Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kawasan Amerika Utara

Secara astronomis, Benua Amerika terletak antara 10°/35° BB – 170°BB dan antara 83°LU – 55°LS. Dengan demikian, benua ini memiliki 8 daerah waktu. Secara geografis, Benua Amerika dikelilingi samudra-samudra dan laut-laut sebagai bagian dari samudra-samudra itu. 

Kawasan Amerika Utara

Di sebelah barat benua ini terdapat Samudra Pasifik atau Lautan Teduh dengan laut tepi-laut tepinya, seperti Selat Bering, Laut Bering, Teluk Alaska, Teluk California, Teluk Panama, dan Selat Magelhaes. Di sebelah timur benua ini dibatasi oleh Samudra Atlantik, serta beberapa laut tepinya. 

Di bagian utara berbatasan dengan Laut Arktik. Di ujung utara benua ini bertetangga dekat dengan Benua Asia yang dipisahkan hanya dengan selat sempit, yaitu Selat Bering. Bagian barat Benua Amerika, dari utara sampai ujung selatan, termasuk ke dalam deretan pegunungan muda Sirkum Pasifik. Di Amerika Utara pegunungan ini dinamakan Rocky Mountains dan di Amerika Selatan dinamakan Cordilleras. 

Sedangkan di pantai timurnya dihiasi beberapa kelompok pegunungan tua yang terbentuk pada zaman Paleozoikum. Di Amerika Selatan kita jumpai pegunungan tua, yaitu Dataran Tinggi Guyana. Di bagian tenggara benua ini terhampar Dataran Tinggi Brasilia. 

Berdasarkan bentuk daratannya, Benua Amerika terbagi ke dalam dua region, yaitu Amerika Utara dan Amerika Selatan. Mengenai batas antara kedua wilayah itu terdapat dua versi pendapat. 

  1. Pendapat yang menyatakan bahwa Tanah Genting (Ismuth) Tehuantepeclah yang menjadi pembatasnya. Daerah pembatas ini diapit oleh Teluk Campeche di Meksiko dan teluk Tehuantepec di Pantai Lautan Teduh. 
  2. Pendapat lain menyatakan bahwa batas antara region Amerika Utara dengan Amerika Selatan adalah Ismuth Panama, yang merupakan bagian tersempit di Amerika Tengah. Batas yang terakhir inilah yang dewasa ini lebih populer. 

Selain berdasarkan bentuk daratannya, terdapat pula pembagian-pembagian lainnya, yaitu sebagai berikut. 

  • Berdasarkan perbedaan kebudayaannya, Amerika terbagi ke dalam dua region, yaitu Anglo Amerika dan Amerika Latin yang batasnya terdapat antara Amerika Serikat dengan Meksiko.
  • Berdasarkan elevasi dan iklim terbagi ke dalam tiga region, yaitu: 
    • tierra caliente atau daerah panas, 
    • tierra templada atau daerah sejuk, dan 
    • tierra fria atau daerah dingin. 
  • Berdasarkan pemerintahannya, pembagian region ini sifatnya mutlak, dengan perbatasan ditetapkan atas dasar perjanjian kedua negara. 

1. Kawasan Amerika Serikat

a. Batas-batas Kawasan 

Amerika Serikat atau USA (United States of Amerika) adalah negara paling penting di benua ini. Wilayahnya, kecuali satu blok daratan dengan Kanada dan Meksiko, termasuk dua negara bagian lain. Yang pertama adalah Alaska. 

Letaknya di ujung benua ini, terpisahkan oleh ke 48 negara Amerika Serikat lainnya serta oleh wilayah Kanada. Negara bagian lainnya yang letaknya berjauhan adalah Hawai. Negara bagian Amerika Serikat ini berbentuk kepulauan yang berada di tengah Samudra Pasifik. Secara astronomis, kawasan Amerika Serikat terletak pada garis 24°33’ LU – 70°23’ LU dan antara 172°27’ BT – 66°51’ BB. 

Sedangkan secara geografis, daratan utama Amerika Serikat memiliki batas-batas sebagai berikut. 

  1. Bagian utara berbatasan dengan Kanada.
  2. Sebelah selatan berbatasan dengan Teluk Meksiko dan Meksiko. 
  3. Sebelah timur berbatasan dengan Samudra Atlantik. 
  4. Sebelah barat berbatasan dengan Samudra Pasifik. 

Adapun batas-batas negara bagian Alaska adalah: 

  1. sebelah utara berbatasan dengan Laut Arktik, 
  2. sebelah selatan berbatasan dengan Samudra Pasifik, 
  3. sebelah timur berbatasan dengan Kanada, dan 
  4. sebelah barat berbatasan dengan Laut Bering

b. Bentang alamnya 

Bentang alam kawasan Amerika Serikat, secara garis besar, dideskripsikan sebagai berikut: di pantai barat terdapat dataran rendah yang sempit, berhadapan dengan Samudra Pasifik. Dataran ini dibatasi pegunungan pantai yang merupakan tepi barat rangkaian Pegunungan Rocky. 

