uno ini kita semakin mudah untuk menghubungkan mikrokontroler ke komputer dengan menggunakan USB. Dengan Arduino Uno kita bisa membuat program lebih mudah karena bisaa dihubungkan dengan kabel. 

Fungsi Arduino Uno

Fungsi Arduino Uno adalah untuk memudahkan para penggunaya dalam menghubungkan dan mengontrol komponen elektronik dengan program seperti relay, LED, motor DC, modul, sensor, servo, dan lain sebagainya.

Dengan Arduino Uno Anda bisa membuat sebuah produk atau alat yang canggih dan bisa memudahkan kegiatan manusia dalam kehidupan sehari-hari. Baik itu dengan membuat alat yang bisa bekerja otomatis, memonitoring sesuatu, ataupun melakukan pengontrolan. 

Jadi intinya dengan menggunakan Arduino Uno ini Anda bisa menciptakan sebuah karya yang bermanfaat dengan harga yang relatif lebih murah dan mudah dilakukan. Selain itu selama proses pembuatannya juga memberi kesenangan.

Jenis-Jenis Arduino Uno

Macam atau jenis Arduino bisa dibedakan berdasarkan waktu keluarannya dan jenis chip yang digunakan. Ada banyak jenis Arduino dan akan terus bertambah seiring dengan perkebangan teknologi. Namun berikut ini adalah beberapa jenis Arduino yang ada:

1. Arduino Menurut Waktu Rilis

Berdasrkan waktunya pengeluarannya, ada beberapa Arduino yang sudah dikeluarkan sampai sekarang yaitu:

  • Arduino Uno. Arduino yang pertama ini belum mengenal istilah “R” di belakangnya. Ini merupakan versi pertama dari seri Arduino. Namun meskipun begitu, seri inilah yang palingbanyak dikenal di pasaran sampai sekarang. 
  • Arduino Uno R2. Jenis Arduino Uno berikutnya ini adalah seri kedua yang sangat jarang ditemukan di pasaran, entah itu karena kekurangannya atau apapun. Arduino jenis ini masih menggunakan miktrokontroler Atmega168p.
  • Arduino Uno R3. Arduino jenis ini adalah versi yang terbaru atau yang terakhir dirilis. Ardiono Uno R3 ini menggunakan mikrokontroler Atmega328P, tidak sulit untuk menemukan toko yang menjual Arduino jenis ini.

2. Arduino Berdasarkan Chip

Berdasarkan chip nya, ada dua jenis Arduino yang berebda di pasaran yaitu:

  • Arduino Uno DIP. DIP (Dual Inline Package) ini merupakan jenis Arduino yang meiliki komponen besar dan kaki kakii untuk pemasangannya membutuhkan lubang di PCB Arduino.
  • Arduino Uno SMD. SMD (Surface Mount Device) ini merupakan jenis Arduino yang berukuran kecil dan butuh teknik khusus jika Anda ingin memasangkannya ke PCB. 

Harga Arduino Uno

Harga dari Arduino Uno tentunya berbeda di setiap toko, jadi harga dari perangkat ini tergantung toko yang menjualnya. Nah berikut ini kami sediakan tabel harga Arduino, jika harganya lebih mahal atau lebih murah dari yang ada di tabel, sebaiknya cari di tempat lain saja.

Arduino Uno: Pengertian, Fungsi, Jenis dan Harga

Demikianlah penjelasan tentang Arduino Uno yang dapat kami sampaikan. Semoga informasi tentang Arduino Uno di atas bermanfaat dan menambah pengetahuan Anda.  

Student Terpelajar
Student Terpelajar Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "Arduino Uno: Pengertian, Fungsi, Jenis dan Harga"