Di seberang Rocky Mountains terdapatlah Dataran Tengah (The Central Plain) yang merupakan dataran tinggi di sebelah barat. Yang termasuk ke dalam kawasan ini ialah negara bagian: Dakota Utara, Dakota Selatan, Nebraska, Kansas, Oklahoma, dan Texas. 

Sedangkan, Illinois, Indiana, Missouri, Kentucky, Arkansas, Mississippi, Alabama, dan Louisiana terletak di dataran rendah lembah Sungai Missouri-Mississipi. Di bagian utara great plain itu terdapat danau-danau besar. 

Perbedaan tinggi permukaan air antara danau-danau itu menghasilkan air terjun, seperti Niagara Fall selain menarik para wisatawan, tenaganya juga menghasilkan tenaga listrik. The Great Plain dibatasi Pegunungan Alleghany yang merupakan pegunungan tua di dekat pantai timur USA. 

Pegunungan ini memiliki banyak persediaan mineral dan potensi tenaga air. Sedangkan di bagian dataran rendah Pantai Atlantik merupakan bagian dari kawasan negara ini yang paling ramai disinggahi kapal-kapal internasional. 

c. Lokasi (iklim, flora, dan fauna) 

Kawasan Amerika Serikat mempunyai iklim yang bervariasi yaitu: 
  1. di pantai utara bagian barat beriklim sedang, 
  2. pantai barat bagian selatan beriklim mediteran, 
  3. pantai barat laut beriklim sedang basah, 
  4. pantai tenggara beriklim subtropik basah, 
  5. di wilayah teluk Meksiko dan pantai pedalaman beriklim kontinental, 
  6. Alaska beriklim kutub (dingin), dan 
  7. kepulauan Hawaii beriklim hujan tropik. 
Kawasan timur Amerika Serikat masih banyak dijumpai hutan lebat, yaitu hutan luruh. Di bagian utaranya tumbuh subur pohonpohon pinus. Di sebelah timur ditumbuhi rerumputan yang tinggi. Sedangkan di bagian barat dan selatan ditumbuhi padang rumput yang pendek, dan di kawasan pedalaman California dan dekat Arizona ditumbuhi oleh vegetasi gurun.

Negara-negara bagian di kawasan selatan negara ini memiliki varietas pepohonan yang hijau sepanjang tahun. Tumbuhan palma dan tropis hidup di bagian selatan Florida dan California. Pohonpohon konifer yang tinggi dan besar-besar (redwood) banyak tumbuh di daerah Podzol pegunungan California, dan di bagian tengah dan selatannya merupakan lahan yang subur bagi budidaya buah-buahan dan sayuran. 

Jenis fauna yang hidup di negeri Paman Sam antara lain: bison, antelop, beruang di kawasan Midwes, domba, bighom, rusa, di kawasan pegunungan; puma di pesisir pasifik, armadilo, selot, dan jaguar di kawasan barat daya; posium, oligator, buaya kardinal di kawasan selatan; dan karibu beruang kutub, anjing laut, paus di kawasan Alaska. 

d. Keadaan penduduk 

Jumlah penduduk Amerika Serikat terdiri orang-orang kulit putih, yang sebagian besar berasal dari Inggris dan Irlandia. Dari Afrika, orang-orang Negro juga merupakan pendatang yang cukup banyak. Selain itu, ada pula orang-orang Asia, seperti: Cina, India, Jepang, dan Vietnam. 

Orang Indian tidak lebih dari sejuta jiwa, sedangkan orang Eskimo di negara bagian Alaska berjumlah sedikit saja. Ras diskriminasi juga pernah terjadi di negara ini, yang terutama dirasakan oleh orang-orang negro di bagian selatan. 

e. Potensi ekonomi dan kegiatan perekonomian penduduk 

Pembahasan kegiatan perekonomian penduduk akan diulas secara region per region, agar kita memperoleh gambaran hubungan antara bentuk kegiatan-kegiatan itu dengan potensi alamnya. 

1) Daerah pantai pasifik 

Hutan Fir Douglas dan cedar yang menutupi bagian utara daerah ini menjadikannya sebagai daerah penghasil kayu yang penting di AS. Iklimnya yang sejuk cocok untuk peternakan sapi perah. Bahan galian yang dihasilkan daerah ini ialah tembaga. 

Daerah California merupakan daerah pertanian yang menghasilkan buah-buahan dan sayuran. Daerah ini juga mengandung minyak bumi, emas, perak, dan tembaga. Los Angles terkenal dengan industri filmnya, dan San Francisco merupakan kota pelabuhan yang terkenal.

2) Daerah sistem Pegunungan Rocky 

Di daerah ini terkandung bahan tambang seperti: tembaga, emas hitam, aluminium, emas, perak, dan seng. Birmingham di daerah ini merupakan pusat industri logam. 

3) Bagian barat Sentral Plain 

Satu-satunya kegiatan yang cocok di daerah ini adalah peternakan.

4) Daerah dataran rendah 

Yang dimaksud dengan daerah dataran rendah itu adalah daerah bagian sentral plain mulai dari daerah danau-danau besar ke arah selatan sampai dataran rendah teluk Meksiko, Semenanjung Florida, dan pantai pasifik bagian selatan. Bagian utara daerah ini merupakan pusat kegiatan pertambangan, industri, perdagangan, dan transportasi. 

5) Daerah paling timur: Appalachia dan dataran rendah pantai pasifik 

Di daerah ini terkandung batubara, terdapat industri besi, industri pesawat terbang, industri kertas, juga merupakan pusat perdagangan dan transportasi. 

6) Alaska 

Negara Amerika Serikat yang ke 49 ini memiliki kekayaan bumi berupa emas dan minyak bumi. 

7) Hawaii 

Merupakan daerah yang potensial bagi daerah pengembangan pertanian, karena daerahnya yang beriklim tropika.

2. Kawasan Kanada 

a. Batas-batas kawasan 

Kawasan Kanada paling selatan berada pada lintang 42°LU dan paling utara pada 72°LU. Batas-batasnya adalah sebagai berikut: 
  1. Sebelah utara berbatasan dengan Samudra Atlantik. 
  2. Sebelah barat berbatasan dengan Samudra Pasifik Utara dan Alaska.
  3. Sebelah selatan berbatasan dengan Amerika Serikat. 
  4. Sebelah timur berbatasan dengan Greenland dan Samudra Atlantik Utara. 

b. Bentang alamnya

Kanada merupakan negara terluas di Amerika Utara yaitu sekitar 9.250.000 km2 . Pantai utara negeri ini hampir tak pernah cair lautnya, kecuali teluk Hudson. Pantai barat Kanada merupakan hasil erosi glasial, sehingga berteluk sempit yang menjorok ke darat (fyord). 

Pantai timur Kanada merupakan teluk St. Lawrence yang diapit dataran tinggi Labrador di utara dengan ujung utara pegunungan Applachia di selatan teluk itu. Tepat di muka muara yang berbentuk corong (estuarium) itu terletak pulau New Founland. 

Secara morfologis, kita bagi wilayah Kanada itu terbagi atas tiga bagian, yaitu: kawasan pegunungan Rocky, kawasan dataran rendah sekitar teluk Hudson, dan sisanya adalah kepulauan di Laut Arktik. 

c. Lokasi (iklim, flora, fauna) 

Secara umum, kawasan Kanada terbagi ke dalam beberapa wilayah, yaitu: 
  1. iklim laut, di wilayah Ontario selatan dan lembah St. Laurence; 
  2. iklim pasifik merupakan iklim lunak di Kanada; 
  3. iklim pegunungan terdapat di pegunungan Rocky Mountains, lembah dan plato; 
  4. iklim kontinental terdapat di kawasan sub arktik; 
  5. iklim kontinental wilayah Atlantik dan padang rumput; dan 
  6. iklim arktik terjadi di kepulauan arktik dan ujung utara dataran utama Kanada. 

d. Keadaan penduduk 

Sebagian besar penduduk yang tinggal di sana adalah keturunan Inggris (50%) dan Prancis (30%). Selebihnya adalah keturunan Jerman, Skandinavia, Belanda, Polandia, Italia, Cina, dan Jepang. Juga, ada di antaranya adalah penduduk Eskimo dan Indian.

e. Potensi ekonomi dan kegiatan perekonomian penduduk 

Berdasarkan regionnya, potensi dan kegiatan perekonomian penduduk Kanada terbagi ke dalam dua daerah. 

1) Daerah Pegunungan Rocky 

Daerah ini kaya akan bahan galian, seperti: batubara, (di dekat Fernie), tembaga (di Britania Beach dan Kootenay), timah hitam dan seng (di Kootenay), dan emas (di bagian utara British Kolombia). Kota industrinya terletak di Trail. 

2) Daerah perisai Kanada (Fennno Scandian Shield)

Daerah ini kurang baik untuk pertanian, karena tanahnya tipis, habis terkikis es. Akan tetapi batuannya kaya akan mineral berharga, seperti: Nikel, tembaga, kobalt, dan perak (di Sudbudry, Ontario), emas (di daerah Timmin, Porcupine, dan di sekitar danau Kirkland), asbes (di Theaford), uranium (di daerah sungai Bind), bijih besi (di daerah Labrador). 

Sungai-sungai yang merupakan anak sungai St. Lawrence memiliki potensi pembangkit tenaga listrik berkekuatan tinggi. Sungai-sungai tersebut adalah S. Ottawa, S. Gatineau, S. St. Maurice, S. Saguenay. Dengan tenaga listrik itulah, Kanada mengembangkan industrinya di daerah aliran S. St. Lawrence, yaitu: industri alumunium, kertas, pulp, dan penggergajian kayu.

Student Terpelajar
Student Terpelajar Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "Kawasan Amerika Utara"